Wajib Coba 14 Ide Bisnis di Musim Hujan yang Menjanjikan

EKONOMI
20160308-Ilustrasi Hujan-iStockphoto
Ilustrasi Hujan (iStockphoto)

 Musim hujan telah tiba. Sebagian besar orang mungkin tidak menyukai musim hujan karena kemacetan dan banjir bakal sering terjadi yang mana dapat menghambat aktivitas sehari-hari.

Namun, bagi sebagian orang, musim penghujan bisa mendatangkan rezeki lebih. Ya, musim hujan dapat Anda maksimalkan dengan membuka berbagai peluang usaha untuk menambah pemasukan.

Lalu, apa Anda sudah mempunyai ide berbisnis yang sesuai? Jika belum, mungkin beberapa ide bisnis di musim hujan ini dapat Anda coba.

14 ide bisnis di musim hujan yang menguntungkan. Berikut uraiannya:

1. Jasa Laundry

Saat musim hujan, banyak orang malas mencuci baju. Alasannya tentu karena tidak ada matahari sehingga membuat baju susah kering dan malah bau. Untuk itu, menggunakan jasa laundry menjadi solusinya. Hal ini membuat jasa laundry menjadi peluang usaha yang sangat menjanjikan di musim hujan.


2. Jasa Cuci Kendaraan

Cewek Seksi Pencuci Mobil di Automodfest 2014

Musim hujan membuat jalanan becek, kotor, bahkan hingga banjir. Hal ini tentu membuat banyak orang malas mencuci motor atau mobil.

Di saat orang-orang malas mencuci motor atau mobil kotornya, Anda dapat mengambil kesempatan itu. Bagi Anda yang ingin meraup untung dengan modal kecil, Anda dapat menjalankan bisnis cuci kendaraan berbasis rumahan.

3. Jual Jas Hujan dan Payung

Barang apa yang paling penting dan dibutuhkan saat musim hujan? Salah satu yang utama tentu adalah jas hujan. Biasanya jas hujan sangat dibutuhkan bagi para pengendara bermotor. Anda bisa coba untuk membeli jas hujan secara grosir dari produsen dan mulai menjualnya.

Selain jas hujan, barang yang tak kalah penting dibutuhkan di musim hujan adalah payung. Permintaan akan produk payung sangat meningkat di musim hujan. Anda bisa memanfaatkan hal ini dengan mulai menjual payung untuk mendapat keuntungan.


4. Jual Sepatu Tahan Air dan Sandal Jepit

Sendal Jepit
Sendal Jepit

Selain jas hujan dan payung, barang lainnya yang juga banyak dicari orang adalah sandal jepit karet. Biasanya para pengendara motor atau pejalan kaki lebih senang menggunakan sandal jepit karet ketika musim hujan tiba.

Sementara bagi pengendara motor yang tak mau ribet gonta-ganti alas kaki, biasanya memilih sepatu tahan air yang nyaman. Anda dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk menjual sandal jepit atau menjual sekaligus keduanya (sepatu tahan air dan sandal jepit).

5. Jual Pakaian Hangat

Baju hangat sangat diperlukan untuk melindungi kulit dari dinginnya udara yang menyerang saat musim hujan. Anda dapat mengambil peluang dengan menjual baju hangat seperti jaket, sweater, sarung tangan, hingga kaos kaki.


6. Usaha Kedai Kopi

Ilustrasi kopi. (dok. Unsplash.com/https://unsplash.com/photos/KgziKKUyJVA/Adhita Diansyavira)
Ilustrasi kopi. (dok. Unsplash.com/https://unsplash.com/photos/KgziKKUyJVA/Adhita Diansyavira)

Citra rasa kopi yang khas membuatnya menjadi salah satu minuman yang digemari masyarakat. Oleh karena itu, tak heran jika secangkir kopi panas menjadi salah satu produk yang paling banyak diminati di musim hujan.

Bagi Anda yang tertarik dengan bisnis ini, Anda bisa membuka kedai kopi sambil menyuguhkan beberapa makanan ringan seperti gorengan serta teh.

7. Jual Minuman Tradisional Hangat

Selain kopi dan teh, beberapa jenis minuman tradisional yang dapat menghangatkan tubuh, seperti wedang jahe, wedang bajigur, wedang ronde, dan sekuteng juga banyak diminati masyarakat saat musim hujan datang.


8. Jual Bakso dan Makanan Berkuah Lainnya

Bakso
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/Odua Images

Selain membuat suasana menjadi lebih sejuk, hujan juga membuat tubuh terus merasakan lapar. Dalam cuaca dingin dan berangin, rasanya sangat pas jika menyantap makanan yang berkuah dan panas. Apalagi kalau bukan bakso, mie ayam, mie kuah, soto, hingga berbagai macam sup.

Anda dapat memulai usaha ini dengan modal yang tak terlalu besar. Dengan dana kurang lebih Rp 6 jutaan atau bahkan Rp 4 jutaan, Anda sudah bisa memulai bisnis makanan ini.

9. Jasa Pengendalian Hama

Musim hujan adalah musim yang sempurna untuk serangan hama. Anda bisa mulai layanan pengendalian hama yang menyediakan bisnis dari rumah.

Untuk menjalankan bisnis ini, Anda harus memiliki keterampilan dan pengetahuan yang tepat tentang berbagai jenis hama dan prosedur pengendaliannya.


10. Budidaya Jamur
jamur tiram
ilustrasi jamur tiram/copyright By Ivan Trizlic from Shutterstock

Ingin memiliki usaha budidaya pertanian, namun hanya memiliki sedikit ilmu dan teknologi pendukung? Mungkin Anda bisa mencoba menumbuhkan jamur untuk mendapatkan keuntungan selama musim hujan.

Usaha budidaya jamur bisa menjadi keuntungan besar hanya dalam beberapa minggu dengan investasi modal awal yang sangat rendah untuk memulai usaha.

11. Pertanian Jagung

Jagung merupakan salah satu tanaman paling serbaguna yang memiliki kemampuan beradaptasi lebih luas dalam kondisi agro-iklim yang bervariasi. Secara global, jagung sendiri dikenal sebagai ratu sereal.

Dengan menjalankan bisnis pertanian jagung komersial menggunakan teknologi modern dan benih berkualitas, dapat menjadi salah satu ide bisnis musim hujan yang paling menguntungkan.


12. Pembenihan Ikan

Potret Petani Kerambah Jaring Apung Waduk Jatiluhur
Petani ikan tawar kerambah jaring apung beraktivitas di Desa Panyinangan Kecamatan Sukatani, Waduk Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat, (9/2). Petani merasa tidak berani untuk menabur benih ikan air tawar karena curah hujan tinggi.

Pembenihan ikan adalah tempat untuk pemuliaan buatan, penetasan, dan pemeliharaan tahap awal ikan dan kerang pada khususnya. Pembenihan yang menghasilkan larva ikan dan ikan muda dapat mendukung industri akuakultur. Musim hujan sendiri merupakan waktu yang cocok untuk ikan air tawar mulai menetas.

13. Budidaya Bekicot

Bekicot memiliki kadar protein, zat besi, rendah lemak dan hampir semua asam amino yang dibutuhkan untuk tubuh manusia. Bekicot dianggap sebagai sumber nutrisi yang sehat dan enak. Anda bisa coba untuk memulai budidaya bekicot sebagai salah satu ide bisnis musim hujan.


14. Jual Tanaman Pengusir Nyamun

bunga lavender
Photo by Nicole Pearce on Unsplash

Genangan air dan udara yang lembap di musim hujan, menyebabkan nyamuk mulai bertebaran dimana-mana. Jika hal ini tidak diatasi, tentu dapat menyebabkan berbagai penyakit serius.

Anda dapat memanfaatkan peluang ini dengan berjualan tanaman pengusir nyamuk, seperti lavender, geranium, rosemary, dan sebagainya. Anda dapat menjual bibit tanamannya mulai dari harga Rp 15 ribu hingga Rp 50 ribu.

Jadi, ide bisnis manakah yang ingin Anda coba?

Leave a Reply