Wabah Kolera Babi Menjangkit Indonesia Masyarakat Diimbau Waspada

KESEHATAN
https: img-z.okeinfo.net content 2019 12 15 481 2142191 wabah-kolera-babi-menjangkit-indonesia-masyarakat-diimbau-waspada-NhbHi0TCR8.jpg

INDONESIA tengah dihebohkan dengan wabah mematikan yang menyerang ribuan babi milik warga. Lebih dari 27 ribu babi dikabarkan mati akibat epidemi babi kolera. Sementara ribuan babi lainnya juga berisiko terkena penyakit mematikan ini.

Menurut seorang pejabat kesejahteraan hewan, ribuan babi telah mati yang berasal lebih dari 12 kabupaten di seluruh Sumatera Utara. Kejadian ini sudah berlangsung selama tiga bulan terakhir dan angka kematian babi pun terus meningkat.

“Setiap hari sekira seribu hingga 2.000 babi mati. Angka ini cukup tinggi,” terang Kepala Kantor Dokter Hewan di Medan, Agustia, dilansir Okezone dari Dailymail, Minggu (15/12/2019).

Namun perlu diingat, bahwa jumlah kematian babi saat ini adalah sebagian kecil dari total 1,2 juta babi yang ada di Sumatera Utara. Sebagaimana diketahui, wilayah ini didominasi oleh masyarakat non muslim sehingga permintaan daging babi merupakan kebutuhan penting bagi masyarakat lokal .

Berdasarkan tes laboratorium, ditemukan bahwa para babi tersebut mati karena terjangkit kolera. Namun para pejabat setempat sedang menguji apakah ada babi yang mati terinfeksi Demam Babi Afrika.

wabah babi

Meski membunuh ribuan ekor babi, namun penyakit ini diyakini tidak berisiko bagi manusia. Kasus kematian babi secara massal ini bukanlah pertama kali terjadi. Wabah kolera babi juga pernah menyerang Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 2017 silam.

Insiden tersebut telah menewaskan lebih dari 10 ribu ekor babi. Kemudian menyebabkan kerugian finansial, yang sangat berdampak bagi para petani lokal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *