Viral Kemunculan Oarfish di Selayar Dikaitkan dengan Pertanda Gempa & Tsunami Apakah Benar

HOT NEWS
https: img.okeinfo.net content 2019 12 10 337 2140014 viral-kemunculan-oarfish-di-selayar-dikaitkan-dengan-pertanda-gempa-tsunami-6BUqk6FC2E.JPG

Penampakan Ikan Oarfish yang ditemukan nelayan Kepulauan Selayar, Sulsel (Foto: Instagram/@makassar_iinfo)

JAKARTA – Warga Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan mendadak dihebohkan dengan kemunculan ikan berbentuk pipih sepanjang kurang lebih tiga meter yang ditangkap nelayan lokal. Berdasarkan foto yang beredar di media sosial, ikan bernama Oarfish itu tampak berbintik hitam dan merah pada siripnya.

Dalam sebuah video berdurasi singkat yang diunggah akun Instagram @makassar_iinfo, Senin 9 Desember 2019, terlihat beberapa nelayan berada di kapal memegangi ikan hasil pancingan seorang pria bernama Andi Saputra. Temuan ikan ini lantas membuat netizen resah. Sebab, kemunculan ikan tersebut kerap kali dikaitkan dengan bakal terjadinya gempa dan tsunami.

Salah satu netizen @Ricky Aditya menyebutkan, Oarfish oleh masyarakat Jepang sering dikaitkan sebagai “pembawa pesan” alias pertanda akan terjadinya gempa dan tsunami, karena ikan ini hidup di laut dalam dan kerap keluar jika merasakan adanya gangguan dari dalam atau dasar laut.

Meski begitu, informasi tersebut tak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. Kemunculan ikan menyeramkan ini juga turut ditanggapi para warganet.

Ikan Oarfish

“Ikannya serem, banyak-banyak istighfar saja,” tulis pemilik akun Instagram @_mayasarii_

“Kerap sekali terjadi sesuatu kalo sudah mendekati 25 Desember atau akhir tahun, pasti saja ada.. mudah-mudahan sesuatu yang baik dan terhindar dr yg tdk baik.. semoga Allah slalu melindungi semuanya,” tulis @risaoktaviani89

“Semogga Pulau Sulawesi selalu aman dan semogga dijauhkan dari segala marabahaya,” timpal pemilik akun @rahmananas21

Leave a Reply