Tips Menabung dari Perencana Keuangan

EKONOMI HOT NEWS
[Fimela] Menabung

Menurut data NatWest, dari 750 ribu individu, setengahnya mengaku tidak pernah menyimpan uang setiap bulannya. Martin Lewis, perencana keuangan yang memiliki spesialis penghematan uang merasa setuju bahwa setiap orang harus menyimpan uangnya.

“Ada orang-orang di negara ini yang memiliki pendapatan lebih rendah dari pengeluaran minimum mereka, dan itu adalah krisis nyata,” jelas pemilik situs MoneySavingExpert.com tersebut seperti mengutip dari The Guardian, Minggu (27/10/2019):

Jika Anda adalah bagian dari orang yang masih bingung cara menyimpan uang, berikut 4 tips yang diberikan Martin Lewis:

1. Lihat utang terlebih dahulu

Jika Anda memiliki banyak utang, lebih baik lunasi terlebih dahulu baru mulai untuk menabung.


2. Analisis apa yang Anda belanjakan

Ilustrasi belanja online
Ilustrasi belanja online. Sumber foto: unsplash.com/Mein Deal.

Catat apa saja yang menjadi pengeluaran Anda selain itu pastikan pengeluaran Anda juga sesuai dengan tagihan agar Anda tidak membayar lebih mahal dari tagihan-tagihan yang ada.

Siapkan akun yang berbeda untuk penghasilan tambahan, agar Anda tidak langsung menghabiskan uang tersbut melainkan disimpan. Pelajari cara menyimpan uang cadangan dan mulai disiplin tentang keuangan.

3. Masuk ke pola pikir yang benar

Jika Anda memiliki pendapatan yang lumayan tinggi, menabung adalah hal yang tidak perlu dipikirkan lagi. Jadikan menabung adalah sebuah kebiasaan karena menabung juga kebiasaan yang bermanfaat.

Jika penghasilan yang dimiliki cukup rendah, ini termasuk hal yang sulit. Tetapi apapun yang bisa ditabung, yang memiliki nilai uang, tidak ada salahnya untuk ditabung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *