Tips agar Karier Tak Mentok Meski Masih Jadi Karyawan Kontrak

HOT NEWS
20160426-Ilustrasi-Wanita-Karir-iStockphoto
Ilustrasi Wanita Karir (iStockphoto)

 Anda pasti akan merasa sangat gembira jika diterima kerja meskipun itu hanya sebagai karyawan kontrak. Apalagi jika Anda sudah lama mencari pekerjaan dan kesulitan untuk menemukannya, maka jenis pekerjaan apapun akan tetap membahagiakan. 

Meski awalnya terasa biasa saja, namun ketika sudah bekerja Anda akan mendapatkan perbedaan yang jelas antara karyawan tetap dan karyawan kontrak. Salah satunya dari segi fasilitas, di mana fasilitas dari karyawan kontrak tentu saja lebih sedikit dibandingkan karyawan tetap.

Selain itu, karyawan kontrak juga akan selalu was-was karena kontrak yang sedang berjalan bisa diputus perusahaan kapan saja. Meski kecewa, namun hal tersebut jangan dijadikan alasan untuk Anda malas bekerja.

Meskipun Anda merupakan karyawan kontrak, namun bukan berarti karier akan mentok dan tidak bisa berkembang. Biar karier enggak mentok meski masih jadi karyawa kontrak, lakukan tips berikut, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Selesaikan Pekerjaan yang Diberikan Tepat Waktu

Meskipun hanya berstatus karyawan kontrak bukan berarti Anda tidak memiliki tanggung jawab dan bisa bekerja dengan santai. Jika ingin mengubah karier agar tidak mentok, tentu saja Anda perlu bekerja sepenuh hati dan menyelesaikan pekerjaan tepat waktu sesuai deadline dari atasan.

Bahkan akan lebih baik jika Anda menyelesaikan pekerjaan lebih cepat karena atasan pasti akan lebih menyukainya. Selain itu, bersikaplah terbuka terhadap atasan atau rekan kerja dengan menerima segala saran yang mereka berikan.

Masukan tersebut bisa menjadi sarana buat Anda bisa lebih akrab dan dekat dengan rekan kerja lainnya sehingga terlihat bahwa Anda bisa bekerjasama secara tim dengan baik.

Hal ini terbilang cukup ampuh karena pemimpin dan karyawan lain akan lebih suka dengan cara kerja yang Anda miliki. Dengan begitu, Anda bisa mulai diperhatikan dan diperhitungkan untuk diajak kerjasama.


2. Berlaku Rajin dan Berprestasi

20160426-Ilustrasi-Wanita-Karir-iStockphoto
Ilustrasi Wanita Karir (iStockphoto)

Pemimpin perusahaan pasti akan menyukai karyawan yang rajin dan berprestasi, meskipun karyawan tersebut hanya berstatus kontrak. Sama halnya dengan karyawan tetap, Anda juga diharuskan untuk bekerja secara giat, datang tepat waktu, dan aktif memberikan masukan untuk kemajuan perusahaan.

Karier Anda bisa naik apabila ide yang Anda berikan bagus dan meningkatkan potensi kesuksesan perusahaan. Perusahaan tentu saja tidak mau kehilangan karyawan teladan yang mampu memberikan ide-ide cemerlang untuk perusahaan sehingga kemungkinan Anda akan terus dipertahankan semakin besar.

Bahkan Anda bisa dijadikan pegawai tetap dengan jabatan lebih bagus jika prestasi terus dipertahankan. Namun Anda harus bersabar untuk mendapatkan posisi tersebut karena semua hal butuh waktu.

Selalu buktikan bahwa meskipun Anda hanya karyawan kontrak, namun Anda tetap bisa berprestasi bahkan melebihi prestasi karyawan tetap. Karena setiap karyawan tetap maupun kontrak punya kesempatan yang sama untuk menunjukkan potensi diri.

3. Punya Kemampuan Khusus yang Tidak Dimiliki Karyawan Lain

Sama seperti bidang lainnya, dalam dunia kerja juga ada persaingan yang ketat. Apabila Anda tidak memiliki kemampuan atau skill khusus yang baik maka Anda bisa saja tidak mampu bertahan.

Posisi Anda dalam sebuah perusahaan akan aman jika Anda memiliki skill yang tidak dimiliki karyawan lainnya. Pasalnya, dengan kemampuan yang tidak dimiliki karyawan lain maka Anda bisa dibilang cukup dibutuhkan di perusahaan tersebut.

Misalnya saja, Anda merupakan karyawan yang mahir bahasa Perancis, sedangkan perusahaan melakukan kerjasama penting dengan perusahaan yang berasal dari negara ini. Maka Anda yang bisa berbahasa Perancis akan sangat dibutuhkan, dan pemimpin perusahaan pasti akan mulai tertarik pada Anda.

Jika Anda belum memiliki skill khusus saat ini, jangan berkecil hati terlebih dahulu karena hal tersebut bisa dipelajari. Anda bisa mulai mempelajari skill khusus yang Anda inginkan sembari bekerja. Tidak hanya skill bahasa saja, masih banyak skill lainnya yang bisa dipelajari sembari bekerja misalnya skill digital marketing yang saat ini sangat penting di era digital ini.


4. Tidak Mudah Puas dan Mau Terus Belajar

Wanita Karir
ilustrasi Foto Wanita Karir (iStockphoto)

Sebenarnya status sebagai karyawan kontrak tidak selalu buruk, Anda bisa memiliki sedikit keuntungan dengan status tersebut. Apalagi jika Anda merupakan lulusan baru yang belum berpengalaman dan masih harus banyak belajar.

Status sebagai fresh graduate atau lulusan baru biasanya membuat Anda tidak terikat selamanya hanya pada satu perusahaan saja. Dengan begitu, Anda bisa terus belajar hal baru sehingga bisa terus berkembang untuk mendapatkan karier yang lebih baik.

Jangan hanya berorientasi pada gaji saja, namun gunakan tempat kerja Anda sebagai sekolah dan cari pengalaman sebanyak-banyaknya di tempat tersebut. Pengalaman itu nantinya akan sangat berguna ketika Ada melamar kerja di tempat lainnya.

Dengan pengalaman tersebut, Anda bisa meningkatkan karier dan mendapatkan posisi yang lebih baik dari karyawan kontrak yang saat ini Anda sandang. Buktikan bahwa Anda tidak pernah puas dengan yang dicapai saat ini dan mau terus belajar untuk meningkatkan nilai diri.

Anda Bisa Mengubah Karier Jika Bekerja dengan Baik

Jangan pernah berpikir bahwa karier Anda akan mentok hanya karena menjadi karyawan kontrak. Setiap hal bisa berubah jika Anda mau berusaha keras, termasuk dengan karier Anda.

Jadi ubah karier Anda menjadi lebih baik dengan bekerja keras, tidak enggan dalam berkreativitas, dan berlaku rajin serta disiplin. Sebenarnya, hanya Anda sendiri yang mampu mengubah karier Anda tersebut.

Leave a Reply