Tanda Perusahaan Tak Pedulikan Anda

EKONOMI

Banyak pegawai merasa tidak dihargai oleh perusahaan. Inilah salah satu alasan mereka memutuskan untuk resign alias mengundurkan diri dari pekerjaannya. “Pegawai bekerja tak hanya untuk gaji. Mereka ingin merasa bahwa kontribusi mereka menciptakan perbedaan,” kata Lynn Taylor, pakar karier dan penulis buku “Tame Your Terrible Office Tyrant: How to Manager Childish Boss Behavior and Thrive in Your Job. Taylor menuturkan, jika perusahaan peduli dengan perkembangan karier dan kebahagiaan pegawai, maka pegawai akan merasa dihargai dan bermanfaat bagi perusahaan. Namun, jika perusahaan tak menghargai Anda sebagai pegawai, maka wajar jika Anda kehilangan motivasi bekerja.

Berikut ini adalah 6 tanda perusahaan tidak peduli pada Anda.

1. Ide atau pendapat Anda tak dihargai

“Apabila atasan atau perusahaan tidak peduli dengan ide atau pendapat Anda, barangkali mereka tak peduli pada Anda,” ujar Michael Kerr, penulis buku “The Humor Advantage” dan pembicara bisnis internasional.

2. Perusahaan menolak naikkan gaji

Anda Anda telah meminta kenaikan gaji dan Anda tahu gaji Anda di bawah standar rata-rata. Namun, perusahaan menolak memberikan gaji sesuai dengan standar industri. “Perusahaan yang tidak peduli dengan apa yang Anda tawarkan tidak akan menggaji Anda dengan adil. Bahkan jika Anda meminta evaluasi kinerja, mungkin Anda memperoleh jawaban bahwa itu tak perlu,” sebut Taylor. Ia mengungkapkan, apabila perusahaan sudah menunjukkan gelagat seperti ini, tak ada salahnya Anda mulai mencari pekerjaan lain.

3. Permintaan keseimbangan kerja-kehidupan pribadi ditolak

Ketika Anda melamar pekerjaan dan diterima, Anda tak tahu ternyata jam kerja Anda amat panjang. Anda meminta keseimbangan kerja dan kehidupan pribadi, namun perusahaan menolaknya. “Jika mereka (perusahaan) menolak tanpa membicarakannya terlebih dahulu, ini adalah tanda bahwa mereka tak peduli dengan kesejahteraan Anda,” ungkap Kerr.

4. Atasan menggertak Anda

“Ketika mereka menggunakan taktik gertakan atau memberi Anda ultimatum, Anda dalam masalah. Gaya perilaku mengancam atau intimidasi yang meremehkan Anda artinya mereka tak peduli pada Anda sebagai manusia,” jelas Kerr.

5. Tak ada yang menerima bantuan Anda

Menurut Taylor, ketika Anda pertama kali merasakan tanda ini, reaksi langsung Anda adalah ingin berkontribusi lebih banyak atau memperbaiki kinerja. Namun, jika perusahaan atau atasan menolak bantuan Anda tanpa memberi penjelasan, Anda perlu curiga. “Hal terbaik yang bisa dilakukan adalah berkomunikasi langsung,” tutur Taylor.

6. Anda tak dipertahankan Ketika Anda mengatakan kepada atasan bahwa Anda telah ditawari pekerjaan di tempat lain atau Anda mencari kesempatan kerja yang baru, lalu atasan atau perusahaan tidak mencegah kepergian Anda, ini adalah tanda yang nyata bahwa perusahaan tak peduli pada Anda.

Leave a Reply