Survei INES Menangkan Prabowo, Eva: Kita Berpegang ‎Pada Lembaga Kredibel

Survei INES Menangkan Prabowo, Eva: Kita Berpegang ‎Pada Lembaga Kredibel

https://client.dewaweb.com/aff.php?aff=25151

Sekretaris Badan Pelatihan dan pendidikan DPP PDIP Eva Kusuma Sundari ‎tidak ambil pusing dengan hasil survei Indonesia Network Survei ( INES) yang menempatkan Joko Widodo di bawah Prabowo Subianto, dan PDIP di bawah Gerindra dalam potensi elektabilitas di Pemilu mendatang.

Menurutnya, PDIP hanya berpegang pada lembaga kredibel saja.

“Ini masalah internal INES tuh, kita berpegang pada lembaga-lembaga yang kredibel saja dan reputasinya akuntabel. So far mereka relative sama temuannya, jadi saya no comment soal INES‎,” ujar Eva, Senin, (7/5/2018).

Menurut Eva ada ‎pengakuan dari bekas direktur INES merupakan alat propaganda dari Gerindra. Sehingga pembahasannya tidak bisa dibedah secara akademik karena tujuannya politis.

“Apalagi INES bukan lembaga yang tergabung di asosiasi lembaga survei seperti PERSEPI. Padahal menurut peraturan KPU, lembaga survei boleh merilis survei jika terikat ke perhimpunan lembaga survei sehingga bisa dikontrol oleh Dewan Etik PERSEPI. Lagipula masak menurut survei mereka ngga ada undecided voters. Semua responden sudah punya pilihan ke capres. Engga umum,” katanya.

Baca: Pengacara First Travel Berencana Lakukan Class Action Ke Pemerintah

‎Sebelumnya Lembaga survei‎ Indonesia Network Survei (INES) merilis hasil risetnya mengenai elektabilitas calon presiden dan partai politik dalam Pemilu mendatang.

Berdasarkan survei yang digelar 12-28 April 2018 tersebut, keterpilihan partai Gerindra dan Prabowo lebih tinggi dari pada PDIP dan Joko Widodo ( Jokowi ).

Peneliti INES, Basynursyah memaparkan partai Gerindra di posisi teratas tingkat keterpilihannya dengan raihan 26,2%. Sedangkan PDIP di posisi kedua dengan 14,3%.

“Di posisi ketiga ada Golkar dengan 8,2 persen, PKS 7,1, Perindo 5,8, PKB 5,7 . Disusul PAN 5,3, Demokrat 4,6, PPP 3,1, NasDem 3,1, Hanura 2,3, PBB 2,1, PKPI 0,9, Berkarya 0,7, Garuda 0,4, dan PSI 0,1. Sedangkan tak menjawab 10,1%,” ujar Basynursyah di kwasan Cikini, Jakarta, Minggu, (6/5/2018).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares