Serangan Jantung dan Kesepian, Ini Hubungannya Menurut Penelitian

HOT NEWS KESEHATAN
zodiak perempuan
perempuan sedih/photo by joshua rawson harris on unsplash

Serangan jantung merupakan salah satu penyakit yang bisa dialami siapa saja dan termasuk yang paling mematikan dunia. Terkadang tak banyak orang tahu bahwa ada banyak penyebab serangan jantung, bukan hanya karena kolesterol, tekanan darah tinggi, atau berbagai gangguan fisik lainnya. Kesehatan mental ternyata memiliki peran penting menentukan kesehatan jantung, merasa stres karena kesepian misalnya.

Merasa kesepian mungkin tak ditunjukkan dengan rasa sakit fisik, namun pengaruhnya sangat mematikan bagi diri seseorang. Merasa kesepian merupakan masalah mental atau emosional, yang ternyata mampu meningkatkan risiko serangan jantung.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Heart menemukan bahwa orang-orang kesepian punya risiko lebih besar mengalami serangan jantung dan stroke, dibandingkan mereka yang punya hubungan sosial yang kuat.

Kesepian menyebabkan serangan jantung

kesehatan
ilustrasi serangan jantung/Photo by Giulia Bertelli on Unsplash

Penelitian yang dikepalai Nicole Valtorta dari University of York di UK ini menganalisis data dari 23 penelitian lain yang melibatkan 181.000 orang-orang sehat. Dari analisis tersebut ditemukan bahwa kesepian, yaitu sebuah perasaan di mana orang tak bahagia dengan hubungan sosialnya, ternyata memiliki risiko mengalami jantung koroner 29% lebih tinggi dan stroke 32% lebih tinggi dibandingkan orang yang memiliki hubungan sosial yang sehat.

Fakta ini menjadikan ‘rasa kesepian‘ sebagai salah satu faktor non-fisik yang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung selain rasa cemas dan stres. Kesepian memiliki efek mengejutkan pada tubuh melaui 3 cara berbeda menurut Nicole Valtorta.

  • 1. Mengubah perilaku: Orang kesepian cenderung tidak atif secara fisik, tidak makan dengan sehat dan cenderung mengalami obesitas.
  • 2. Rentan terserang penyakit: Orang yang kurang hormon kebahagiaan (endorfin, serotonin, dan dopamin) dalam tubuhnya akan lebih mudah sakit karena imun tubuhnya tidak kuat.
  • 3. Memperburuk kesehatan mental: Secara otomatis tubuh akan merasa stres, cemas, dan hal ini meningkatkan risiko mengalami depresi.

Jadi, jika tidak ingin mengalami serangan jantung, pastikan dirimu tidak sedang kesepian ya Sahabat Fimela. Meski di rumah saja, namun tetap jalin komunikasi dengan teman, keluarga dan pasangan.

Leave a Reply