Saat Jokowi Menunjuk Romahurmuziy…

POLITIK

Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum PPP di Pondok Pesantren Salafiyah Syafiiyah Sukorejo, Situbondo, Jawa Timur,  Sabtu (3/2/2018)

Topik seputar Pemilihan Presiden 2019 tidak pernah luput ditanyakan para pewarta saat mendapatkan kesempatan wawancarai Presiden Joko Widodo. Dalam jawaban, Presiden pun tak melulu serius. Terkadang, ia menjawabnya dengan berguyon. Demikian pula saat Presiden Jokowi sedang menghadiri acara Pembukaan Pendidikan Kader Ulama (PKU) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bogor Angkatan XII Tahun 2018 di Gedung Tegar Beriman, Cibinong, Rabu (8/8/2018).

Para pewarta buka dengan pertanyaan soal pertemuannya dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan pada Selasa (7/8/2018) ketika membuat PAN dukungannya di Pilpres 2019? Awalnya, Jokowi menjawab “iya, lihat nanti saja.” Namun, kemudian Presiden memulai bertingkah usil. Baca juga: Romi Mengaku Tak Akan Galau Jika Tidak Dipilih Sebagai Cawapres oleh Jokowi Sambil menunjukkan jarinya ke arah Ketua Umum PPP Romahurmuziy yang berdiri di sebelahnya, Jokowi mengatakan “biar anu, untuk urusan itu, biar Pak Romi saja yang menyampaikan.” Sontak, Romi terkejut kemudian berbicara dengan penunjukkan Presiden itu. Para pewarta kembali bertanya soal dukungan PAN merapat ke pendukung pendukung Jokowi.

Tampaknya Jokowi sudah menemukan ‘jurus baru’ untuk menghindari pertanyaan wartawan. Ia pun kembali mengulangi jawaban sebelumnya. “Nanti semuanya ditanyakan ke Pak Romi. Pak Romi ini ngerti banget semuanya. Terima ke Pak Romi ya,” ujar Jokowi. Bahkan, melipatgandakan jawaban sebelum masuk ke mobilnya, Presiden masih menggunakan ‘jurus’ yang sama.

Jokowi Masih Nunggu Calon Sebelah Romi yang pasrah ditunjuk demikian oleh Jokowi hanya bisa tertawa, kemudian mengatakan, “iya, nanti (wawancara) sama saya saja.” Sementara itu, Presiden Jokowi berjalan berangkat kerumunan pewarta ke arah mobil dinasnya sambil tersenyum. Pertemuan antar petinggi parpol dilakukan secara maraton menjelang waktu pendaftaran capres-cawapres untuk Pilpres 2019. (Kompas TV) PenulisFabian Januarius Kuwado Editor Presiden Jokowi berjalan pulang kerumunan pewarta ke arah mobil dinasnya sambil tersenyum. Pertemuan antar petinggi parpol dilakukan secara maraton menjelang waktu pendaftaran capres-cawapres.

Leave a Reply