Risiko Kesehatan Hamil di Usia 37 Seperti Meghan Markle

LIFESTYLE

Pasangan ini kini sedang menanti kehadiran buah hatinya yang diperkirakan lahir pada musim semi 2019 nanti Pangeran Harry dan Meghan Markle sepertinya memang tak ingin menunda memiliki anak. The Duchess of  Sussex yang merayakan ulang tahunnya yang ke-37 pada bulan Agustus lalu kini sedang mengandung dengan usia kehamilan 12 minggu. Walau kini semakin banyak wanita yang menunda kehamilannya sampai usia 30-an, bahkan 40 tahun, tetapi sebenarnya hamil di atas usia 35 tahun tergolong beresiko.

Menurut pakar kesuburan Zaher Merhi dari Hope Fertility Center, New York, kehamilan pada ibu yang sudah berusia matang beresiko terjadi komplikasi pada ibu dan bayi. Ada beberapa alasan mengapa kehamilan setelah usia 35 tahun beresiko. Salah satunya adalah risiko keguguran lebih besar. Menurut penjelasan Merhi, ini disebabkan risiko embrio memiliki kromosom yang abnormal sehingga meningkatkan kemungkinan komplikasi, termasuk Down Syndrome.  Meghan Pakai Aksesoris Putri Diana Risiko pada ibu antara lain hipertensi gestasional, yaitu tekanan darah tinggi pada ibu hamil. Kondisi ini meningkatkan risiko preeklampsia yang sangat berbahaya. Kelahiran prematur dan persalinan dengan operasi caesar juga lebih rentan dialami ibu hamil di usia matang.

“Karena kehamilannya beresiko tinggi, diperlukan perencanaan yang matang bagi calon ibu. Misalnya saja melakukan berbagai tes kesehatan,” kata Merdi. Pemeriksaan yang bisa dilakukan misalnya cek gula darah, hipertensi, dan juga cek urine di laboratorium untuk mengetahui adanya protein untuk hipertensi. “Semua risiko komplikasi akan meningkat jika calon ibu punya masalah kesehatan sebelum hamil. Walau begitu, dengan pemeriksaan kehamilan berkala dan gaya hidup sehat, menurut dia, kebanyakan bayi dari ibu berusia matang dapat lahir dengan sehat. Demikian pula halnya dengan Meghan.

Leave a Reply