Pulang Kerja Tepat Waktu Bikin Hidupmu Lebih Bahagia Ini Alasannya

HOT NEWS KESEHATAN
zodiak
ilustrasi perempuan bekerja/copyright Shutterstock

Dalam pekerjaan, setiap individu memiliki prioritas yang berbeda. Ada tipe individu yang berdedikasi untuk pulang terlambat, namun ada pula yang memilih pulang kerja tepat waktu.

Perlu kamu tahu, bekerja dengan jam kerja ekstra nyatanya bisa merusak kehidupan sosialmu, mental dan kesehatanmu. Pulang kerja tepat waktu menjadi hal terbaik yang bisa dilakukan karena bisa membuatmu lebih sehat dan lebih bahagia.

Selain bikin bahagia, berikut beberapa manfaat pulang kerja tepat waktu seperti melansir dari Bright Side, Selasa (18/2/2020).


Lebih Sehat

makanan sehat
ilustrasi perempuan dengan sayuran/copyright by Vasin Lee on Shutterstock

Jam kerja tambahan ternyata membuatmu berisiko mengalami penyakit kardiovaskular, kelelahan dan kurangnya energi.

Individu yang bekerja lebih dari 55 jam seminggu memiliki risiko stroke 33% lebih tinggi, dibandingkan dengan orang yang bekerja di bawah 40 jam seminggu. Karyawan yang bekerja terlalu keras juga memiliki risiko 13% lebih tinggi terkena penyakit jantung koroner.

Jika kamu terbiasa menyelesaikan semua tugasmu tepat waktu, kamu menyadari bahwa waktumu sangat berarti. Kalau kamu mengabaikan gangguan yang tidak perlu, seperti lama-lama bersantai atau ngobrol dengan rekan kerja, berarti kamu pintar mengantur waktu.

Orang-orang yang mempraktikan jadwal kerja seperti ini akan meninggalkan kantor dengan perasaan baik, karena kamu menjalani hari yang produktif.


Menikmati Waktu Luang

Kamu pasti akan merasa lelah jika bekerja lebih lama di kantor, meski kamu menyukai pekerjaan tersebut. Tapi ketika kamu memutuskan untuk meninggalkan kantor tepat waktu, kamu akan merasakan betapa menyenangkan memiliki satu atau dua jam ekstra setiap hari, hanya untuk dirimu sendiri, dengan melakukan berbagai kegiatan, di antaranya berkumpul bersama keluarga dan teman-teman, berolahraga atau melakukan hobimu.

Waktu senggang sangat penting untuk kesehatan mental dan fisik jangka panjang. Dan, tentu saja memiliki dampak besar pada produktivitas dan kualitas hidupmu.


Mengontrol Diri

Mengontrol diri sangat penting dilakukan. Dengan kamu memilih pulang tepat waktu, menyelesaikan pekerjaan yang menumpuk dan mengontrol diri dengan hal lainnya di kantor menunjukkan dirimu sosok yang dewasa.


Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Leave a Reply