Persaingan Semakin Ketat, Ini Kiat Jitu Kembangkan Bisnis UMKM

BISNIS HOT NEWS
Berburu Aneka Produk di UMKM Export BRILian Preneur 2019
Pengunjung melihat aneka kerajinan dalam pameran UMKM. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Indonesia memiliki sekitar 59,2 juta usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Dari jumlah tersebut, dipastikan banyak yang berusaha bertahan agar mampu bersaing dengan pelaku usaha lainnya.

Namun ada pula yang terpaksa gulung tikar karena usahanya tak mampu bersaing dengan wirausahawan lain. Nah, untuk mencegah kemungkinan UMKM mengalami kerugian besar, diperlukan langkah-langkah dan strategi tepat.  

Berikut beberapa strategi yang bisa diterapkan agar usaha atau UMKM dapat bersaing secara global dan berkelanjutan.


1. Observasi

Sebelum Anda memutuskan untuk buka toko offline, ada hal yang harus dilakukan. Observasi. Ya ini berkaitan dengan lokasi usaha dan prospek pembeli yang berpotensi di kemudian hari.

Lalu coba lakukan survei terkait kebutuhan produk yang akan Anda jual. Hal ini juga berlaku bagi Anda yang akan membuka cabang UMKM. Pastikan Anda memperhitungkan kemudahan akses logistik.


2. Tingkatkan Mutu

Setiap kali menjalankan bisnis, tak lepas dari pendapat orang lain. Ya, apapun bisnis atau usahanya. Oleh karena itu, ada baiknya Anda menerima kritik dan saran dari orang-orang disekitar, termasuk pelanggan dengan hati lapang.

Ingat, tidak semua kritik dan saran harus Anda penuhi. Anda harus menyaring lagi, kira-kira kritik dan saran mana yang paling sering muncul dari pelanggan. Lalu coba cari celah, agar Anda dapat memberikan hal yang berbeda dari kompetitor.


3. Bangun Relasi

Relasi adalah salah satu faktor yang mempengaruhi bisnis Anda. Semakin banyak relasi, peluang mendapat vendor makin mudah dan terpercaya. Selain itu ada baiknya, Anda juga bergabung dengan komunitas yang memiliki jenis usaha sama.


4. Manfaatkan e-commerce

Sekarang semua jenis barang dengan mudah didapatkan dari pembelanjaan online. Nah Anda dapat mencoba e-commerce berkonsep marketplace dan membuka toko di situs mereka.


5. Sosial Media

Setelah melakukan lima hal di atas, jangan lupa juga untuk membuat akun sosial media, seperti Facebook, Twiter, Instagram. Ya kemajuan teknologi, membawa orang-orang lebih mudah mengakses sosial media. Itu karena sosial media punya pengaruh signifikan bagi perkembangan bisnis Anda di masa depan.


6. Ikut Pameran

Selama ini sudah melakukan upaya strategi apa saja? Sudah ikut pameran atau festivalkah? Jika belum, cobalah mulai memasarkan produk Anda ke masyarakat luas lewat acara tersebut.

Oh ya ketika akan ikut pameran, festival, atau expo lainnya, pasti Anda akan mengangkut kebutuhan dari toko ke lokasi tujuan kan? Apalagi jika pameran yang diikuti tak hanya disatu tempat, pasti Anda butuh sarana transportasi yang memadai.


Keuntungan TheLorry

TheLorry.
TheLorry.

Untungnya semua kebutuhan itu bisa Anda dapatkan dengan mudah. Ya, dengan mengandalkan jasa angkut barang TheLorry yang merupakan jasa penyedia layanan angkutan barang.

Layanan jasa angkut barang TheLorry hadir sebagai pelengkap UMKM yang memerlukan armada transportasi barang. Keuntungan lain dari jasa angkut barang TheLorry bagi UMKM adalah

1. Anda dapat membayar dengan tempo pembayaran, berdasarkan invoice atau penagihan yang dikirim secara berkala.

2. Keuntungan lain dari TheLorry adalah Anda dapat melacak barang yang dikirimkan dari tempat angkut hingga ke tujuan. Untuk keterangan lebih lanjut, Anda dapat klik di sini.

Leave a Reply