Pakai QRIS Lebih Mudah, Siap Gabung Jadi Mitra Bisnis DANA

BISNIS EKONOMI
DANA
(Kiri-Kanan: Compliance and Relations Senior Advisor DANA Muhammad Bhadra, Chief Legal and Compliance Officer DANA Dina Artarini, dan Vice President of Communications DANA Steve Saerang/Stella Maris).

Kehadiran DANA di Indonesia bukan sekadar menjadi dompet digital masa kini. DANA sebagai salah satu Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) pertama di Indonesia yang 100 persen menuntaskan penerapan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS), juga mendukung laju ekonomi digital

Penerapan QRIS, seperti disampaikan Vincent Iswara selaku CEO dan salah satu Founder DANA menjadi kebijakan tepat dan langkah strategis Bank Indonesia, untuk menyentuh lapisan dan segmen masyarakat luas. 

Agar penggunaan QRIS diketahui masyarakat, DANA turut serta menjadi bagian dalam pelaksanaan Pekan QRIS Nasional (PQN) 2020 di M Bloc Space. Dina Artarini selaku Chief Legal and Compliance Officer DANA menjelaskan bahwa sejauh ini pihaknya terus melakukan edukasi dompet digital DANA, dan hasilnya cukup signifikan. 

“Per Desember 2019, DANA memproduksi lebih dari 10 juta main codes dan semua produksi dari Indonesia, dan dimulai dari setengah tahun yang lalu. Total hingga saat ini ada 35 juta pengguna DANA dengan tiga juta volume transaksi per hari,” jelas Dina saat ditemui di Acara PQN 2020, Selasa (10/3). 

Selain jumlah pengguna DANA, Dina juga menjelaskan terkait QRIS yang menjadi jembatan efektif dalam mengedukasi masyarakat, untuk lebih mengenal konsep dompet digital secara utuh. 

Ya, QRIS berperan signifikan dalam mengakselerasi kelancaran bertransaksi nontunai digital di lebih dari 100 ribu mitra bisnis DANA yang berasal dari berbagai skala usaha, UMKM, hingga perusahaan besar. 


The Real Dompet Digital

Dina mengatakan bahwa DANA merupakan dompet digital atau dompet elektronik dalam bentuk nyata. Itu karena, kemampuan atau manfaat DANA yang memberi kemudahan dalam transaksi digital. 

“Di DANA bisa memasukkan instrumen pembayaran lain, seperti kartu debit dan kartu kredit bank. Itulah keuntungan yang tidak dimiliki dompet (elektronik) lain,” jelas Dina. 

Unstrumen yang dijelaskan tersebut ada di aplikasi DANA yang hadir dengan Fitur Simpan Kartu (Card Binding). “Meski menyimpan nomor kartu bank di DANA, kami pastikan aman selama tidak memberikan PIN dan OTP ke orang lain dan ini diawasi langsung oleh BI,” tambah Dina. 


Cara Jadi Mitra Bisnis DANA

DANA
Sosialisasi penggunaan DANA QRIS/Stella Maris.

DANA membuka peluang besar bagi merchant atau pelaku usaha yang ingin menjadi mitra bisnis. Peluang itu pun semakin besar melihat fakta dari BI bahwa hingga saat ini ada lebih dari 2,6 juta merchant yang sudah menggunakan QRIS. 

Nah, jika Anda mempunyai usaha dan mau bergabung jadi mitra bisnis DANA tentu bisa! Caranya pastikan Anda memiliki akun DANA dan sudah menjadi member premium. Kemudian pilih Mitra Bisnis. 

“Jadi tinggal mendaftarkan, selfie, dan nanti ada proses selama beberapa hari untuk jadi merchant DANA. Berbeda dengan dulu, jika pedagang mau menggunakan fasilitas keuangan, harus datang ke pejabat tertentu. Tapi sekarang cukup pakai aplikasi DANA dan tidak harus PT (perseroan terbatas) bisa jadi mitra bisnis DANA dan pakai QRIS,” jelas Dina. 

Leave a Reply