Momen Perdana Mark Zuckerberg Meluncurkan Facebook Tanggal 4 Februari 2004

BISNIS HOT NEWS
Tawa Mark Zuckerberg sebelum dirundung masalah pencurian data pengguna Facebook.
Tawa Mark Zuckerberg sebelum dirundung masalah pencurian data pengguna Facebook. (source: AFP/JUSTIN SILLIVAN)

LTepat pada hari ini, 16 tahun yang lalu, Mark Zuckerberg pertama kali meluncurkan situs bernama TheFacebook, yang akhirnya hanya menjadi “Facebook“, setelah perusahaannya memperoleh hak domain untuk Facebook.com untuk Rp 2,7 juta pada tahun 2005.

Situs ini awalnya terinspirasi dari proyek yang dilakukan oleh salah satu teman sekolah menengahnya, Adam D’Angelo. Popularitas Facebook pada awalnya merupakan implikasi dari layanan seperti dalam skala besar yang sering dibahas oleh Zuckerberg dan teman-temannya.

Dilansir dari Todayifoundout.com, Senin (3/2/2020), hal ini semua berubah ketika miliarder Facebook itu membaca sebuah artikel di The Harvard Crimson yang menyebutkan sebuah situs web yang dia buat dan mendapat banyak masalah untuk FaceMash, termasuk hampir dikeluarkan dari Harvard. FaceMash adalah sebuah situs yang kurang lebih adalah situs Harvard.

Lebih dari 22.000 suara diajukan di FaceMash sebelum situs web itu ditutup setelah empat jam karena orang-orang tersinggung foto mereka diunaggah tanpa persetujuan mereka. Setelah pemerintah mengetahui hal itu, mereka menuduh Mark dengan berbagai hal seperti pelanggaran hak cipta, melanggar privasi orang, dan sejenisnya. Semua tuduhan akhirnya dibatalkan dan dia diizinkan melanjutkan kuliah di Harvard.

Selama seminggu, Zuckerberg dilaporkan hampir tidak melakukan apa-apa lagi, termasuk tidak banyak tidur, atau bersosialisasi sama sekali. Namun, setelah itu kembali seperti sedia kala. Ini adalah keberuntungan baginya bahwa dirinya selesai begitu cepat, karena hanya beberapa bulan kemudian ia menyatakan di The Harvard Crimson, “Jika saya tidak meluncurkan (TheFacebook) hari itu, saya akan segera melakukannya dan melanjutkan ke hal berikut yang akan dilakukan.”

Hanya dengan waktu satu bulan, setengah dari siswa sekolah telah mendaftar ke TheFacebook. Tak lama kemudian, aplikasi itu diperluas untuk menambahkan universitas lain, meskipun awalnya hanya khusus untuk sekolah-sekolah Liga Ivy, kemudian berkembang ke sebagian besar perguruan tinggi di Amerika Utara.


Popularitas Facebook Berkembang Pesat

Ilustrasi Facebook.
Ilustrasi Facebook. (iStockphoto)

Hanya enam bulan setelah diluncurkan, TheFacebook resmi didirikan, Zuckerberg dan teman-temannya. pindah ke Palo Alto, California di mana mereka menerima dana dari orang-orang, seperti Sean Parker dan salah satu pendiri PayPal Peter Thiel.

Sesaat sebelum ini terjadi, Zuckerberg menyatakan, “Tujuan saya adalah untuk tidak memiliki pekerjaan. Membuat hal-hal keren adalah sesuatu yang saya suka lakukan, dan tidak memiliki seseorang yang memberi tahu saya apa yang harus dilakukan atau jangka waktu untuk melakukan itu adalah sebuah keuntungan bagi saya. Saya memutuskan akhirnya akan membuat sesuatu yang menguntungkan.

Sejak itu, Facebook telah tumbuh pada tingkat yang mengejutkan, baik dalam pendapatan maupun jumlah pengguna. Pada tahun 2006, hanya dua tahun setelah diluncurkan, Facebook menghasilkan Rp 714 miliar.

Kemudian pada tahun berikutnya, Facebook menghasilkan Rp 2 triliun hingga akhirnya menyentuh jumlah sebesar Rp 58 triliun pada 2011 dengan tingkat pertumbuhan pengguna menjadi 100 juta pada akhir tahun 2008.

Mulai saat ini, jumlah pengguna Facebook pun meroket dengan memperoleh rata-rata sekitar 100 juta pengguna setiap 160 hari hingga hari. Dengan perkembangan cepat, pengguna Facebook mendekati 1 miliar dengan hanya penghitungan terakhir yang dilaporkan pada Desember 2011 menjadi 845 juta anggota dengan 483 juta orang aktif setiap hari.

Di seluruh dunia, terdapat lebih dari 2,50 miliar pengguna aktif bulanan (Monthly Active User) untuk perhitungan Desember 2019. Ini adalah peningkatan 8 persen di Monthly Active User Facebook dari tahun ke tahun. Jika dibandingkan dengan jumlah pengguna aktif pada tahun sebelumnya sebanyak 2,38 miliar pengguna, seperti yang dilaporkan dari Zephoria.com.

Facebook juga memiliki misi, yaitu untuk memberi orang kekuatan untuk membangun komunitas dan membuat orang-orang lebih dekat, seperti para pengguna Facebook untuk tetap terhubung dengan teman dan keluarga. Tak hanya itu, Facebook juga berguna untuk menemukan apa yang sedang terjadi di dunia, dan untuk berbagi serta mengungkapkan apa yang penting bagi mereka.

Leave a Reply