Mengenal Penyakit Kawasaki, Peradangan pada Balita yang Menyerang Mulut Sampai Jantung

HOT NEWS KESEHATAN
20151020-Ilustrasi-Sakit-Demam
Ilustrasi Sakit Panas (iStockphoto)

 Penyakit kawasaki adalah penyakit peradangan yang dalam jangka panjang dapat menjadi penyakit komplikasi pada jantung. Penyakit ini biasanya dialami oleh anak-anak di bawah usia lima tahun.

Tak hanya jantung, penyakit ini dapat menyebabkan masalah pada kelenjar getah bening, lapisan mulut, hidung, dan tenggorokan. Namun, dalam beberapa kasus, penyakit ini timbul karena adanya cairan yang masuk ke dalam jantung.

Sebenarnya para ilmuan juga belum menemukan penyebab pasti penyakit kawasaki. Mereka berpikir bisa saja penyakit ini muncul terkait dengan kombinasi genetika, virus dan bakteri, serta bahan kimia. Anda dapat memperhatikan tanda-tanda penyakit kawasaki sebagai berikut.

Tanda atau gejala penyakit kawasaki biasanya muncul dalam tiga fase:

Fase Pertama

Anak mengalami demam lebih dari 39 C dan berlangsung lebih dari tiga hari. Demam tersebut diikuti dengan perubahan warna mata, bibir, lidah, kulit pada telapak tangan dan kaki menjadi sangat merah, pembengkakan kelenjar getah bening, ruam, serta sifat mudah marah. Hal ini seperti yang dilansir dari Mayo Clinic.


Fase Kedua

Fase ini biasanya dimulai dua minggu setelah demam dialami anak Anda. Biasanya anak akan mengalami pengelupasan pada kulit tangan dan kaki, terutama di ujung jari tangan dan kaki. Selain itu, anak akan merasakan nyeri sendi yang diikuti dengan diare, muntah, serta sakit perut. Hal ini sesuai dengan lansiran dari KidsHealth.

Fase Ketiga

Pada fase ketiga, tanda-tanda penyakit kawasaki yang dialami anak Anda perlahan-lahan akan menghilang, kecuali komplikasi yang terus berkembang. Bisa saja hal ini terjadi selama delapan minggu sebelum tingkat energi anak tampak normal kembali.


Menimbulkan Pengaruh Berbahaya Pada Anak

Pada dasarnya, penyakit kawasaki yang melibatkan jantung anak Anda bisa saja menimbulkan pengaruh yang berbahaya pada kesehatannya. Terdapat kasus anak-anak yang mengidap penyakit kawasaki yang memiliki irama jantung yang abnormal (Disritmia), otot jantung yang meradang (Miokarditis), kantup jantung yang rusak (Regurgitasi mitral), dan pembuluh darah yang meradang (Vasculitis).

Oleh karena itu, Anda dapat sesegara mungkin untuk menemui dokter jika anak mengalami gejala seperti fase pertama. Dengan mengobati penyakit kawasaki dalam waktu sepuluh hari sejak munculnya gejala awal, Anda Kemungkinan dapat mengurangi timbulnya gejala lain.

Anda juga tak perlu khawatir karena dalam beberapa kasus lainnya, anak-anak yang mengidap penyakit ini dapat pulih sepenuhnya dan tidak memiliki masalah yang berkepanjangan.

Leave a Reply