Menata Rumah 30 Meter Persegi Meski Mungil tapi Tampil Cantik

HOT NEWS

Sebuah rumah yang serba efisien dan fungsional sangat dibutuhkan jika lokasinya berada di pusat kota yang padat dan sibuk. Desain rumah bergaya urban yang semua proses atau kegiatannya berjalan cepat, fungsional, dan efektif sangat diperlukan.

Penggabungan fungsi ruang seperti ruang tamu,ruang keluarga, ruang makan, dan pantri bertujuan untuk memaksimalkan fungsi.

Banyaknya bukaan ke arah taman kering, selain sebagai view bagi penghuni rumah, juga bertujuan untuk memaksimalkan pemasukan cahaya matahari ke dalam ruang agar penggunaan lampu pada siang hari dapat dikurangi.

Mengutip dari buku ‘30 Desain Interior Rumah Mungil’ karya Yosica Mariana, Minggu (9/2/2020) menjelaskan lahan terbatas belum tentu membatasi kreativitas. Penghematan energi dengan memaksimalkan pemasukan cahaya alami ke dalam ruang merupakan suatu ide yang kreatif. Penggunaan bukaan yang berfungsi sebagai pintu geser memberikan solusi terhadap pemanfaatan ruang semaksimal mungkin.

Ini juga termasuk pengaturan tata letak keseluruhan ruangan di dalam rumah yang digabungkan antara satu ruang dengan ruang lainnya. Peletakan yang saling berdekatan antara ruang tamu dengan ruang makan serta pantri tanpa pembatas justru tidak membuat hunian ini tampak sempit dan ramai, melainkan menjadikannya semakin indah dan sempurna.

Seperti desain dari Joseph Fredik Chandara yang bertema Urban Styles, memiliki luas bangunan 30 meter persegi dan luas tanah hanya 77 meter persegi. Dalam menghias ruang tamu dirinya menggunakan perpaduan warna alegan seperti cokelat dengan warna antusias seperti merah memberikan kesan dinamis pada ruangan ini.

Penerapan motif kayu bernuansa cokelat pada penutup lantai dan dinding dipadukan dengan warna merah pada stool hingga menciptakan suasana ruang yang hangat dan mewah. Sementara untuk kamar tidur agar suasana elegan tetap tercipta pada nuang yang memiliki area terbatas, perlu meminimalkan penggunaan perabot yang fungsional. Terlalu hanyak perabot berlebihan di dalam ruang dapat menimbulkan kesan pada rumah mungil menjadi penuh, rama dan sesak.

Dominasi warna cokelat yang merupakan perpaduan ight brown dan dark brown memberikan sentuhan pada kamar tidur ini. Cahaya alami yang masuk melalui bukaan pintu lipat yang menyatukan antara kamar tidur dengan taman koreng di samping rumah meningkatkan energi dan perasaan optimis bagi penghuni rumah ini.

Sedangkan, untuk penempatan kamar tidur anak dirinya menggunakan konsep loft bed pada kamar tidur anak bertujuan agar ada ruang di bawah tempat tidur. ini dapat dimanfaatkan menjadi sebuah perpustakaan kecil dan rak baju anak. Walaupun ruangnya sempit, tetapi susana terkesan sangat cozy.

Terakhir adalah bagaimana mendesain kamar mandi, Kamar mandi didesain berbentuk memanjang dengan penggunaan cermin untuk memberikan kesan luas dalam ruang. Penggunan skylight pada area shower dimaksudkan untuk memaksimakan pemasukan cahaya alami. Sentuhan kamar mandi ala “hotel bintang lima” nan nyaman dan elegan sangat terasa pada desain kamar mandi berikut. Ini disebabkan oleh adanya penerapan dinding bermotif urat kayu dan penggunaan lantai kayu.

Leave a Reply