Mau Tahu Cara Sukses Merintis Usaha dari Nol? Cek di Sini

BISNIS HOT NEWS
Sukses Berbisnis di Usia Muda Telah Jadi Gaya Hidup, Apa Saja Kiatnya?
(Ilustrasi: Via Shutterstock).

Bisnis masih jadi bidang yang sangat diminati hingga saat ini. Berbagai jenis bisnis baru bermunculan dan memenuhi pasar dengan begitu cepat setiap tahunnya.

Kondisi ini menjadi tren tersendiri yang tentu saja menarik minat para pendatang baru untuk terjun ke dunia bisnis. Makin banyak peluang, tentu akan semakin banyak juga orang yang berusaha mencoba peruntungan mereka di sana.

Merintis bisnis tidak selalu serumit yang dikhawatirkan banyak orang, namun juga tentu tidak akan selalu mudah untuk setiap orang. Anda harus menyadari hal ini dengan baik sejak awal dan mempersiapkan segala sesuatunya sebaik mungkin. 

Geliat bisnis baru di Tanah Air terbilang menjanjikan. Indonesia bahkan menjadi salah satu negara dengan jumlah perusahaan rintisan terbanyak di dunia.

Minat anak muda begitu tinggi dalam bidang yang satu ini, di mana kebanyakan pendiri perusahaan rintisan ini merupakan Generasi Y. Namun di dalam praktiknya, bisnis akan membawa Anda ke berbagai tantangan, bahkan yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya.

Jika Anda ingin segera terjun sebagai pebisnis profesional, maka pastikan Anda memulainya dengan langkah yang tepat dan terencana sejak awal. Mau tahu cara sukses merintis usaha dari nol? Simak ulasan berikut,

1. Mulailah Mengikuti Seminar atau Kelas Bisnis

2. Cari dan Temukan Ide yang Sederhana

3. Lakukan Analisa Pasar dan Tentukan Target Konsumen

4. Tentukan Skala Prioritas dan Pola Kerja yang Tepat

5. Bekerjasama dan Menggunakan Layanan Perbankan


1). Mulailah Mengikuti Seminar atau Kelas Bisnis

Ilustrasi Orang sukses
Ilustrasi Orang sukses (iStockphoto)​

Belajar otodidak dengan terjun langsung ke dunia bisnis kerap menjadi pilihan banyak orang. Namun jika Anda ingin lebih menguasai bisnis tersebut dan mengembangkannya dengan cepat, maka mengikuti kelas bisnis tentu akan menjadi keputusan yang tepat.

Bukan hanya ilmu bisnis saja, kelas bisnis seperti ini bisa juga memberikan banyak manfaat lainnya, seperti: motivasi, ide baru, inspirasi, dan lainnya. Sekarang ini sudah cukup banyak berbagai acara seminar atau workshop bisnis gratis dari berbagai komunitas, dan Anda bisa mengikutinya.

2. Cari dan Temukan Ide yang Sederhana

Sebuah bisnis mungkin tampak luar biasa ketika sudah berkembang dengan sukses, meskipun pada awalnya bisnis tersebut hanya dilahirkan dari sebuah ide yang sangat sederhana. Tidak selalu luar biasa, kebanyakan pebisnis memang memulai bisnis mereka dengan ide-ide yang sederhana dan bahkan tampak sangat biasa.

Mulailah langkah Anda dengan memikirkan hal yang satu ini. Bisnis bisa saja dimulai dengan

  1. Melihat berbagai hal atau kondisi di sekitar, termasuk
  2. Berbagai permasalahan yang kerap terjadi dan dialami oleh banyak orang, bahkan Anda sendiri.

Kondisi seperti ini justru bisa melahirkan ide kreatif dan memiliki peluang yang baik untuk mendatangkan uang. Tidak harus selalu yang baru, ide bisnis bahkan bisa saja datang dari bisnis yang sudah ada sebelumnya, namun dalam versi yang jauh lebih baik dan efisien. 


3. Lakukan Analisa Pasar dan Tentukan Target Konsumen

Ilustrasi
Ingin Membangun Bisnis tapi Masih Bingung Mulai dari Mana? Yuk, Coba Lima Tips Ini!

Melakukan analisa pasar menjadi poin penting yang tidak bisa Anda abaikan, sebab hal ini bahkan akan sangat memengaruhi kesuksesan bisnis Anda di masa yang akan datang. Proses ini akan membantu Anda melihat peluang bisnis tersebut dengan baik, termasuk mempermudah kamu dalam menentukan target bisnis itu sendiri.

Selain itu, riset pasar yang tepat juga akan sangat berguna untuk menentukan strategi yang kamu gunakan dalam bisnis tersebut. Bagaimanapun juga, untuk bisa sukses kamu tentu harus bisa menembus pasar dan mendapatkan angka penjualan maksimal, bukan?

4. Tentukan Skala Prioritas dan Pola Kerja yang Tepat

Saat memulai bisnis, Anda mungkin saja ingin mengerjakan berbagai hal sekaligus, agar bisnis tersebut bisa segera berjalan baik. Namun keterbatasan waktu serta tenaga tentu tetap harus menjadi pertimbangan.

Selain itu, beberapa hal juga akan membutuhkan penanganan yang lebih cepat, jika dibandingkan dengan yang lainnya. Jika ingin sukses, maka Anda harus bisa menentukan skala prioritas dan juga pola kerja yang tepat di dalam bisnis tersebut.

Anda harus bisa memilih dan memilah apa saja yang harus dikerjakan dan apa yang bisa ditunda sementara. Semua ini tentu akan membutuhkan disiplin dan juga komitmen yang tinggi.


5. Bekerjasama dan Menggunakan Layanan Perbankan

Ilustrasi Bank
Ilustrasi Bank

Keuangan merupakan salah satu poin penting yang kerap sulit dikendalikan di dalam bisnis baru. Bukan hanya karena minim pengalaman, hal ini juga bisa saja disebabkan oleh masalah lainnya, termasuk minimnya modal.

Untuk mengatasi hal ini, pastikan Anda bekerjasama dan sekaligus menggunakan layanan perbankan. Anda bisa memilih sistem kerjasama yang tepat, mulai dari menjadi mitra usaha, bahkan hingga mengakses pinjaman bisnis secara mandiri di sana.

Hal ini akan membantu Anda mengatasi berbagai kendala keuangan dalam bisnis, terutama di masa-masa awal mendirikannya. Apalagi dalam beberapa tahun terakhir pemerintah sudah mendorong perbankan untuk menyentuh kalangan UMKM.

Pilih Jenis Bisnis yang Tepat dan Punya Peluang Besar

Merintis bisnis bisa menjadi pilihan yang tepat buat Anda yang ingin bekerja secara mandiri. Mulailah hal ini dengan memilih jenis bisnis yang tepat dan memiliki peluang pasar yang cukup menjanjikan. Menjalankan bisnis tersebut dengan rencana yang matang, sehingga tujuan Anda dalam memulai usaha rintisan ini bisa berjalan dengan baik dan menguntungkan.

Leave a Reply