Mau Sukses Berbisnis? Sontek Tips Cerdas 3 Pengusaha Perempuan Muslim Ini

BISNIS
[Fimela] Dian Pelangi dan Sandy Nasution
Dian Pelangi (Instagram/dianpelangi)

 Siapa bilang jika perempuan tidak bisa mandiri? Setiap pribadi punya kesempatan yang sama untuk berkarier. Buktinya, saat ini sudah banyak pengusaha perempuan yang sukses dalam kariernya.

Di Indonesia, terdapat 3 pengusaha perempuan Muslim yang bermental kuat. Mereka adalah Medina Zein, Diajeng Lestari, dan Dian Pelangi yang sukses karena tips cerdas versi mereka ini. Yuk, simak ulasan dari Swara Tunaiku!

1. Memulai dari Hal Kecil

Setiap orang yang ingin sukses di suatu hal, harus tidak takut memulai. Anda harus siap memulai berbisnis dari hal-hal kecil sesuai passion. Menekuni hal kecil akan membuka peluang menjadi suatu hal yang besar.

Inilah tips bisnis dari Medina Zein, perempuan Muslim yang sukses berbisnis di berbagai bidang, mulai dari skincare, kuliner, dan tour and travel umroh.

Dari pengelolaan bisnis yang berskala kecil, kini Medina sukses mendirikan Jannah Corporation yang menaungi aneka bidang bisnis tersebut.

Jika pernah mendengar para artis buka toko kue, maka itu semua berada di bawah naungan Jannah Corporation.

Bayangkan saja, berapa banyak omset yang diperolehnya. Usut punya usut, omsetnya mencapai miliaran Rupiah.


2. Melihat Fenomena dan Manfaatkan Peluangnya

Diajeng Lestari, CEO HiJup.com
Diajeng Lestari, CEO HiJup.com

Diajeng Lestari juga terkenal dengan kemandiriannya dalam berbisnis. Ia pandai memanfaatkan peluang dari setiap fenomena yang dihadapinya.

Menurutnya, setiap orang yang ingin berbisnis harus pandai melihat fenomena dan mencari celah sebagai peluang bisnis yang pastinya menguntungkan konsumen.

Ketika awal membuka bisnis pakaian muslim, ia mencari sistem agar banyak orang bisa membeli busana muslim dengan mudah dari banyak varian.

Diajeng merintis perusahaan Hijup sebagai situs penjualan online. Ia mengajak produsen lokal sebagai supplier di toko online-nya.

Kini, semua orang bisa dengan mudah mencari busana muslim sesuai kebutuhan dan selera di Hijup.com.

3. Belajar dari Berbagai Hal

Berbisnis juga berarti belajar banyak hal. Tidak cukup hanya dengan menguasai passion dan promosi, berbisnis juga harus pandai mengelola keuangan dan mengetahui fenomena pasar.

Dian Pelangi yang kini sukses jadi desainer terkenal sampai mancanegara juga mengalami proses belajar yang tidak mudah.

Bisnisnya berawal dari mengurus toko pakaian milik ibunya. Kemudian, ia tertarik dengan dunia fesyen dan mulailah mencoba peruntungan di bisnis fesyen.

Ia mengamati bagaimana perkembangan fesyen, kemudian mengembangkan ide pakaian muslim yang unik dan kekinian.


4. Be Creative

Medina Zein Positif Amfetamin, Ini 7 Potret Kedekatannya dengan Keluarga Azhari
Median Zein (Sumber: Instagram/medinazein)

Menjadi kreatif adalah poin penting dalam berbisnis. Tips ini wajib dijalankan setiap orang yang ingin sukses, termasuk berbisnis.

Ketiga pengusaha perempuan sukses tadi juga tidak berhenti menciptakan ide baru dan mengeksekusinya dengan tindakan nyata demi kelangsungan bisnisnya agar terus diminati. Bagaimanapun, hal ini demi terpenuhinya kebutuhan konsumen.

5. Pandai Menjalin Relasi

Relasi adalah poin yang sangat penting dalam dunia bisnis. Bukti nyatanya adalah Medina Zein yang membuka berbagai bidang bisnis dengan relasi dari berbagai pihak.

Ia sukses menjalin relasi dengan para supplier juga para artis sebagai investornya. Kerja sama periklanan juga sukses bekerja sama dengan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina untuk tour and travel.


6. Konsisten

[Fimela] Dian Pelangi dan Sandy Nasution
Dian Pelangi (Instagram/dianpelangi)

Konsisten adalah kunci dari semua tindakan dalam berbisnis. Ketika ingin merambah dunia bisnis yang rentan dengan segala risikonya, Anda harus siap mental.

Artinya, jangan mudah putus asa dan siap dengan rencana baru untuk menyelamatkan hingga mengembangkan bisnis.

Tips ini terbukti dengan ketiga pengusaha perempuan tadi yang hingga kini konsisten dengan bisnisnya.

Tips cerdasnya tersebut mampu mengantarkan 3 pengusaha perempuan tersebut ke puncak karier dan kemapanan finansial.

Pada prinsipnya, bisnis itu paham peluang, konsisten, dan menjalin relasi. Pada akhirnya, kerja keras akan membuahkan hasil yang tidak mengkhianati proses. Anda bisa lihat Dian Pelangi yang sudah sukses lebih dahulu diikuti dengan 2 pengusaha lain tersebut

Leave a Reply