Makanan Yang Tidak Boleh Disantap Sebelum Olah Raga

LIFESTYLE

Menyantap makanan yang salah sebelum olahraga sama saja dengan tidak makan sama sekali.

Berikut ini adalah makanan yang harus kamu hindari sebelum berolahraga:

1. Makanan kaya serat

Namun, mengonsumsi makanan tinggi serat sebelum berolahraga justru bisa menimbulkan penyakit gastrointestinal. Masalah ini bisa menyebabkan perut kembung, mual, hingga kram perut, sehingga bisa mengganggu aktivitas olahraga.

2. Soda

Minuman bersoda cenderung lebih banyak mengandung gula dan berkarbonasi, sehingga bukan merupakan opsi buruk untuk dikonsumsi sebelum berolahraga. Meminum minuman bersoda sebelum olahraga akan membuat perut terasa kembung serta bisa mengalami kram dan mual selama olahraga berlangsung

3. Kacang

Mengonsumsi kacang-kacangan sebelum berolahraga bisa mengganggu berjalannya olahraga. Sebab, lemak adalah nutrisi yang lambat dicerna. Semakin banyak kandungan lemak dalam makanan, maka semakin lama makanan itu untuk dicerna.  Jika kamu ingin menyantap makanan berlemak sebelum olahraga, pastikan kamu mengonsumsinya 1,5-2 jam sebelum berolahraga.

4. Makanan pedas

Banyak orang menyukai makanan pedas. Namun, kamu harus menghindarinya ketika mau berolahraga. Makanan pedas bisa menimbulkan rasa seperti terbakar di dalam tubuh dan menimbulkan masalah pencernaan.  Selain itu, makanan pedas juga bisa menimbulkan kram dan pada akhirnya membuat kita tak bisa berolahraga terlalu lama.

5. Sayuran cruciferous

Hindari mengonsumsi sayuran dari kelompok cruciferous, seperti brokoli, toge atau kembang kol. Sayuran kelompok tersebut tinggi akan kandungan rafinosa, karbohidrat yang tidak dapat dicerna dan bisa memicu perut kembung dan gas berlebih.

6. Gula rafinasi

Konsumsi terlalu banyak gula dan karbohidrat sebelum berolahraga bisa menimbulkan rasa lesu dan lelah.

7. Susu Susu, keju dan yogurt

Tidak boleh konsumsi sebelum berolahraga. Konsumsi susu sebelum berolahraga juga bisa membuat perut terisi banyak gas.

8. Alpukat 

Hindari alpukat sebelum berolahraga karena mengandung tinggi lemak. Kombinasi tersebut membuat alpukat lambat dicerna dan bisa menyebabkan perut kram.

Leave a Reply