LENTOG ADALAH SARAPAN PAGI KHAS KUDUS

KUDUS, terkenaldengan nama kota kretek,karena di Kudus berdiri industri rokok yang cukup banyak dari industri rokok besar ada nama Djarum, dimiliki oleh orang terkaya di Indonesia yakni Robert Budi Hartono dan Michael Bambang Hartono atau disebut Hartono bersaudara.Tercatat, Hartono bersaudara memiliki kekayaan mencapai USD32,3 miliar atau setara Rp436,05 triliun (kurs Rp13.500 per USD) versi Forbes 2017. Mayoritas pekerja di Kudus terserap di industri rokok. Perusahaan rokok besar lainnya adalah pabrik rokok Nojorono, Sukun dan lain-lain.

Kuliner / Makanan khas Kudus ada yang namanya Lentog ,saat Anda menghabiskan libur akhir pekan di Kudus, Jawa Tengah, silakan menikmati satu menu kuliner khas Kota Kretek itu. Warga setempat akrab menyebutnya dengan nama Lentog Tanjung.Makanan Lentog Tanjung, berasal dari salah satu kampung yang bernama Tanjungkarang, Kecamatan Jati. Kecamatan yang berada di sisi paling barat jalur pantura Kudus. Sedangkan Lentog adalah lontong, makanan berbahan baku beras terbungkus daun pisang dengan dikukus di atas air yang benar-benar mendidih.
Di Jalan Tanjungkarang, terdapat pusat makanan Lentog Tanjung. Ada banyak penjaja makanan itu berjejer-jejer. Anda tinggal pilih tempat mana. Lokasi itu hampir selalu ramai tiap pagi hari. Terutama di Minggu pagi.
Meski begitu, makanan itu dijual tidak hanya di Jalan Tanjung. Menu yang pas dilahap saat pagi hari ini juga tersebar hampir di sembilan kecamatan yang ada di kabupaten ini,salah satunya tempat saya makan ini di perempatan Jl. Bakti Kudus .lentog bisa disantap dengan harga yang cukup murah perporsi hanya RP3.500.
Jika Anda berada di Kudus, silakan berburu makanan lezat ini. Makanan Lentog Tanjung ini terdiri dari irisan lontong, diguyur sayur gori atau nangka yang masih muda, dicampur opor tahu, taburan bawang goreng. Untuk pecinta pedas, bisa menambahkan sambal atau cabai matang di atasnya.