Lakukan 4 Hal Ini Saat Keracunan Makanan

HOT NEWS KESEHATAN
image - infeed

Makan jadi salah satu kebutuhan manusia agar bisa hidup. Berbagai makanan bisa kita pilih dan konsumsi sesuai kebutuhan. Makanan yang kita makan juga menentukan seberapa sehat tubuh kita.

Sayangnya, enggak jarang kita mengalami keracunan, entah karena bakteri, virus atau zat kimia beracun lainnya. Nah, kali ini Oshop bakal kasih kamu 4 hal yang perlu dilakukan saat mengalami keracunan. Cek selengkapnya di bawah ini, ya.

Segera minum susu

Susu dikenal bisa meringankan gejala keracunan yang biasa kita alami. Hal itu karena susu dapat mengikat racun dan merangsang kita untuk muntah sehingga racun bisa keluar. Tentu saja susu bisa meminimalisir kemungkinan kita sakit karena keracunan.

Minum air putih yang banyak

Biasanya saat keracunan, kita akan mengalami diare dan kehilangan banyak cairan. Salah satu cara untuk menanggulanginya adalah dengan minum banyak air putih. Bisa juga dengan meminum cairan oralit dan air kelapa.

Obat tablet karbon aktif

Racun yang sudah terlanjur masuk ke dalam tubuh tentu akan memberikan efek berbahaya. Salah satu cara buat mengurangi efek racun tersebut adalah dengan meminum tablet obat karbon aktif. Sama seperti susu, tablet satu ini juga bisa mengikat racun yang berbahaya. 

Bawa ke rumah sakit

Kalau sudah melakukan pertolongan pertama namun belum ada perubahan, cepat bawa ke rumah sakit. Kamu akan segera ditangani dokter dan diberi langkah-langkah yang lebih baik. Kamu juga bisa menghubungi Sentra Informasi Keracunan untuk pertanyaan lebih lanjut.

Nah, itu tadi 4 tips yang bisa kamu lakukan saat keracunan makanan. Selalu jaga kesehatan dan kebersihan makananmu agar terhindar dari racun, bakteri serta virus.

Leave a Reply