Kebiasaan Harian Untuk Menurunkan Berat Badan

LIFESTYLE

Beberapa yang harus mereka lakukan untuk menurunkan berat badan :

1. Menjaga rutinitas pola makan

Makan di waktu yang sama setiap harinya. Mereka yang sukses menurunkan berat badan jangka panjang cenderung memiliki ritme pola makan yang sama. Menghindari kebiasaan ngemil ketika menjalankannya. Pola makan yang konsisten selama beberapa minggu dan tahun juga bisa memprediksi penurunan berat badan rutin dalam jangka panjang.

2. Konsumsi lemak sehat

Pilihlah opsi makanan dengan lemak sehat. Seperti kacang, alpukat dan minyak ikan alih-alih makanan cepat saji. Lemak trans berpotensi meningkatkan risiko penyakit jantung.

3. Jalan kaki

Usahakan jalan 10 ribu langkah setiap harinya. Ketimbang naik eskalator atau lift, pilihlah tangga. Naik kendaraan umum juga akan membuatmu lebih banyak berjalan.

4. Cemilan sehat

Membawa cemilan sehat ketika kamu keluar rumah. Gantilah kebiasaan membawa cemilan tak sehat seperti keripik kentang atau biskuit, menjadi buah-buahan.

5. Lihat label makanan

Ketika membeli makanan atau hendak mengkonsumsinya, jangan lupa untuk selalu melihat labelnya. Cek kandungan lemak, gula dan garam yang ada pada makanan tersebut. Pastikan jumlahnya tidak besar.

6. Perhatikan porsi

Gunakan piring yang lebih kecil saat makan dan minum segelas air sebelumnya. Kemudian, tunggulah selama lima menit dan cek kembali apakah kamu masih merasa lapar lagi.

7. Aktif bergerak

Kurangi waktu diam di satu tempat, seperti duduk selama beberapa jam. Cobalah untuk meningkatkan aktivitas fisik. Aktif bergerak akan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan kita. Sedangkan waktu yang dihabiskan untuk duduk diam cenderung terkait dengan berat badan berlebih dan obesitas.

8. Selektif memilih minuman

Pilihlah air putih dan batasi jus atau minuman berasa lainnya hanya satu gelas sehari

 9. Fokus pada makanan

Ketika makan, makanlah secara perlahan dan duduk di meja. Jangan melakukannya sambil terburu-buru atau menyambi kegiatan lain. Tubuh lebih bisa merasa kenyang jika kita makan tanpa gangguan. S

10. Makan sayur dan buah

Ketika makan, usahakan selalu mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah. Usahakan mengkonsumsi lima porsi setiap harinya, baik sayur segar, beku maupun kalengan. Sayur dan buah tinggi akan nutrisi dan menyimpan sedikit energi (low energy density). Makanan yang menyimpan sedikit energi cenderung memiliki kalori yang lebih rendah. Makan sayur dan buah sesuai jumlah yang dianjurkan akan membawa banyak manfaat kesehatan, termasuk mengurangi risiko kanker dan penyakit jantung koroner.

Leave a Reply