Jalan Tol Trans Jawa Dipasang Teknologi Singing Road Apa Itu

Uncategorized

https: img.okeinfo.net content 2020 01 15 320 2153150 jalan-tol-trans-jawa-dipasang-teknologi-singing-road-apa-itu-eSoMyiiDEm.jpgJalan Tol (Foto: Okezone)

PT Jasa Marga Ngawi Kertosono memasang Singing Road di jalan tol Trans Jawa di Jalan tol Ngawi-Kertosono-Kediri. Tujuannya untuk menekan jumlah angka kecelakaan lalu lintas, sebab setelah Singing Road dipasang angka kecelakaan pada ruas tersebut berkurang.

Dengan teknologi ini, para pengguna jalan akan mendengar bebrapa alunan nada. Bahkan, di beberapa titik pengguna jalan akan mendengarkan alunan nada Happy Birthday to You atau Selamat Ulang Tahun jika melewati jalan tol yang merupakan bagian Jalan Tol Trans Jawa tersebut.

Lantas apasih teknologi Singing Road ini sehingga bisa menciptakan alunan nada. Mengutip dari halaman BPJT Kementerian PUPR, Rabu (15/1/2020), singing road merupakan marka jalan berupa “Speed Trap” dengan ketebalan 3 milimeter.

“Rumbble Strip itu kemudian ditata dengan jarak berdekatan agar saat dilindas ban mobil akan terdengar suara hingga kabin,” bunyi keterangan tertulis tersebut.

Nada sangat jelas terdengar jika mobil bergerak dengan kecepatan 80-100 km per jam. Jika kecepatan mobil lebih atau kurang nada tersebut tidak akan terdengar dengan baik.

Inovasi yang baru diterapkan di jalan tol ini ditujukan untuk meningkatkan keselamatan dalam bekendara. Jalan Tol Trans Jawa yang didominasi jalan lurus dapat membuat pengendara jalan tol lengah.

Karena kondisi yang membosankan, rasa kantuk akan timbul saat melewati ruas jalan tol ini. Singing Road dipasang untuk mengembalikan fokus pengemudi agar dapat berkonsentrasi kembali.

Teknologi ini tepatnya dipasang di dua titik jalan tol Ngawi-Kertosono-Kediri.Adapun yang pertama, teknologi ini dipasang di Jalan Tol Ngawi – Kertosono – Kediri Km 616, namun pada titik tersebut hanya terdapat dua nada saja.

Selain itu, teknologi Singing Road kedua berada di Km 644+200 B (arah Madiun-Solo) yang terdiri dari enam nada. Enam nada yang terpasang ini menghasilkan nada lengkap, yaitu nada “happy birthday to you” atau selamat ulang tahun yang sudah dipasang dua pekan sebelum hari raya Natal 25 Desember 2019.

“(Pemasangan) dipilih berdasarkan hasil evaluasi di mana lokasi tersebut merupakan titik lelah pengendara, sehingga pengendara akan kurang fokus saat menyetir pada titik ini,” tulis keterangan tersebut.

Leave a Reply