Ingin Rumah Impian Tapi Bujet Pas-pasan? Ini Tips dan Triknya

HOT NEWS
Property Rumah
Ilustrasi Foto Property Rumah (iStockphoto)

Keinginan membeli rumah impian akan terwujud dengan usaha yang gigih. Meski dengan bujet pas-pasan, bukan tak mungkin Anda bisa beli rumah idaman yang aman dan nyaman.

Berkat aneka tips dan trik dari Swara Tunaiku di bawah ini, Anda mampu merealisasikan rencana pembelian rumah sesuai kebutuhan dan tentu saja selera. Utamanya, Anda harus konsisten dalam berusaha.

1. Melihat Kondisi Keuangan

Setiap kali membeli sesuatu, pasti akan melihat persediaan dana. Terlebih untuk membeli rumah, Anda pasti akan menghitung-hitung bujet yang tersedia secara teliti. Pasalnya, harga properti cenderung naik dari tahun ke tahun.

Bagaimanapun, Anda harus tahu persis kondisi finansial agar bisa menentukan range harga rumah yang akan dibeli. Pedoman ini harus tetap dipakai demi kelancaran dalam pembelian, baik secara tunai, maupun kredit.

Jika kondisi keuangan belum memadai untuk membeli rumah sesuai kebutuhan, Anda bisa mengumpulkan kembali dana pembelian rumah tersebut.


2. Menabung

Menabung
Ilustrasi menabung/copyright shutterstock

Menabung adalah salah satu cara mengamankan dana yang dimiliki. Bujet yang dikhususkan untuk membeli rumah bisa disisihkan dan tetap aman tidak terpakai untuk kebutuhan lain jika ditabung.

Agar lebih aman dan mudah dicek, buka saja rekening tabungan di bank. Anda juga lebih mudah dalam menyetorkan atau menambah dana ke rekening tabungan. Ingat, tetap konsisten menabung.

3. Mencari Sumber Pemasukan Tambahan

Setelah mengetahui kondisi finansial yang sebenarnya dengan pasti, Anda bisa menilai sejauh mana kemampuan dalam membeli rumah sampai saat ini.

Jika memang belum mampu membeli rumah sesuai impian, tidak ada salahnya mencari tambahan pemasukan. Terdapat banyak cara untuk mencari sumber pendapatan tambahan.

Pemasukan tambahan tersebut dapat berasal dari pekerjaan sampingan. Akan tetapi, perlu diingat bahwa pekerjaan sampingan tersebut tidak boleh mengganggu pekerjaan utama Anda.

Hal ini dilakukan agar kedua pekerjaan bisa berjalan lancar. Pendapatan tetap dari pekerjaan utama tetap lancar karena kinerja Anda tetap dinilai baik karena hasilnya optimal.


4. Mencari Rumah di Pinggir Kota

Property Rumah
Ilustrasi Foto Property Rumah (iStockphoto)

Mengingat bujet yang pas-pasan, Anda bisa mendapatkan rumah dengan harga lebih terjangkau jika membeli di daerah pinggir kota.

Meskipun di pinggir kota, Anda tetap bisa menemukan rumah berlokasi strategis dengan kriteria seperti yang Anda impikan.

Pilih saja rumah yang kapasitasnya memadai dan terletak dekat dengan jalan raya dan fasilitas umum.

5. Mengikuti Sistem KPR Termurah

Selain pembelian secara tunai, Anda bisa beli rumah impian dengan sistem kredit menggunakan pembiayaan KPR (Kredit Pemilikan Rumah).

Program ini mempunyai ketentuan yang berbeda antara satu bank dengan bank lainnya. Anda bisa menanyakan langsung bagaimana ketentuan lengkap program KPR di beberapa bank terpercaya.

Pastikan produk KPR-nya punya bunga rendah dan penalti yang tidak akan merugikan. Jadi, periksa semua ketentuannya agar Anda bisa membayarkan angsuran dengan lancar dan tepat waktu sampai lunas.


6. Mencari Developer Berkompeten

Akuisisi
Ilustrasi – perjanjian bisnis (cloudpro)

Pembelian rumah harus dilakukan dengan cermat dan hati-hati. Setiap pihak yang bersangkutan harus dipastikan kredibilitasnya.

Anda harus memastikan kredibilitas developer, yaitu pihak yang mencarikan rumah. Akan lebih baik lagi, jika developer tersebut adalah rekanan atau relasi keluarga atau teman Anda. Jika tidak, pilihlah developer yang sudah terkenal berkompeten.

Banyak cara untuk mencapai tujuan. Melalui tips dan trik di atas, rumah impian bisa berada di tangan Anda.

Di zaman yang serba modern ini, survei rumah sesuai kebutuhan dan bujet juga sudah canggih. Anda bisa melihat situs penawaran rumah modern dan melihat spesifikasinya.

Untuk memastikannya, jangan lupa lakukan survei langsung dan pilih developer yang terpercaya

Leave a Reply