Ingat, Jangan Gunakan Kartu Kredit di Saat Kondisi Seperti ini

BISNIS HOT NEWS
Gesek Mesin Kartu Kredit
Ilustrasi Foto Gesek Kartu Kredit (iStockphoto)

Kartu kredit sudah jadi produk keuangan yang begitu tak asing di telinga dan banyak digunakan oleh berbagai kalangan masyarakat. Tingkat penggunaan alat pembayaran yang satu ini makin tinggi setiap tahunnya.

Banyak alasan mengapa minat menggunakan kartu kredit semakin besar. Salah satunya jumlah penawaran menarik yang banyak dan cukup menguntungkan.

Selain itu, kemudahan dan kenyamanan bertransaksi dengan kartu kredit tentu jadi pertimbangan penting lainnya, bukan?

Jika Anda termasuk orang yang senang melakukan transaksi dengan kartu kredit, Anda tentu memahami bagaimana produk ini memberikan banyak kemudahan dan keuntungan dalam setiap transaksi yang Anda lakukan.

Pun demikian, setiap transaksi pembelanjaan yang Anda lakukan dengan kartu kredit ini tentu harus dilakukan dengan terencana dan hati-hati. Jangan sampai penggunaan kartu kredit Anda justru menimbulkan masalah di dalam keuangan, hanya karena kondisi keuangan sedang tidak mendukung berbagai pembelanjaan yang dilakukan.

Bukannya mendapatkan keuntungan, penggunaan kartu kredit yang seperti ini akan berakhir dengan sejumlah masalah keuangan di masa yang akan datang. Jadi, jangan gunakan kartu kredit saat kondisi Anda seperti ini, sebagaimana dikutip dari Cermati.com.

1. Tak Punya Anggaran Keuangan yang Tepat

Berapapun penghasilan Anda, wajib memiliki rencana keuangan yang akurat setiap bulannya. Hal ini bahkan semakin penting jika sudah terbiasa menggunakan kartu kredit sebagai alat pembayaran, mengingat Anda akan berutang untuk setiap pembelanjaan yang Anda lakukan.

Jika tak punya anggaran keuangan yang tepat, maka hindari penggunaan kartu kredit. Sebab hal ini berisiko membuat Anda belanja di luar kemampuan keuangan yang dimiliki.

Hal yang sama juga perlu Anda lakukan, jika ternyata selama ini selalu gagal merealisasikan rencana keuangan dengan tepat sasaran.


2. Tidak Memiliki Kontrol yang Baik saat Berbelanja

[Bintang] Perempuan
Ilustrasi belanja online (Sumber Foto: Pexels)

Belanja memang sering jadi aktivitas menyenangkan, terutama ketika Anda bisa menemukan berbagai barang yang Anda butuhkan dan membawanya pulang.

Namun jika Anda termasuk orang yang sulit meredam keinginan belanja dan sering kehilangan kontrol, maka bukan tidak mungkin berbagai barang yang tidak benar-benar dibutuhkan juga akan Anda beli.

Hal ini sangat berbahaya, sebab bisa membuat tagihan kartu kredit Anda membengkak di bulan berikutnya. Jangan gunakan kartu kredit untuk berbelanja ketika Anda tidak memiliki kontrol yang baik untuk mengerem berbagai keinginan belanja Anda.

3. Tidak Ada yang Mengingatkan Anda

Belanja dan memenuhi berbagai keinginan memang menyenangkan, bahkan bisa saja membuat Anda sampai terlena dan sulit berhenti. Sementara jika ini terus dilanjutkan, maka berbagai tagihan akan menghabiskan limit kartu kredit Anda.

Idealnya Anda memiliki seseorang yang bisa mengingatkan Anda untuk segera berhenti belanja, misalnya: teman, kerabat, sahabat, orangtua, pasangan, atau bahkan perangkat tertentu yang bisa membantu. Jika Anda tidak memiliki satupun pengingat seperti ini, maka segera hentikan penggunaan kartu kredit Anda saat aktivitas belanja sudah berlebihan.


4. Tak Cermat Mengawasi Kartu Kredit dan Tagihan

Kartu Kredit
Ilustrasi Foto Kartu Kredit (iStockphoto)

Kartu kredit Anda harus disimpan dan digunakan dengan hati-hati, agar orang lain tidak memakainya untuk berbagai pembelanjaan (baik yang Anda ketahui maupun yang tidak diketahui). Hindari untuk terlalu mudah meminjamkan kartu kredit Anda kepada orang lain, bahkan kepada saudara sendiri.

Hal ini bisa saja membuat tagihan Anda membengkak, termasuk untuk berbagai transaksi yang tidak Anda lakukan sendiri dengan kartu kredit tersebut. Ini bahkan akan semakin buruk, jika ternyata Anda termasuk orang yang malas memeriksa tagihan kartu kredit setiap bulannya.

5. Ternyata Punya Kebiasaan Boros

Hobi belanja dan sering membeli berbagai barang di luar rencana, Anda tentu kerap memboroskan banyak uang untuk hobi yang satu ini. Kebiasaan boros ini sangat berbahaya dan bisa saja membuat tagihan kartu kredit membengkak.

Apalagi jika Anda memiliki limit yang cukup besar di kartu Anda. Untuk Anda yang boros, belanja dengan menggunakan kartu kredit bukanlah pilihan yang tepat.n


6. Impulsif dan Mudah Tergoda untuk Belanja

Awas! Jangan Sampai Kamu Kena 4 Modus Penipuan Kartu Kredit Ini
Ilustrasi penipuan uang.

Bagi Anda yang sulit membedakan kebutuhan dengan keinginan, maka bisa dipastikan Anda akan begitu mudah tergoda untuk berbelanja. Sifat impulsif ini tentu membuat Anda mudah menggesek kartu kredit.

Hal ini sangat berisiko bagi keuangan dan akan membuat tagihan kartu kredit Anda menggunung setiap bulannya. Daripada mengalami kesulitan dan masalah keuangan akibat godaan belanja seperti ini, menghindari penggunaan kartu kredit saat belanja tentu akan jauh lebih mudah untuk Anda lakukan.

Gunakan Kartu Kredit dengan Disiplin dan Terencana

Kartu kredit memang menawarkan banyak kemudahan bagi penggunanya, namun produk ini juga bisa memicu masalah di dalam keuangan. Hentikan sementara penggunaan kartu kredit jika kondisi keuangan Anda tidak mendukung.

Pastikan Anda selalu menggunakan kartu kredit Anda dengan disiplin dan terencana, sehingga kondisi keuangan tetap aman dan berbagai pembelanjaan yang tidak perlu bisa dihindari dengan baik.

Leave a Reply