Ekonomi Bisnis The Big Start Indonesia: JNE Bagikan Tips “Packaging” Aman untuk Pelaku UMKM

Sejumlah pembicara dalam Media Gathering The Big Start Indonesia Musim 3 di Yogyakarta, Kamis (26/7/2018).  Mereka (dari kiri ke kanan) yaitu Senior Marcom dan Manajer Humas Blibli.com Lani Rahayu, Pemimpin Cabang JNE Yogyakarta Adi Subagyo, pendiri Faarisa Muslim Wear Ocha Faarisa, pendiri Gaba Gaba Leather Fathurohman Alwathoni, dan Senior Brand Strategy Manager Blibli.com Maria Hermina .

Pelaku bisnis logistik JNE membagikan tips bagaimana mengemas atau melakukan proses pengemasan yang baik bagi pelaku UMKM yang berjualan lewat platform e-commerce. Masalah kemasan karena JNE menemukan sebagian besar barang yang tidak dibeli adalah karena pengemasan yang tidak tepat, menyebabkan ada retur atau pengembalian barang yang mengganggu biaya lebih. “Produknya bagus dan sebenarnya bisa dijual, tapi kemasan tidak menarik, juga tidak terjual. Ini jadi PR kita,” kata Branch Manager JNE Yogyakarta Adi Subagyo saat ditemui Kompas.com di Yogyakarta, Kamis (26/7/2018). Beberapa hal yang perlu diperhatikan, tutur Adi, pertama adalah karakter dari barang atau produk itu sendiri.

Barang yang dijual bisa tahan lebih dari sehari atau tidak. “Pillih servis yang sesuai dengan produk. Kalau di kami ada YA (Yakin Esok Sampai), satu hari sampai. Tapi kalau bisa lebih dari sehari, pakai yang reguler,” tutur Adi. Hal lainnya adalah bahan yang digunakan untuk mengemas produk, yaitu menggunakan bahan yang memiliki daya tahan dan lebih efisien. JNE sendiri mulai memotong bahan-bahan dari kayu dan menggantinya dengan kardus yang lebih terang atau memiliki dua dinding. “Kami menggunakan boks yang ketebalannya ada dua dinding yang sudah kami uji cobakan.

Dibanting, ditindih, dilempar dalam ketinggian tertentu itu cukup aman, “ujar Adi. Dalam hal barang yang dikirim adalah pecah belah atau rapuh, Adi menyebut ada tim di JNE yang khusus membantu bagaimana penempatan atau posisi barang-barang agar tidak mudah rusak. Bantuan yang khusus bagi para pelaku UMKM di Yogyakarta yang berjualan di platform e-commerce untuk membantu yang masih melakukan pengemasan. “Jika misalnya mereka sedang membuat kemasan yang menarik dan bagus, kami akan membantu,” ucap Adi.

Slimming Candy (Permen Pelangsing) http://idx8.xyz/r/1180/63739/

Masker Wajah (Skinlight Spirulina)   http://idx7.xyz/r/1198/63739/    

Cara mudah untuk membuat situs web sendiri: https://client.dewaweb.com/aff.php?aff=2
Kartu chip ajaib penghemat pulsa   http://idt8.com/r/1253/63739

http://idt8.com/r/1447/63739/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares