Hingga Akhir 2018, BI Gunakan 2 Acuan Pasar Uang Antar-Bank

Uncategorized

Bank Indonesia sebagai Bank Sentral Republik Indonesia.

Bank Indonesia akan memberlakukan “Indonia” sebagai acuan baru suku bunga Pasar Uang Antar Bank (PUAB). Meskipun demikian, bank sentral masih akan mempertahankan Jakarta Interbank Offered Rate (JIBOR) hingga Desember 2018. Dengan demikian Bank Indonesia (BI) akan menggunakan dua acuan PUAB mulai pekan depan hingga Desember 2018 mendatang sebagai bagian dari proses transisi. “JIBOR masih akan jalan terus.

Ada transisinya nanti hingga market terbentuk. Yang akan dipakai Indonia,” jelas Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Moneter Bank Indonesia Nanang Hendarsyah, Selasa (24/7/2018). Indonia sendiri merupakan acuan dari suku bunga satu malam (overnight), sementara JIBOR memiliki tenor yang lebih panjang, yakni satu pekan hingga 12 bulan. Nanang menjelaskan, nantinya BI akan memonitor data-data riil transaksi overnight dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB. Hasil dari pemantauan tersebut akan dilaporkan kepada Laporan Harian Bank Umum (LBHU). Kemudian, pukul 19.00 WIB BI akan merilis data tersebut dan akan menjadi benchmark suku bunga PUAB oleh perbankan.

“Inilah yang dilakukan di negara-negara maju, kalau di Inggris namanya Sonia (Sterling Overnight Index Average),” jelas Nanang. Nanang menuturkan, pada hari Selasa (24/7/2018) ini, JIBOR berada pada posisi 5 persen, dan BI akan terus menjaga posisi tersebut dekat dengan policy rate 5,25 persen. “Hal ini supaya policy rate kita credible. Kalau terlalu jauh akan menimbulkan ketidak pastian di market,” ujar dia. Indonia nantinya akan digunakan oleh bank untuk melakukan lending, pricing deposit, dan termasuk untuk premi swap. Karena, BI membutuhkan benchmark market rate dengan tenor pendek, terutama 1 bulan dan 3 bulan. Selain itu, Indonia akan menjadi basis untuk pasar menciptakan instrumen overnight index swap (OIS). Setelah OIS terbentuk maka pasar akan memiliki instrumen hedging baru, yaitu Interest Rate Swap (IRS).

Slimming Candy (Permen Pelangsing) http://idx8.xyz/r/1180/63739/

Masker Wajah (Skinlight Spirulina)   http://idx7.xyz/r/1198/63739/    

Cara mudah untuk membuat situs web sendiri: https://client.dewaweb.com/aff.php?aff=2
Kartu chip ajaib penghemat pulsa   http://idt8.com/r/1253/63739

http://idt8.com/r/1447/63739/

ko

Leave a Reply