Fungsi Obat Dexamethasone Ketahui Efek Sampingnya

KESEHATAN
Suntikan dan obat (iStock)
Ilustrasi steroid. (iStockphoto)

 Fungsi obat dexamethasone kerap digunakan untuk mengatasi sejumlah masalah kesehatan. Deksametason adalah kortikosteroid yang mencegah pelepasan zat dalam tubuh yang menyebabkan peradangan.

Fungsi obat dexamethasone dapat meringankan gejala berbagai penyakit yang diakibatkan oleh peradangan. Dexamethasone hadir dalam bentuk tablet oral, larutan oral, tetes mata, dan obat tetes telinga. Fungsi obat dexamethasone juga dapat digunakan dalam bentuk solusi injeksi atau solusi intraokular yang diberikan setelah operasi.

Dokter dapat memberikan resep dexamethasone saat seseorang mengalami peradangan atau gangguan adrenal. Fungsi obat dexamethasone memberikan kelegaan bagi area tubuh yang meradang. Fungsi obat dexamethasone pastinya harus dipahami bagi siapapun yang mengonsumsinya.

Fungsi obat dexamethasone akan bekerja dengan baik jika dikonsumsi sesuai dengan dosis yang telah diresepkan. Berikut ulasan mengenai fungsi obat dexamethasone yang berhasil dirangkum


Mengenal Dexamethasone

Obat PCC
Ilustrasi Foto Obat(iStockphoto)

Dexamethasone adalah obat resep yang tersedia sebagai tablet oral, larutan oral, tetes mata, dan obat tetes telinga. Dexamethasone juga tersedia dalam bentuk injeksi atau intraokular yang diberikan setelah operasi.

Tablet oral Dexamethasone digunakan untuk mengobati banyak kondisi. Ini termasuk peradangan, reaksi alergi, dan maraknya kolitis ulserativa. Mereka juga termasuk kekurangan adrenal. Dexamethasone dapat mengatasi berbagai macam masalah perdangan. Meski begitu, penggunaan obat ini dalam jangka panjang sangat tidak disarankan.


Cara kerja dexamethasone

Obat
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/megaflopp

Dexamethasone termasuk dalam kelas obat yang disebut steroid. Kelas obat adalah sekelompok obat yang bekerja dengan cara yang sama. Steroid adalah hormon versi buatan manusia. Steroid dirancang untuk bertindak seperti hormon-hormon ini untuk mengurangi peradangan.

Dengan kondisi tertentu, peradangan dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh menjadi terlalu aktif. Ini bisa merusak jaringan tubuh. Steroid seperti deksametason membantu memblokir respons sistem kekebalan terhadap peradangan.

Dexamethasone juga bekerja untuk kondisi kekurangan adrenal. Kelenjar adrenal membantu mengontrol fungsi tubuh tertentu. Fungsi-fungsi ini termasuk mengelola glukosa darah, melawan infeksi, dan mengendalikan stres. Pada orang dengan insufisiensi adrenal, kelenjar adrenal melepaskan sejumlah hormon tertentu. Dexamethasone membantu menggantikan hormon-hormon ini.


Fungsi obat dexamethasone

Obat PCC
Ilustrasi Foto Obat (iStockphoto)

Tablet oral deksametason digunakan untuk mengobati kondisi yang menyebabkan peradangan, kondisi yang berkaitan dengan aktivitas sistem kekebalan tubuh, dan defisiensi hormon. Kondisi-kondisi ini meliputi:

– peradangan

– reaksi alergi

– rheumatoid arthritis dan penyakit rematik lainnya, termasuk ankylosing spondylitis, psoriatic arthritis, juvenile rheumatoid arthritis, lupus, dan arthritis akut.

– penyakit kulit, seperti pemfigus, eritema multiforme parah (sindrom Stevens-Johnson), dermatitis eksfoliatif, dermatitis herpetiformis bulosa, dermatitis seboroik parah, psoriasis parah, atau mikosis fungoides.

– flare-up penyakit usus, seperti kolitis ulserativa

– flare-up multiple sclerosis atau myasthenia gravis

– pra-perawatan untuk kemoterapi untuk mengurangi peradangan dan efek samping dari obat kanker

– insufisiensi adrenal (suatu kondisi di mana kelenjar adrenal tidak menghasilkan hormon yang cukup)


Efek samping umum dari dexamethasone

minum obat
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/Have a nice day Photo

Tablet oral Dexamethasone tidak menyebabkan kantuk, tetapi dapat menyebabkan efek umum samping lainnya. Jika efek ini ringan, mereka dapat hilang dalam beberapa hari atau beberapa minggu. Efek samping dari tablet dexamethasone diantaranya adalah:

– mual

– muntah

– sakit perut

– pembengkakan (edema)

– sakit kepala

– pusing

– perubahan suasana hati, seperti depresi, perubahan suasana hati, atau perubahan kepribadian

– kesulitan tertidur

– kegelisahan

– kadar kalium rendah (menyebabkan gejala seperti kelelahan)

– glukosa darah tinggi

– tekanan darah tinggi

– masalah penglihatan, termasuk penglihatan kabur.


Peringatan sebelum mengonsumsi dexamethasone

Ranitidin
Ilustrasi obat medis dan jarum suntik (Foto:Arek Socha dari Pixabay)

Peringatan kerusakan jantung

Jika Anda baru saja mengalami serangan jantung, Anda mungkin berisiko lebih tinggi untuk kerusakan jantung lebih lanjut dari obat ini. Sebelum mendapatkan obat ini, pastikan dokter tahu tentang riwayat serangan jantung yang pernah dialami.

Peringatan infeksi

Dexamethasone dapat menutupi atau memperburuk infeksi tertentu. Selain itu, infeksi dapat berkembang selama perawatan. Jangan gunakan obat ini jika memiliki infeksi jamur, riwayat infeksi parasit atau TBC. Beri tahu dokter tentang penyakit atau infeksi di masa lalu.

Peringatan masalah mata

Menggunakan deksametason untuk waktu yang lama dapat menyebabkan masalah mata seperti katarak atau glaukoma. Obat ini juga dapat menyebabkan kerusakan pada saraf optik, atau infeksi mata jamur atau virus.


Peringatan sebelum mengonsumsi dexamethasone

23 Website Penjual Obat Ilegal Diblokir
Ilustrasi obat (ist.)

Peringatan campak atau cacar air

Beri tahu dokter jika belum pernah menderita cacar air atau campak, atau jika Anda belum mendapatkan vaksin untuk mencegahnya. Anda bisa mendapatkan versi yang lebih serius dari penyakit-penyakit ini jika mengalaminya saat meminum deksametason.

Peringatan reaksi anafilaksis

Dalam kasus yang jarang terjadi, obat ini dapat menyebabkan reaksi anafilaksis. Ini adalah reaksi alergi parah yang bisa mengancam jiwa. Gejalanya bisa berupa pembengkakan pada wajah dan tenggorokan, dan kesulitan bernapas. Jika Anda memiliki riwayat reaksi alergi terhadap kortikosteroid, beri tahu dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *