Efek Positif Olahraga Sambil Dengar Musik

LIFESTYLE

Sebuah penelitian membuktikan, mendengar Marvin Gaye ‘I Heard It Through The Grapevine’ saat sedang melakukan aktivitas fisik, dapat menstimulasi area otak yang mengurangi kelelahan .  Mendengarkan musik saat berolahraga tidak hanya bisa meningkatkan mood, tapi juga mengaktifkan bagian otak yang mencegah rasa kelelahan. .

Mereka hanya mendengarkan lagu selama 11 menit, dan membuat merasa latihan fisik sudah diselesaikan dalam 60 detik. Mereka juga merasakan, rutinitas mereka agak jauh dari kesan monoton, dan bahkan lebih mudah dilakukan ketika lagu dimainkan. Musik memainkan peran penting dalam memberikan lebih banyak kegembiraan, dan mengalihkan pikiran ke hal-hal yang tak terkait dengan “beban” yang ada di depan mata. Musik pun membantu menghindari kebosanan.

. Temuan ini diamati setelah para peneliti mengamati perubahan di area tertentu di otak.  “Musik adalah stimulus pendengaran yang sangat kuat dan dapat digunakan untuk meredakan sensasi tubuh negatif yang biasanya timbul selama situasi yang berhubungan dengan latihan.” “Respons psikofisik ini dipicu oleh mekanisme perhatian yang pada akhirnya akan menghasilkan kontrol yang lebih manjur terhadap otot-otot.” Demikian penjelasan Bigliassi yang dikutip laman PsyPost. “Apa yang telah kami identifikasi dalam penelitian ini adalah bahwa gyrus frontal inferior kiri aktif ketika individu berolahraga bersamaan dengan musik.”

“Wilayah otak ini tampaknya menjadi pusat integrasi sensorik, memproses informasi dari sumber eksternal dan internal,” kata Bigliassi. Baca juga: 4 Olahraga untuk Mereka yang Punya Napas Pendek Efek positif mendengarkan musik ketika jogging juga berimplikasi bagi mereka yang berjuang dengan obesitas atau diabetes. Sebelumnya, sebuah penelitian menemukan bagaimana mendengarkan musik saat berjalan dapat meningkatkan energi, dan meningkatkan fokus mental, serta memicu rasa santai.

Leave a Reply