Diapresiasi Menteri, Grab Ventures Velocity Angkatan 3 Resmi Dibuka

BISNIS HOT NEWS

Diapresiasi Menteri, Grab Ventures Velocity Angkatan 3 Resmi Dibuka©Grab

Grab Ventures Velocity (GVV) Angkatan 3 akhirnya resmi dibuka. Antusiasme pun datang dari beragam pihak. Bukan hanya dari para talenta digital di Indonesia, tetapi apresiasi juga datang dari pemerintah. Hal ini diketahui, setelah dua kementerian hadir dalam pembukaan GVV di CoHive, Plaza Kuningan, Jakarta.

Dalam kesempatan tersebut, tampak hadir Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki mengatakan sebagai tulang punggung pertumbuhan ekonomi di tanah air, pemerintah telah melakukan upaya berkelanjutan untuk mendukung UKM melalui berbagai pelatihan dan program. Dengan bantuan teknologi, kami berharap UKM dapat mengembangkan dan memperluas bisnisnya.

“Melalui Grab Ventures Velocity, saya sangat menantikan hadirnya startup – startup potensial yang dapat memberikan solusi digital bagi UKM di bidang restoran untuk dapat menumbuhkan bisnisnya, mengurangi biaya. dan melancarkan operasionalnya; serta startups yang dapat mendigitalisasi dan mengoptimalkan rantai pasokan ke warung,” ujar Teten.

grab baru

(c)Grab

“Bersama, kita dapat membuat dampak sosial bagi UKM ini serta bekerja beriringan dengan pemerintah kedepannya,” tambah Teten Masduki.

Upaya Grab Ventures untuk mendukung startup Indonesia semakin maju dan berkembang juga mendapatkan apresiasi dari Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate. Menurutnya, Indonesia telah dikenal sebagai ladang yang potensial bagi startup untuk berkembang, apalagi dengan bermunculannya unicorn-unicorn besar di Asia Tenggara.

“Dengan ekosistem dan dukungan pemerintah yang berkelanjutan, peningkatan talenta digital di Indonesia juga menjadi kunci penumbuhan startup dalam negeri. Program Grab Ventures Velocity tentunya menjadi langkah tepat untuk membimbing talenta digital, dan kami berharap dapat mendorong ekonomi digital di Indonesia,” ujar Johnny G. Plate.

grab baru

(c)Grab

Neneng Goenadi, Managing Director Grab Indonesia mengatakan selama beberapa tahun ini ekosistem startup Indonesia tumbuh dengan baik dan terbukti mampu menjadi ekosistem startup yang kuat.

“Grab telah memasuki tahun ke-6 beroperasi di Indonesia dan perjalanan panjang ini juga membuat kami memahami apa saja tantangan dan kebutuhan yang dihadapi perusahaan startup yang sedang berkembang di tanah air. Melalui GVV kami berharap dapat meningkatkan kualitas startup tanah air melalui bimbingan dan juga akses pasar sehingga bisa mendukung upaya pemerintah untuk mendorong ekonomi digital,” jelas Neneng

Selain peluncuran GVV Angkatan 3, Grab juga melakukan kemitraan strategis dengan BRI Ventures, perpanjangan tangan dalam bidang VC (Venture Capital) dari bank BUMN terbesar yakni Bank Rakyat Indonesia (BRI). Kerjasama ini sekaligus untuk mendukung pertumbuhan ekosistem startup di Indonesia.

grab baru

(c)Grab

Kedua entitas akan menyatukan ekosistem Grab dan BRI untuk menciptakan peluang pertumbuhan yang unik bagi startup baru di Indonesia.

“BRI Ventures percaya bahwa sangat penting untuk mendukung ekosistem startup dalam rangka mempercepat inklusi keuangan dan ekonomi digital Indonesia. Karena itu, kami sangat senang bisa berkolaborasi dengan Grab yang memiliki visi yang sama dengan kami. Semoga usaha bersama ini akan mendorong ekosistem startup yang pada akhirnya mempercepat pertumbuhan ekonomi Indonesia,” kata CEO BRI Ventures, Nicko Widjaja.

Selain dengan Bank BRI, Grab juga berkolaborasi dengan CoHive sebagai venue partner dan Daily Social sebagai preferred content partner pada GVV Batch 3. Dengan kemitraan ini, Grab akan semakin menciptakan sinergi dari berbagai pihak dalam ekosistem startup dan memperkuat posisinya untuk mendukung pengembangan startup di Indonesia.

grab baru

(c)Grab

Pendaftaran GVV Angkatan 3 saat ini telah dibuka dan dapat diikuti oleh semua startup di Indonesia dan Asia Tenggara. Startup yang terpilih sebagai Angkatan 3 nantinya akan memperoleh bimbingan dari para ahli C-Level di bidang startup serta kesempatan untuk mengetes proyek pilot mereka di platform Grab serta akses kepada basis pelanggan Grab yang luas.

Adapun kehadiran program ini tidak lepas dari kesuksesan Grab Ventures dalam mendukung kemajuan startup TaniHub dan Qoala yang merupakan dua di antara lulusan GVV Angkatan 2. Seperti diketahui, Grab Ventures Velocity (GVV) merupakan perpanjangan tangan dari inovasi terbaru dan usaha ventura Grab yang telah dimulai sejak tahun 2018. Tahun ini, GVV Angkatan 3 mengusung tema besar yakni “Memberdayakan Pengusaha Mikro” dengan dua jalur berbeda yaitu Restaurant Value Add Services dan B2B Logistic.

Jalur pertama bertujuan untuk merangkul startup yang menghadirkan solusi digital bagi pemilik UKM di bidang restoran untuk restoran sehingga dapat menumbuhkan bisnisnya, mengurangi biaya, dan melancarkan operasionalnya. Sementara, jalur kedua menargetkan startup yang dapat menghadirkan disrupsi digital dalam industri logistik dengan inovasi dalam warehousing dan trucking space.

Pendaftaran GVV Angkatan 3 sudah dibuka dari tanggal 3 sampai 31 Maret 2020, dan usaha rintisan yang ingin ikut GVV dapat membaca informasi selengkapnya di sini. Sementara untuk pendaftaran, sila klik di sini

Leave a Reply