Cara Ini Bisa Diterapkan “Startup” untuk Mendapatkan Investor

EKONOMI

Untuk meluncurkan startup atau memperluas bisnis adalah salah satu yang penting adalah mencari investor . Tidak peduli seberapa hebat produk atau ide bisnis Anda, seberapa efisien dapat beroperasi, dan seberapa besar perusahaan sudah tumbuh, modal dan pengaruh keuangan pasti akan menjadi kebutuhan. Bahkan perusahaan-perusahaan yang punya pendanaan baik hingga miliaran dolar dan bernilai jutaan dolar pasti pernah terlibat dalam putaran penggalangan dana yang mungkin lebih banyak dari apa yang bisa dibayangkan. Ada lebih dari satu cara untuk mendapatkan perhatian para pemilik modal  supaya mau menyuntikkan dananya untuk meningkatkan bisnis Anda. Berikut beberapa cara agar perusahaan Anda semakin dilirik para pencari modal yang disarankankan oleh Alejandro Cremades, seorang kontributor di Forbes, pengusaha dan penulis buku best seller “The Art of Startup Fundraising” :

1. Gunakan Platform

Penggalangan Dana Online Beberapa tahun terakhir banyak platform penggalangan dana online lahir. Mereka menjadi sangat populer dengan investor individu yang merambah online dan terpercaya, bagaikan “malaikat”, dan bahkan bank dan investor korporasi mencari cara-cara baru untuk mengucurkan modal mereka. Hal ini biasanya investor jalankan dari situs peer-to-peer (P2P) lending yang menawarkan pinjaman bisnis kepada portal crowdfunding yang berbasis donasi, pinjaman, dan ekuitas.

2. Menghadiri Berbagai Acara

Sukses dalam bisnis dan pencarian dana adalah tentang visibilitas, mendapatkan perhatian oleh investor yang tepat, tentang siapa yang Anda kenal, dan siapa yang mengenal Anda. Menghadiri acara adalah cara yang bagus untuk sampai pada titik itu. Cobalah untuk mencari tahu siapa yang menghadiri acara tersebut sebelum waktu dan jadwal mereka tidak bisa Anda manfaatkan dalam kesemapatan lain. Ini bisa jadi kesempatakan emas untuk menghadirkan peluang Anda sendiri dan bertemu investor aktif yang ada di sana, terlibat dalam maraton pencarian dana, atau hanya bergabung sekedar untuk untuk menambah jaringan profesional. Untuk maju dari persaingan dan mengambil rute yang lebih aktif, pertimbangkan untuk menghadiri acara di mana investor yang Anda incar akan hadir di sana.

3. Media Sosial

Media sosial bisa jadi sahabat baik Anda sebagai startup atau pengusaha individu yang ingin menguji pasar, mendapatkan traksi, hingga menarik investor. Media sosial menjadi tempat yang bisa membuat apapun mudah ditemukan, dan masih merupakan salah satu metode yang paling efektif dalam menjangkau berbagai kalangan. Anda bisa mencoba dengan memposting secara berkala dengan pembaruan perusahaan yang Anda atur sendiri, atau mengambil cara yang lebih aktif dengan berkolaborasi atau influencer untuk jadi sponsor. Pesan langsung juga bisa sangat membnatu. Jika Anda bisa mendapatkan pegangan profil sosial dari investor yang pas, mungkin hanya diperlukan satu pesan bagus untuk terhubung dengan investor modal yang dibutuhkan startup Anda. Jika berbicara media sosial, berikut adalah beberapa yang paling populer yakni LinkedIn, Facebook, Twitter, dan Instagram.

4. Blog

Blogging mungkin jadi metode yang diremehkan untuk menarik perhatian investor ini, menceritakan kisah Anda dan mengungkapkan pemikiran kepada calon investor jika ingin berinvestasi kepada perusahaan Anda. Namun, tetap pula untuk terlihat melalui pada setiap rangkaian penggalangan dana. Bahkan tanpa situs web atau blog Anda sendiri, Anda dapat mempublikasikan melalui media sosial atau LinkedIn. Selain itu, pilihan bagus lainnya adalah membaca dan masuk ke blog para investor yang Anda menjadi target. Mereka kadang membaca semua komentar dan sering menanggapi beberapa diantaranya. Tinggalkan komentar yang bijaksana agar mendapat perhatian meraka dan mulai membangun hubungan dari sana.

5. Email

Email sederhana telah terbukti bisa menarik perhatian investor bahkan vice president yang terkemuka. Mereka bahkan bertanggung jawab atas peluncuran beberapa startup yang sangat penting.

6. Mecoba Peruntungan ke Kompetisi Start Up

Program kompetisi startup mejadi populer karena terbuka untuk aplikasi maupun wirausahawan yang serius. Jika diterima, Anda mungkin akan mendapatkan dana sementara untuk terus mengembangkan usaha Anda tersebut, atau mungkin dikenalkan kepada investor lain, mendapat saran bisnis, dan bantuan dalam menyusun putaran penggalangan dana di masa mendatang. Pastikan Anda mengetahui ketentuan dan mencari kecocokan sebelum mengajukan permohonan, atau menerima bantuan. Biasanya program kompetisi termasuk dalam hari demo mereka. Ini adalah ketika startup menghadiri program penilaian kepada investor. Disarankan untuk melakukan riset ekstensif untuk memverifikasi jenis kisah sukses dan rekam jejak dari program kompetisi tersebut.

7. Coba Bagikan Produk Anda

Penggalangan dana dan pertumbuhan harus strategis untuk menjadi sukses. Namun, terlalu banyak pengusaha dan perusahaan rintisan yang tidak cukup fokus untuk menempatkan produk atau layanan mereka cukup menarik di tangan pelanggan, influencer, dan pada gilirannya, di depan para investor. Jika Anda bisa memperoleh pelanggan yang sudah nyata misalnya orang-orang dekat Anda, akan mengurangi tekanan untuk ini-itu. Ketika bisa melakukannya, Anda mungkin dapat mencapai hal yang lebih baik, hingga mendapat investor yang lebih baik. Jika penjualan terasa sulit, maka bisa menerapkan model bisnis gabungan yang dapat membantu menempatkan produk Anda di pasar dan mulai merangkaklah dari sana.

Leave a Reply