Cara Cek IMEI iPhone dan Android, Pastikan Bukan Ponsel Ilegal

BISNIS HOT NEWS
Cara Cek IMEI iPhone dan Android
Cara mengecek IMEI ponsel. Liputan6.com/Iskandar

Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mulai melakukan uji coba skema pemblokiran ponsel Black Market (BM) atau dengan IMEI ilegal. Uji coba akan dilakukan pada 17 Februari 2020 hingga hari ini, 18 Februari 2020.

Menurut Kasubdit Kualitas Pelayanan dan Harmonisasi Standar Kemkominfo, Nur Akbar Said, dalam uji coba ini ada dua skema yang akan digunakan, yakni blacklist dan whitelist.

Untuk blacklist, ponsel BM atau ilegal akan mendapat notifikasi perangkat tersebut ilegal, Namun, pemerintah belum memutuskan berapa lama notifikasi akan diterima konsumen setelah ponsel diaktifkan. Sedangkan mekanisme whitelist membuat ponsel yang sejak awal terdeteksi BM tidak mendapat sinyal.

Penerapan tata kelola IMEI untuk mengatasi peredaran ponsel BM ini akan diberlakukan secara efektif mulai 18 April 2020. “Ponsel BM yang sekarang sampai April tidak ada masalah, ini bicara ke depan setelah April. Setelah itu diberlakukan,” tutur Ismail selaku Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kemkominfo.

Nah agar ponselmu tetap bisa digunakan sampai, tidak ada salahnya cek IMEI untuk memastikan ponselmu barang BM atau bukan. Berikut cara cek IMEI iPhone dan Android yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (18/2/2020).


Mengenal tentang IMEI pada Ponsel

Cara Cek IMEI iPhone dan Android
IMEI pada Ponsel

Sebelum mengetahui cara cek IMEI ketahui dulu apa arti IMEI. Setiap ponsel yang beredar di pasaran pastinya memiliki IMEI. IMEI merupakan singkatan dari International Mobile Equipment Identity. IMEI setiap ponsel selalu berbeda-beda. Nomor IMEI biasanya terdiri 15-16 digit.

Nomor IMEI menyimpan data-data penting di ponsel. IMEI yang tercatat di Kemenperin akan dianggap sebagai ponsel legal. Jika tidak tercatat maka akan dianggap ponsel ilegal.


Fungsi IMEI pada Ponsel

IMEI merupakan bagian penting di setiap smartphone atau ponsel. Namun, tidak banyak orang menyadari betapa pentingnya keberadaan IMEI. Ketika ingin membeli smartphone, penting sekali untuk melakukan pengecekan terlebih dahulu.

Hal ini berguna untuk memastikan produk smartphone yang kamu beli itu resmi atau tidak. Toko penjual smartphone Apple maupun Android resmi tidak dapat menjamin bahwa iPhone atau Anroid kamu 100% asli.

Nomor IMEI hanya dimiliki oleh satu ponsel. Selain berguna untuk membedakan iPhone dan Android asli atau palsu, IMEI juga berguna untuk mengatasi pencuri yang mengambil smartphone kamu. IMEI berguna untuk mencari ponsel yang hilang. Melalui kode unik IMEI, kamu bisa melacak di mana letak ponsel kamu.

Selain memiliki fungsi melacak, IMEI juga bisa dimanfaatkan pemerintah untuk cek ponsel ilegal atau tidak. Dengan melakukan kerja sama dengan provider telekomunikasi, maka nomor IMEI yang tidak terdaftar akan diputus koneksi internetnya secara otomatis


Cara Cek IMEI di Kemenperin

Cara Cek IMEI iPhone dan Android
IMEI pada Ponsel

Pemerintah ingin melakukan upaya pemblokiran untuk ponsel ilegal. Caranya dengan mengembangkan sistem identifikasi ponsel ilegal. Identifikasi tersebut bernama Device Identification, Registration, and Blocking System atau DIRBS.

Identifikasi tersebut memanfaatkan nomor IMEI. Seperti diketahui seluruh nomor IMEI ponsel milik masyarakat Indonesia telah terdaftar di database milik Kemenperin. Saat ini Kemenperin sedang menunggu data Mobile Subscriber Integrated Services Digital Network number (MSISDN) dari provider telekomunikasi.

Apabila provider tersebut berhasil membenamkan aplikasi pendeteksi ponsel Ilegal, maka akan otomatis mematikan koneksi internet dari ponsel ilegal. Jadi, jika ponsel kamu ilegal maka kamu tidak bisa memakai koneksi Internet.

Sebagai upaya antisipasi, kamu harus mengetahui terlebih dahulu apakah ponsel kamu legal atau tidak. Adapaun cara cek IMEI pada ponsel bisa melalui situs web database Kemeperin. Berikut cara cek IMEI yang mudah dan praktis:

1. Pastikan catat nomor IMEI ponsel kamu, biasanya tertempel di belakang ponsel atau Tekan *#06# lalu masuk ke mode pengaturan. Kemudian cari informasi di About Phone atau bisa cek nomor IMEI di kotak kemasan ponsel.

2. Selanjutnya buka laman www.kemenperin.go.id/imei

3. Jika sudah membuka laman tersebut maka akan muncul kolom pengecekan IMEI. Masukan nomor IMEI ponsel kamu dan klik simpan.

4. Setelahnya akan muncul informasi legalitas ponsel. Kalau ponsel yang kamu miliki terdaftar maka akan terlihat IMEI, perusahaan, merk dan model ponsel yang kamu miliki. Jika tidak terlihat berarti ponsel kamu belum masuk database Kemenperin dan bisa disebut ponsel ilegal.


Cara Cek IMEI iPhone

Cara Cek IMEI iPhone dan Android
Ilustrasi iPhone

Melalui Sistem iPhone

Cara cek IMEI di perangkat ponsel iOS adalah dengan masuk ke menu ‘Settings’. Lalu buka ‘General’ dan lanjutkan ke ‘About’. Pada menu ‘About’ carilah IMEI dari iPhone kamu tersebut. Selain IMEI, kamu juga bisa mengecek ICCID melalui cara ini.

Melalui Fisik iPhone

IMEI juga tertera pada bagian fisik iPhone. Untuk melihat IMEI di fisik iPhone, kamu harus membuka casing bagian belakang dan tanggalkan baterai yang terpasang di sana. Pada umumnya, nomor IMEI kamu akan tertera di dekat slot SIM card.

Melalui Kode Khusus

Cara cek IMEI yang satu ini sangat efektif untuk dilakukan pada semua jenis ponsel, termasuk iPhone. Caranya, buka menu calls seperti ketika kamu ingin melakukan panggilan telepon, lalu ketik kode *#06#, maka layar akan menampilkan nomor IMEI dari ponsel kamu.

Lewat iTunes

iTunes bukan hanya berfungsi untuk mengisi musik ke iPhone. Software resmi dari Apple ini juga dapat digunakan untuk mengecek IMEI pada perangkat iPhone kamu. Caranya pun cukup mudah, sambungkan saja iPhone ke komputer yang sudah diinstal iTunes.

Selanjutnya, jika berhasil terkoneksi, klik ‘Library’ pada iTunes, maka secara otomatis data dari iPhone akan ditampilkan di layar, termasuk nomor IMEI iPhone tersebut. Jika kamu sudah mengetahui nomor IMEI dari iPhone tersebut, maka kamu bisa segera mencocokkannya dengan dusbook dari iPhone itu. iPhone yang asli akan memiliki nomor IMEI yang sama di bagian fisik, dusbook, dan sistem.


Cara Cek IMEI Android

Cara Cek IMEI iPhone dan Android
Ilustrasi Smartphone Android / Pexels via Pixabay

Sedangkan pada perangkat Android, kamu bisa cek IMEI di menu setelan atau setting. Berikut langkah-langkah cara cek IMEI Android:

– Buka menu ‘Setting’ atau ‘Setelan’

– Pilih menu ‘Tentang Telepon’

– Tekan ‘Status’

Jika tidak bisa dilakukan dengan cara tersebut, kamu bisa melakukan pengecakan IMEI pada Android seperti berikut ini:

– Buka menu ‘Setting’ atau ‘Setelan’

– Pilih menu ‘Umum’

– Pilih menu ‘Tentang Perangkat’

– Pilih menu ‘Status’

Cara cek IMEI Android ini akan memperlihatkan sejumlah informasi mengenai ponsel seperti dua nomor IMEI ponsel. Selanjutnya kamu bisa salin nomor IMEI tersebut dengan menekan dan menahan nomor tersebut.

Leave a Reply