Bocah Perempuan Umur 4 Tahun Jadi Pasien Virus Corona Pertama yang Sembuh di Malaysia

KESEHATAN
Warga Malaysia dari Wuhan Tiba di Bandara Kuala Lumpur
Warga Malaysia saat tiba setelah dievakuasi dari Wuhan, China akibat virus corona di Bandara Internasional Kuala Lumpur di Sepang, Selasa, (4/2/2020). Sejumlah 107 warga Malaysia dievakuasi Wuhan, China. (Muzzafar Kasim/Malaysia’s Ministry of Health/AFP)

Seorang gadis empat tahun di Malaysia menjadi pasien pertama yang sembuh dari infeksi novel coronavirus atau yang lebih dikenal dengan nama virus corona. Bocah tersebut diketahui merupakan warga negara Tiongkok.

Kementerian Kesehatan Malaysia pada 4 Februari mengungkapkan bahwa bocah itu sudah diisolasi sejak 29 Januari lalu dan telah diperbolehkan pulang dari rumah sakit Sultanah Maliha.

“Hasil tes deteksi 2019 n-CoV yang dilakukan dua kali pada pasien menunjukkan negatif,” kata Direktur Jenderal Kesehatan Malaysia Datuk Dr. Noor Hisham Abdullah seperti dikutip dari New Straits Times pada Senin (10/2/2020).

“Ini menunjukkan bahwa infeksi 2019-nCoV dapat diobati dan pasien dapat sepenuhnya pulih, seperti banyak kasus lain yang telah dilaporkan di Tiongkok,” kata Noor Hisham.

Dia menambahkan, masyarakat seringkali masih salah mempersepsi dan mengira bahwa infeksi virus corona mematikan dan tidak bisa disembuhkan.2


Pria 62 Tahun Sembuh Tanpa Antivirus

Warga Malaysia dari Wuhan Tiba di Bandara Kuala Lumpur
Petugas membawa warga Malaysia menggunakan kursi roda saat tiba setelah dievakuasi dari Wuhan, China akibat virus corona di Bandara Internasional Kuala Lumpur di Sepang, Selasa, (4/2/2020). Sejumlah 107 warga Malaysia dievakuasi Wuhan, China. (Muzzafar Kasim/Malaysia’s Ministry of Health/AFP)

Sementara itu, pada Minggu kemarin, waktu Malaysia, Noor Hisham mengatakan bahwa seorang pria 62 tahun yang merupakan pasien kesepuluh infeksi virus corona sembuh tanpa pengobatan antivirus apa pun.

New Straits Times melaporkan, pria ini hanya sembuh dengan pengobatan untuk gejala-gejalanya. Dalam dua kali tes, pasien dinyatakan pulih.

“Pasien diizinkan kembali ke rumah hari ini,” kata Noor Hisham.

Dikutip dari peta sebaran infeksi virus corona yang dibuat oleh Johns Hopkins University Center for Systems Science and Engineering pada Senin, 10 Februari 2020 pukul 09.16 WIB, terdapat 40.444 kasus infeksi di seluruh dunia.

Hingga artikel ini ditulis, sudah ada 910 kematian. Walaupun begitu, sebanyak 3.300 orang dinyatakan sembuh dari infeksi virus corona.

Leave a Reply