Banyak Kasus Radang Usus Buntu yang Tidak Perlu Operasi

SAIN

Temuan mengejutkan Sebuah studi jangka panjang , rupanya banyak kasus apendisitis atau peradangan usus buntu yang tidak perlu dioperasi.Hasil temuan dari pasien yang menerima antibiotik tidak mengalami peradangan usus buntu kembali dan dianggap telah sukses disembuhkan. Sementara itu, 36 persennya akhirnya harus menjalani operasi, tetapi tidak mengalami dampak buruk dari keterlambatan tersebut.

Semua Orang Bisa Mengalami Radang Usus Buntu,hanya diberi antibiotik juga ditemukan mengalami lebih sedikit komplikasi daripada mereka yang dioperasi. Waktu pemulihan mereka juga lebih pendek dengan kelompok antibiotik mengambil cuti sakit 11 hari lebih pendek daripada kelompok operasi.

Temuan ini menunjukkan bahwa antibiotik adalah pilihan yang masuk akal, layak dan aman dalam menangani peradangan usus buntu. Dr Edward Livingston selaku wakil direktur JAMA juga menulis dalam pendamping jurnal bahwa temuan ini menghapuskan anggapan bahwa apendisitis akut yang tidak mengalami komplikasi adalah kegawatdaruratan yang harus dioperasi. Menurut dia, pasien-pasien ini seharusnya diberi pemahaman dan pilihan untuk ditangani dengan antibiotik. Namun demikian,  pasien boleh meminta untuk langsung dioperasi jika khawatir peradangan usus buntunya akan terjadi kembali.

Leave a Reply