Ayo Manfaatkan Era Digital buat Bikin Karier Meroket

BISNIS
Ilustrasi Orang sukses
Ilustrasi Orang sukses (iStockphoto)​

Manusia yang hidup di masa sekarang semakin dimudahkan dalam hal apapun, termasuk urusan dalam bekerja. Hal ini didukung oleh laju perkembangan teknologi yang pesat. 

Manusia tidak perlu pergi ke perusahaan untuk menanyakan ketersediaan lapangan kerja. Sebab informasi tersebut bisa diperoleh lewat media sosial atau situs resmi perusahaan. 

Kehadiran teknologi berhasil meminimalisir kekhawatiran pelamar terkait tenaga, waktu, dan biaya saat hendak melamar kerja. Jadi, jangan pernah abai manfaatkan era digital ini untuk karier Anda.

Apa sajakaha itu? Berikut keuntungan era digital yang bisa dimanfaatkan untuk meniti karier, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Manfaatkan Digitalisasi untuk Diversifikasi Pekerjaan

Perkembangan teknologi membawa perubahan besar bagi sektor ekonomi dan bisnis, yaitu tersedianya lapangan kerja yang lebih bervariatif.

Lapangan kerja yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan oleh manusia, kini semakin banyak dicari, seperti admin media sosial, freelancer, dan masih banyak lagi.

Lapangan kerja yang dibuka dapat menyesuaikan dengan kemampuan manusia di era digital. Dari segi hasil, dapat dikatakan cukup memuaskan.

Berkat digitalisasi, jumlah pengangguran sudah mulai berkurang walaupun masih banyak hal yang harus diperbaiki untuk meningkatkan daya saing. Untuk itu, manfaatkan semaksimal mungkin era digital ini untuk memilih karier yang diinginkan.


2. Manfaatkan Kemudahan dalam Mengerjakan Tugas

Wanita Karir
ilustrasi Foto Wanita Karir (iStockphoto)

Bukan hanya pelajar saja, tapi karyawan juga sangat terbantu berkat akses teknologi tanpa batas. Tugas bukan hal yang harus ditakuti karena informasi yang berkaitan dengan tugas sudah tersedia di internet.

Nah, yang perlu Anda lakukan saat ini adalah mengakses dan memilah informasi yang benar agar hasil kerja menjadi maksimal.

Adanya aplikasi dan perangkat lunak juga sangat membantu, seperti aplikasi edit foto untuk para fotografer dan Ms. Office untuk memudahkan pengetikan serta penghitungan di kantor.  

3. Kenapa Tidak Mempelajari Skill yang Baru?

Persaingan kerja di era digital sangat tinggi. Jika tidak dibarengi dengan skill yang mumpuni, mencari kerja yang sesuai keinginan adalah mimpi buruk karena Anda tidak mampu bersaing dengan orang lain.

Untungnya, Anda dapat memanfaatkan teknologi untuk mempelajari keterampilan yang baru. Misalnya, meningkatkan kemampuan bahasa asing, teknik analisis, public speaking, dan manajemen operasi. 

Pelajari skill yang dapat membuat Anda menjadi karyawan yang lebih unggul daripada karyawan yang lain. Jika ingin menjajal karier yang lebih tinggi sekalipun, Anda tidak kalah saing dengan kandidat yang lain. 


4. Manfaatkan untuk Mengasah Kemampuan Berpikir

zodiak mingguan
ilustrasi perempuan karir/Photo by rawpixel.com from Pexels

Informasi yang disediakan di internet secara tidak langsung dapat meningkatkan kemampuan berpikir. Bagaimana tidak, informasi yang diperoleh harus dipilah terlebih dahulu untuk mengurangi kesalahan saat mengambil keputusan, karena memang informasi tersebut berasal dari sumber yang berbeda-beda. 

Dengan terus berpikir, maka pola pikir Anda bisa menjadi lebih kritis karena Anda mempertimbangkan dampak dari keputusan yang diambil, baik dampak positif maupun dampak negatifnya.

5. Nikmati Fleksibilitas Kerja yang Semakin Meningkat

Siapa bilang semua tugas harus beres di kantor? Saat ini, Anda dapat menyelesaikan tugas dimana saja asalkan tugas selesai tepat waktu. Contoh konkretnya seperti freelancer yang dapat mengerjakan project di kafe atau restoran.

Meskipun tempat kerjanya tidak formal, namun kualitas tugas yang dihasilkan tidak boleh dipandang sebelah mata. Meningkatnya fleksibilitas kerja meningkatkan produktivitas.

Pada waktu yang sama, Anda dapat mengerjakan dua atau tiga tugas sekaligus di tempat yang sama pula. Namun, hal ini tergantung kemampuan Anda apakah dapat bekerja secara multitasking atau tidak


6. Manfaatkan Kemudahan Mewujudkan Bekerja yang Sesuai ‘Passion’

ilustrasi freelancer
Freelancer, dapatkan penghasilan lebih dengan terapkan 6 cara keren ini

Saat ini, semakin banyak karyawan yang memutuskan untuk resign di usia muda. Salah satu penyebabnya karena adanya ketidaksesuaian antara pekerjaan dengan passion.

Namun, sekarang Anda bisa menyesuaikan antara profesi dengan passion karena bantuan internet. Bagi Anda yang menyukai pekerjaan yang fleksibel, Anda bisa melakoni profesi sebagai freelancer atau fotografer.

Untuk memenangkan persaingan yang ketat, sebaiknya tingkatkan skill dalam bidang tertentu. Sesuaikan dengan profesi yang diinginkan.

Misalnya, meningkatkan jam terbang untuk memotret objek yang ada di alam untuk mengasah kemampuan fotografi, begitu juga dengan profesi yang lainnya. 

7. Ambil Keuntungan dengan Semakin Mudahnya Menjalin Relasi

Tidak harus melulu berteman dengan teman satu kuliah dahulu, sebab media sosial memungkinkan Anda untuk menjalin relasi dengan orang yang sama sekali tidak dikenal. 

Informasi yang disediakan bersifat global. Itu artinya Anda bisa menjalin relasi dengan orang lokal maupun orang asing, baik untuk keperluan bisnis atau untuk kepentingan pribadi. 

Jika Anda berencana membuka bisnis sampingan, pilih jenis bisnis yang dapat dijalankan melalui media online. Anda dapat menggunakan media sosial dalam kegiatan pemasaran untuk menjangkau pasar yang luas demi meningkatkan penjualan.

Manfaatkan Kemudahan Era Digital

Pesatnya perkembangan teknologi bukan suatu ancaman, melainkan suatu keuntungan khususnya untuk Anda yang ingin menjajal karier dalam berbagai bidang.

Asah terus skill yang ada untuk meningkatkan daya saing, sehingga Anda semakin mudah untuk mendapatkan pekerjaan yang sudah lama diimpikan.

Jika Anda mengalami kegagalan, sebaiknya jangan putus asa, tapi tetap berusaha demi karier yang diinginkan dengan memanfaatkan canggihnya era digital sekarang ini.

Leave a Reply