Agar Situasi Terkendali, Jangan Lakukan 5 Hal Ini Saat Listrik Mati

HOT NEWS

Saat listrik padam, Anda mungkin akan menganggapnya sebagai sesuatu yang sepele dan segera berlalu. Padahal, ada hal-hal yang harus Anda perhatikan saat hal itu terjadi.

Berikut ini hal-hal tak harus dilakukan selama pemadaman listrik untuk membantu situasi terkendali.

1. Bermain ponsel

Bermain ponsel saat listrik mati biasa dilakukan oleh kebanyakan orang. Tindakan ini bukanlah sesuatu yang bijak. Penting untuk menjaga ponsel Anda tetap hidup selama mungkin saat listrik padam untuk keadaan darurat.


2. Menghidupkan lilin

Ilustrasi lilin
Ilustrasi (iStock)

Saat listrik padam terutama di malam hari, reaksi pertama Anda mungkin menyalakan lilin. Anda mungkin membeli lilin beberapa buah untuk jaga-jaga.

Tapi coba pertimbangkan kembali. Lilin dapat dengan mudah terbalik dan membakar lingkungan sekitar. Lebih baik menggunakan lampu emergency yang menghasilkan lebih banyak cahaya daripada lilin dan lebih aman.


3. Membiarkan perangkat listrik masih tercolok

Alat rumah tangga pendingin ruangan. Liputan6.com
Alat rumah tangga pendingin ruangan. Liputan6.com

Jika Anda mengetahui bahwa daerah Anda bakal mendapat giliran pemadaman, Anda sebaiknya mencabut perangkat elektronik Anda sebelum pemadaman listrik dimulai. Lonjakan listrik dapat berisiko merusak perangkat Anda. Cukup biarkan setidaknya satu lampu terpasang yang akan memberi tahu Anda saat listrik menyala kembali.


4. Membuka kulkas

Ilustrasi kulkas pintar
Ilustrasi kulkas pintar. (Foto: shutterstock.com By Stokkete)

Tanpa adanya listrik, paling-paling kulkas Anda hanya bisa menjaga makanan tetap aman dan dingin selama sekitar 4 jam. Dan itu hanya jika Anda tak membuka pintu kulkas yang bisa melepaskan udara dingin dan membuat kualitas makanan cepat rusak. Penting untuk menyimpan makanan dalam lemari es selama mungkin, jadi hindari godaan untuk membukanya.


5. Mengosongkan freezer

3 Bahan Makanan yang Haram Disimpan di Freezer
Ketahui 3 jenis bahan makanan yang gak boleh kamu simpan di freezer lemari pendingin.

Meski mungkin Anda tergoda untuk mengosongkan freezer karena tak ada daya untuk menjaga makanan tetap dingin, jangan lupa bahwa makanan beku juga bisa berfungsi sebagai isolator. Ini menjaga makanan lain tetap dingin selama mungkin. Freezer yang penuh dapat bertahan lebih lama dari yang hanya diisi setengahnya.

Leave a Reply