9 Jurus Jitu Bisnis Minuman dan Snack

Uncategorized

https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 26 320 2158543 9-jurus-jitu-bisnis-minuman-dan-snack-RNxLEoH7X9.jpegMinuman (Foto: Okezone.com)

Usaha minuman dan snack ala rumahan merupakan bisnis yang dapat dikatakan mudah untuk dimulai. Namun bisnis seperti ini memerlukan strategi usaha yang detail agar bisnis ini dapat bertahan lama.

Melansir buku “19 Inspirasi Bisnis Minuman dan Aneka Snack” karya Yuyun Anwar, Jakarta, Minggu (26/1/2020), berikutdirangkum beberapa strategi untuk memulai usaha minuman dan snack.

1. Pahami Kondisi Pasar Snack dan Minuman Populer

Dalam memulai bisnis apapun, anda wajib mengetahui kondisi pasar yang hendak anda masuki. Persaingan, tren, cara memasuki harus anda pahami betul sebelum nantinya benar-benar terjun ke dalamnya.

Setelahnya, target penjualan juga menjadi salah satu hal yang harus dipahami. Artinya, anda harus tahu kemana produk tersebut akan dijual.

2. Ciptakan Perbedaan Unik pada Produk

Ini merupakan strategi agar konsumen mudah mengingat produk anda. Sebelum mendistribusikan produk, ada baiknya anda bertanya pada diri sendiri apa kelebihan yang dimiliki produk anda sehingga konsumen dapat dengan mudah dan cepat mengingatnya.

3. Hitung Target Pasar yang Akan Digarap

Menghitung target pasar berarti anda telah memiliki tujuan untuk memperbesar skala usaha. Target pasar yang jelas memiliki kaitan erat dengan jumlah investasi dan biaya yang nantinya dikeluarkan. Jika modal yang dimiliki minim, sebaiknya dimulai dengan bisnis berskala kecil terlebih dahulu.

4. Hitung Investasi Peralatan yang Dibutuhkan

Setelah menetapkan pasar dan segmentasinya, selanjutnya perlu dihitung kebutuhan investasi yang diperlukan. Perhitungan investasi peralatan ini berkaitan dengan penentuan harga jual produk.

5. Cari Lokasi Jualan yang Tepat

Penentuan lokasi ini nantinya akan sangat menentukan omzet penjualan. Lokasi yang tepat dan strategis dapat menjadi pilihan dalam mendekati pembeli potensial. Jika target bidikkan anda adalah anak sekolah, maka baiknya anda memilih lokasi di area sekolahan.

6. Pahami Cara Pembuatan

Pemahaman cara pembuatan ini dapat anda pelajari secara khusus melalui kursus atau membaca buku usaha kuliner. Minuman dan snack yang dijual harus seragam dari segi warna, bentuk, rasa dan penampilannya.

Perubahan pada setiap produk yang dijual akan menimbulkan keraguan konsumen. Selain itu, pastikan juga bahan baku dapat dengan mudah didapat karena ketersediaan bahan baku merupakan kunci kelancaran supply produk.

7. Lakukan Training pada Karyawan

Pelatihan pada karyawan sangat perlu dilakukan karena keahlian karyawan nantinya akan menentukan produktivitas pengolahan snack dan minuman. Perlu adanya pembekalan dalam menjual dan memberikan pelayanan yang baik

8. Lakukan Promosi

Promosi paling sederhana yang mudah untuk dilakukan adalah dengan memberi konsumen tester produk, menyebar brosur dan mengundang beberapa teman untuk menikmati minuman dan snack yang dijual. Selain itu promosi melalui internet, radio atau iklan di koran juga baik untuk dilakukan.

9. Lakukan Evaluasi

Evaluasi dapat dilakukan secara keseluruhan dengan memperhatikan strategi dan sistem yang perlu pembaharuan. Evaluasi dini dapat mengetahui ketidaksesuaian lebih awal sehingga dapat menghemat biaya.

Leave a Reply