8 Tips Belanja Baju Lebaran Secara Online yang Aman dan Tetap Hemat

HOT NEWS KESEHATAN
belanja online
Ilustrasi belanja online (iStockPhoto)

Jakarta Tips belanja baju lebaran secara online harus dipahami setiap orang saat ini. Pasalnya, kasus Corona COVID-19 di Indonesia sekarang ini masih belum kunjung mereda. Untuk itu, kamu jadi tidak bisa keluar rumah dan pergi ke pusat perbelanjaan untuk membeli baju baru untuk lebaran.

Namun kamu tidak perlu khawatir, karena sekarang ini kamu sudah bisa belanja baju lebaran secara online tanpa pergi ke pusat perbelanjaan. Kamu bisa memilih baju lebaran dari rumah tanpa harus beranjak dari tempat tidurmu. Bahkan, tidak jarang membeli secara online dapat menghemat pengeluaranmu.

Tips belanja baju lebaran secara online yang aman perlu diikuti agar tetap hemat. Kerap kali saat sudah mulai belanja online, banyak orang malah lupa akan tujuan utamanya dan kalap membeli barang-barang lainnya. Hal ini tidak lepas dari banyaknya diskon yang ditawarkan berbagai toko online di internet.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (15/5/2020) tentang tips belanja baju lebaran online.https://www.liputan6.com/widgets-nocache/kitabisa/gateway/192958?article=4255246

Tentukan Bujet dan Pakaian yang Diinginkan

Ilustrasi belanja Online
Ilustrasi belanja Online (iStockphoto)​

Menentukan Bujet

Tips belanja baju lebaran secara online yang pertama adalah menentukan bujet. Kalau kamu sudah memiliki daftar belanja baju lebaran yang ingin dibeli, selanjutnya kamu perlu menentukan bujet.

Ada baiknya saat sebelum belanja, kamu mengetahui berapa jumlah uang yang akan digunakan untuk berbelanja baju lebaran. Jangan sampai berbelanja melewati bujet yang sudah kamu tentukan. Apalagi saat belanja online begitu banyak godaan yang bisa membuatmu kalap.

Menentukan Baju yang Ingin Dibeli Sebelum Belanja

Setelah itu, sebaiknya kamu menentukan baju yang ingin dibeli sebelum belanja. Tips belanja baju lebaran secara online satu ini agar kamu tidak tergoda dengan barang lainnya. Penting untuk melakukan perencanaan sebelum kamu berbelanja pakaian.

Jika belanja tanpa perencanaan apa yang dibeli, maka akan membahayakan karena nantinya akan membuat kamu tergiur dengan barang-barang lainnya dan berujung pada pemborosan. Oleh karena itu, ada baiknya untuk menentukan ingin belanja pakaian apa.

Pilih Situs Terpercaya dan Cek Jadwal Promo

Ilustrasi belanja Online

Pilih Situs Belanja Online Terpercaya

Selanjutnya, tips belanja baju lebaran secara online perlu memperhatikan situs belanja online yang terpercaya. Saat ini ada begitu banyak situs online yang menawarkan aneka barang kebutuhan lebaran, termasuk pakaian. Jika ingin belanja online tetap aman dan tidak tertipu, pilihlah situs terpercaya.

Kemudian cek kredibilitas pedagang atau reseller yang tergabung di situs itu. Biasanya hal ini didapat dari identitas akun toko serta testimoni dari pembeli lainnya. Jika kebanyakan testimoni pelanggan menunjukkan kepuasan, maka belanja di toko dan situs belanja itu aman. Jangan lupa untuk selalu membaca ulasan dari pelanggan lain.

Cek Jadwal Promo dan Cari Baju Diskon

Saat memasuki bulan puasa hingga lebaran tiba, biasanya banyak promo di berbagai market place. Biasanya diskon pakaian lebaran diberlakukan pada waktu-waktu tertentu seperti setelah sahur.

Kamu bisa memanfaatkan momen promo dan diskon ini untuk mencari baju lebaran yang murah. Selain itu, jangan lupa untuk selalu mencari tahu tentang jadwal diskon di setiap toko online agar kamu tidak kelewatan saat diskon sudah dimulai.

Fokus dengan Merek dan Perhatikan Ukuran

Ilustrasi Belanja Online
Ilustrasi belanja online (dok. Pixabay.com/HutchRock/Putu Elmira)

Fokus dengan Merek Saja

Penyebab belanja baju bisa menjadi sangat boros karena kamu begitu banyak melihat beraneka ragam model pakaian. Akan lebih baik jika kamu bisa lebih fokus untuk memilih pakaian dengan brand atau merek tertentu saja.

Hal ini akan membantumu untuk lebih fokus atau mengerucutkan pilihan, sehingga kamu tidak tergoda untuk membeli pakaian yang lainnya. Tips belanja baju lebaran secara online ini tentu sangat aman untuk pengeluaranmu agar tetap hemat.

Perhatikan Ukuran

Tips belanja baju lebaran secara online berikutnya adalah memperhatikan ukuran pakaian. Ukuran di satu merek dapat berbeda dengan lainnya. Pengukuran sangat penting dan dapat menghemat waktu jika kamu mengetahui ukuran lingkar dada, pinggul, dan pinggang.

Biasanya ada tautan khusus yang disediakan toko online yang berisi ukuran pakaian. Kamu juga dapat menyimpan catatan kecil berisi ukuran lingkar dada, pinggul dan pinggang di komputer sebagai referensi.

Bandingkan Harga dan Perhatikan Alamat Pengiriman

Belanja Online
Ilustrasi Belanja Online Credit: freepik.com

Bandingkan Harga, Jangan Terburu-buru

Kamu tidak boleh terburu-buru saat melihat pakaian idaman dijual dengan harga murah. Dalam tips belanja baju lebaran secara online ini, kamu perlu juga memperhatikan ongkos kirim. Semisal kamu membeli pakaian di penjual A dengan harga lebih murah Rp 20.000 dari penjual B. Namun, ongkos kirim penjual A lebih mahal Rp 30.000 dari penjual B.

Teliti dalam membeli dan melihat harga pakaian saat belanja online perlu diterapkan. Satu hal lagi yang perlu diperhatikan adalah bonus yang ditawarkan penjual. Bisa saja, harga lebih mahal sedikit, tetapi kamu mendapatkan profit yang lebih menggiurkan.

Alamat Pengiriman Barang Harus Jelas

Satu hal yang benar-benar harus diperhatikan sebagai tips belanja baju lebaran secara online adalah alamat pengiriman. Pastikan kamu tidak memasang alamat yang salah. Bisa-bisa pakaian yang kamu beli tidak sampai ke tempatmu jika alamat pengiriman salah.

Selain itu, isi juga data dengan benar, terutama nomor ponsel. Hal ini untuk mengatasi jika ada salah alamat, sehingga kamu bisa dihubungi oleh pengirim. Amannya mungkin bisa dikirim ke kantor atau rumah yang ada penghuninya. Sertakan nomor ponsel yang jelas agar mudah dikontak oleh kurir.

Klik…..http://Biolinky.co/evania

Leave a Reply