8 Cara Mengusir Ular dari Rumah Secara Alami

HOT NEWS
Cara Mengusir Ular dari Rumah Secara Alami
Ilustrasi (iStock)

 Fenomena munculnya ular di berbagai daerah beberapa pekan ini membuat warga resah. Bagaimana tidak, hewan reptil ini sangat berbahaya bagi keamanan manusia karena bisanya yang beracun. 

Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan ular bisa masuk ke rumah. Bisa jadi karena lokasi rumah yang berdekatan dengan alam bebas seperti rawa, sawah, sungai, hutan, dan kebun. Atau mungkin karena mereka terbawa aliran air hujan yang membanjiri lingkungan tempat tinggal kamu.

Untuk mencegah ular masuk atau bahkan mengusir ular yang sudah masuk ke dalam rumah, kamu bisa mengusirnya dengan cara alami dan aman. Banyak bahan-bahan alami yang sudah tersedia di rumah dipercaya mampu mengusir ular.

Walaupun terbilang mudah ditemukan dan cepat membuat ular pergi dari hunian mu, namun kamu tetap perlu berhati-hati ketika ingin mengusirnya. Berikut delapan cara mengusir ular dengan cara alami yang telah dirangkum dari berbagai sumber,


Wewangian yang Tidak Disukai Ular

Cara Mengusir Ular dari Rumah Secara Alami
Pengharum (Foto: Etsystudio.com)

Cara mengusir ular yang sudah terkenal sejak zaman dulu adalah dengan menggunakan garam. Namun, siapa sangka ternyata ular tidak kabur dengan diberikan garam.

Cara mengusir ular dari rumah yang ampuh adalah dengan menggunakan wewangian yang tidak disukainya. Menyemprotkan wewangian seperti parfum atau pewangi ruangan ke ular akan membuatnya pergi secara perlahan.


Minyak Kayu Manis dan Minyak Cengkeh

Cara Mengusir Ular dari Rumah Secara Alami
Racikan Rempah (foto : tablespoon.com)

Minyak kayu manis dan minyak cengkeh merupakan cara mengusir ular secara alami yang bisa dicoba. Menyemprotkan campuran minyak kayu manis dan minyak cengkeh pada ular dapat membuatnya pergi secara perlahan.

Kamu bisa menyemprotkan campuran bahan-bahan ini di setiap sudut rumah dan langsung ke ular. Hindari untuk menyemprotkan dari belakang karena dapat bergerak ke arah kamu dan menyerang. Ini merupakan salah satu cara mengusir ular yang terbilang ampuh.

Mengusir ular dengan menggunakan campuran ini tidak akan melepaskan gas beracun pada ular yang bisa mengganggu kesehatan kamu.4 dari 9 halaman


Pembersih Lantai

Cara Mengusir Ular dari Rumah Secara Alami
Ular. (Liputan6/AP)

Pembersih lantai seperti karbol juga bisa kamu jadikan sebagai salah satu cara mengusir ular yang masuk ke rumah. Untuk mengusir ular dari rumah, kamu bisa menyiramkan karbol ke badan ular.

Karbol pada ular akan memberikan rasa panas yang memngakibatkan sensor gerak ular rusak. Secara perlahan ular akan pergi.

Namun, kamu perlu berhati-hati karena cara ini memungkinkan ular untuk melakukan perlawanan. Oleh karena itu, kamu harus tetap berhati-hati dan selalu waspada.


Cuka

Cara Mengusir Ular dari Rumah Secara Alami
Cuka. (via: youtube.com)

Cara mengusir ular secara alami selanjutnya yang bisa kamu coba adalah cuka. Sebotol cuka putih dapat menjauhkan ular. Cara mengusir ular secara alami ini bisa kamu lakukan dengan menuangkan cuka putih di sekeliling badannya.


Bubuk Belerang

Cara Mengusir Ular dari Rumah Secara Alami
Ular. (Liputan6/AP)

Cara mengusir ular dari rumah selanjutnya dengan menggunakan bubuk belerang. Bukan hanya manusia yang tidak tahan dengan aroma belerang, ular pun tidak menyukai aroma menyengat ini.

Kamu bisa meletakkan bubuk belerang di setiap sudut rumah, dekat pintu, atau celah yang memungkinkan ular masuk.


Amonia

Cara Mengusir Ular dari Rumah Secara Alami
(Foto: Maid OK)

Amonia dipercaya mampu menangani berbagai masalah kesehatan hingga mengusir ular dari rumah. Penelitian menunjukkan bahwa ular tidak suka amonia karena aromanya tidak sedap.

Menyemprotkan amonia di sekitar area atau meletakkannya pada wadah yang terdapat ular akan mampu menjauhkan ular.8


Cabai

Cara Mengusir Ular dari Rumah Secara Alami
Cabai / sumber: iStockphoto

Cabai rawit merupakan salah satu bahan alami yang bisa dicoba untuk mengusir ular. Kamu bisa menaburkan beberapa cabai di sekeliling rumah untuk mengusir ular. Kederangannya mungkin lucu, namun cara mengusir ular secara alami terbilang ampuh


Bawang Putih dan Bawang Merah

Cara Mengusir Ular dari Rumah Secara Alami
Ilustrasi bawang merah (iStockphoto)

Cara mengusir ular dari rumah secara alami selanjutnya dengan menggunakan bawang putih dan bawang merah. Cara ini dipercaya ampuh mengusir ular karena ular tidak tahan dengan asam sulfonat yang dihasilkan bawang.

Pada manusia, asam ini yang menyebabkan menangis ketika mengiris bawang. Begitu juga dengan ular, yang membuatnya akan langsung menghindari asam tersebut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *