7 Tips Menggoreng Ikan Agar Tidak Lengket Matang Sempurna

HOT NEWS KESEHATAN
Tips Menggoreng Ikan Agar Tidak Lengket
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

 Memasak olahan ikan menjadi makanan lezat merupakan salah satu alternatif yang bisa dijadikan sebagai pengganti menu makan harian. Ikan goreng merupakan olahan ikan yang cukup mudah dan cukup nikmat dijadikan menu santap.

Walaupun menggoreng ikan terlihat mudah, namun enggak banyak orang yang mengalami kesulitan saat menggoreng ikan. Salah satu kendala saat menggoreng ikan adalah menjadi lengket ketika digoreng dalam wajan penggorengan.

Ikan lengket serta minyak meletup atau menyiprat kerap membuat sebagian orang enggan menggoreng ikan. Namun, kini kamu dapat menggoreng ikan dengan aman dan mendapatkan daging ikan matang sempurna.

Ada beberapa tips menggoreng ikan sederhana agar tidak lengket dan meletup. Berikut tips menggoreng ikan agar tidak lengket yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (12/1/2020).


Gunakan Wajan yang Bersih

Tips Menggoreng Ikan Agar Tidak Lengket
ilustrasi/copyright pixabay.com/google104

Tips menggoreng ikan agar tidak lengket pertama yang perlu diperhatikan adalah wadahnya. Gunakan wajan penggorengan yang bersih. Sebaiknya, gunakan wajan khusus untuk menggoreng guna meminimalisir ikan atau bahan masakan lain lengket di wajan saat digoreng.

Wajan yang bersih juga akan meminimalisir ikan lengket di wajan. Berbeda dengan wajan yang sudah digunakan sebelumnya dan masih ada sisa makanan yang menempel, ini bisa membuat ikan lengket.


Perhatikan Jumlah Minyak

Tips Menggoreng Ikan Agar Tidak Lengket
Asyiknya kegiatan goreng-menggoreng ikan di dapur, memang sudah menjadi agenda harian yang tak dapat dipisahkan.

Tips menggoreng ikan selanjutnya adalah mengukur jumlah minyak untuk menggoreng. Pastikan tidak menuangkan minyak lebih dari sepertiga ukuran penggorengan.

Hal ini dikarenakan bahwa minyak nantinya akan naik ke permukaan karena dipicu suhu panas. Kalau minyak semakin banyak jumlahnya, maka akan semakin mudah meluap.


Pastikan Minyak Panas

Tips Menggoreng Ikan Agar Tidak Lengket
ilustrasi/copyright shutterstock.com

Memastikan minyak panas terlebih dahulu sebelum memasukkan ikan ke dalam wajan penggorengan sangat penting untuk diperhatikan. Memasukkan ikan ke dalam wajan dengan minyak yang masih dingin atau hangat sangat memungkinkan ikan lengket bahkan hancur.

Minyak yang belum panas juga akan membuat ikan menyerap minyak terlalu banyak saat matang. Selain minyak harus panas, sebaiknya minyak yang digunakan untuk menggoreng adalah minyak baru.


Gunakan Perasan Lemon ke Dalam Minyak

Tips Menggoreng Ikan Agar Tidak Lengket
menggoreng ikan/copyright: shutterstock

Tips menggoreng ikan selanjutnya adalah memeras lemon ke dalam minyak penggorengan. Cukup peras sedikit lemon ke dalam minyak yang ada dalam penggorengan.

Hal ini dapat menurunkan risiko ikan lengket dan perasan lemon dapat menurunkan risiko ikan meletus atau meletupkan minyak ketika digoreng.


Rendam Ikan dengan Bumbu

Tips Menggoreng Ikan Agar Tidak Lengket
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Sebelum menggoreng ikan, usahakan untuk merendam ikan dengan bumbu. Rendam ikan dengan bumbu minimal selama 2 jam.

Metode ini akan meminimalisir ikan lengket dan minyak meletup saat menggoreng. Merendam minyak juga dapat membuat kamu mendapatkan rasa ikan goreng yang lebih gurih, berkat bumbu telah meresap dengan baik ke daging ikan.


Balik Ikan Setelah Kering

Tips Menggoreng Ikan Agar Tidak Lengket
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/CPM PHOTO

Tips menggoreng ikan agar tidak lengket selanjutnya adalah membaliknya setelah kering. Untuk mendapatkan daging ikan matang merata, kamu perlu membaliknya secara berkala.

Namun, pastikan membalikkan ikan setelah bagian bawah sudah benar-benar kering. Ikan yang masih basah dan dibalik akan meningkatkan risiko lengket, hancur, dan minyak meletup-letup.


Gunakan Api Sedang

Tips Menggoreng Ikan Agar Tidak Lengket
Ilustrasi ikan goreng tepung./Copyright shutterstock.com/g/hansgeel

Tips menggoreng ikan berikutnya dengan memastikan api dalam suhu sedang. Dalam artian, tidak terlalu panas dan tidak terlalu lengket.

Penggunaan minyak dengan api yang terlalu panas bisa membuat ikan mudah gosong. Sedangkan penggunakan minyak dengan api kecil, dapat membuat ikan tidak cepat matang serta kering.

Leave a Reply