7 Makanan Imlek yang Bawa Keberuntungan di Tahun Tikus Logam 2020

KESEHATAN
Ilustrasi mi instan (iStock)
Ilustrasi mi. (iStock)

Berbicara Imlek, penyelenggaraannya tak pernah lepas dari sederet tradisi tertentu, tak terkecuali di pergantian tahun Tikus Logam 2020. Macam-macam kebiasaan yang dilakukan kebanyakan bermaksud mendatangkan keberuntungan.

Mulai dari menyalakan semua lampu di rumah, membuka setiap jendela, hingga soal makanan, semua tak lepas dari upaya mendatangkan hoki. Dilansir dari laman The Chinese Zodiac, 21 Januari 2020, berikut sederet kuliner Imlek yang datangkan keberuntungan untuk disajikan di malam pergantian tahun Tikus Logam 2020.

Mi

Memakan mi di momen tahun baru diidentikan dengan doa panjang umur. Kendati, dalam kepercayaannya, mi yang disajikan tak boleh dalam potongan kecil maupun pendek, melainkan panjang sebagai maksud mendatangkan umur panjang.

JiaoZi

Makanan semacam dumpling ini diasosiasikan sebagai simbol kesehatan dan umur panjang saat disajikan di malam tahun baru Tikus Logam 2020. Kebanyakan sajian ini berbentuk lonjong, sama seperti uang lama Jepang.

Baki Kebersamaan

Baki ini umumnya terdiri dari delapan macam makanan kecil, seperti kacang pecan, hazelnut, chestnut, almond. biji persik, buah prune, aprikot, kacang-kacangan, dan ingot kecil. Semuanya merupakan simbol kemakmuran.

Sajian ini biasanya dihidangkan untuk tamu atau dikirimkan pada kerabat maupun keluarga di momen Imlek. Beberapa di antaranya ada yang mengganti dengan jeruk untuk mendatangkan kesehatan dan kesuburan lewat buah delima.


Makanan Bawa Keberuntungan

olahan bebek
olahan bebek (sumber: Pixabay)

Bebek

Penyajiannya bisa dengan berbagai bumbu. Hanya saja, ada satu syarat yang harus dipenuhi, yakni bebek disajikan secara utuh. Hal ini bermaksud untuk berdoa mendapatkan tahun baru lebih baik secara utuh.

Ikan

Ikan disimbolkan sebagai pembawa kesehatan dan keberuntungan. Kepercayaannya, yakni semua masalah sulit bisa terselesaikan selancar ikan berenang di air.

Sup Sarang Burung

Makanan ini merupakan simbol umur panjang dan kelimpahan rezeki. Karenanya, sajian ini dinilai sangat baik disajikan saat malam tahun baru.

Nian Gao

Makanan ringan yang terbuat dari nasi ini dimaksudkan untuk mendatangkan rezeki melimpah. Makanan yang biasanya didominasi cita rasa manis ini disebut merupakan bagian tradisi masyarakat Tionghoa selama 3.000 tahun.


Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Leave a Reply