6 Alasan Tak Perlu Ragu Punya Kartu Kredit

EKONOMI LIFESTYLE
Gesek Mesin Kartu Kredit
Ilustrasi Foto Gesek Kartu Kredit (iStockphoto)

Mana yang lebih menguntungkan, transaksi pakai kartu kredit atau uang tunai? Jawabannya tergantung kebutuhan masing-masing orang.

Untuk transaksi dalam jumlah besar, kartu kredit mungkin memberi keuntungan ekstra dibandingkan uang tunai. Namun untuk transaksi dalam jumlah kecil, uang tunai lebih bisa diandalkan karena bisa digunakan di mana saja.

Jika Anda sering bertransaksi dalam jumlah besar, kartu kredit akan terasa cocok. Apalagi kartu kredit memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh uang tunai. Apa saja?

Kalau masih ragu, intip keuntungan yang bisa diperoleh dari menggunakan kartu kredit berikut ini, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Bisa Hemat karena Promo Bertebaran di Mana-Mana

Bukan hanya promo belanja, kartu kredit juga menawarkan promo liburan murah bagi nasabah dalam periode tertentu. Cocok sekali untuk kamu yang ingin liburan dengan bujet pas-pasan.

Promo liburan yang didapatkan sangat bervariasi. Ada promo tiket pesawat, penginapan, dan tiket masuk objek wisata tertentu. Keuntungan seperti ini tidak bisa didapatkan jika transaksi dibayarkan dengan uang tunai.

Meski demikian, Anda harus tetap bijak dalam menggunakan kartu kredit. Jangan sampai karena promo yang banyak, keuangan menjadi tidak terkendali. Karena sejatinya promo-promo kartu kredit itu bisa bikin berhemat.


2. Berlaku di Banyak Tempat atau ‘Merchant’ Dalam Negeri dan Luar Negeri

Awas! Jangan Sampai Kamu Kena 4 Modus Penipuan Kartu Kredit Ini
Ilustrasi penipuan uang.

Jangkauan kartu kredit sangatlah luas. Anda bisa menggunakan kartu kredit untuk bertransaksi di luar negeri tanpa harus mengubah mata uang asli di negara asal.

Total tagihan yang kamu bayarkan nantinya akan dihitung sesuai dengan nilai kurs mata uang negara yang bersangkutan pada hari dimana Anda bertransaksi. Alhasil, tagihan yang dibayarkan tetap sama setiap bulannya.

Berbeda dengan uang tunai. Ketika Anda liburan ke luar negeri, Anda harus membawa mata uang asli negara tersebut untuk memudahkan transaksi.

Apabila persediaan uang tunai kurang, Anda mesti pergi ke ATM untuk melakukan penarikan tunai yang notabenenya mengenakan biaya admin yang lumayan besar.

3. Bisa Mencicil Tanpa Uang Muka

Ingin beli barang ini dan itu? Mudah saja. Cukup dengan sekali gesekan, Anda bisa membeli semua barang yang diinginkan tanpa harus menyediakan uang tunai sebagai uang muka. 

Sementara untuk pelunasan, Anda bisa melakukannya saat tagihan jatuh tempo, biasanya diawal ataupun diakhir bulan. 

Kartu kredit menjadi alat pembayaran paling ‘sakti’ yang bisa diandalkan saat ingin membeli suatu barang, tapi lupa menaruh uang tunai di dompet. 

Dengan begini, Anda tidak perlu menahan nafsu saat ingin membeli suatu barang. Kapanpun Anda menginginkannya, bisa mendapatkannya di hari yang sama. 


4. Bisa Bertransaksi dengan Cepat dan Praktis

Gesek Mesin Kartu Kredit
Ilustrasi Foto Gesek Kartu Kredit (iStockphoto)

Membayar tagihan dengan kartu kredit sudah pasti lebih cepat dan praktis dibandingkan uang tunai. Berapapun jumlah tagihannya, Anda bisa segera selesaikan hanya dengan menggesek kartu kredit pada mesin yang sudah disediakan.

Setelah itu, barang belanjaan pun bisa dibawa pulang ke rumah. Sedangkan transaksi dengan uang tunai cenderung membuat Anda kerepotan, apalagi untuk transaksi yang nominalnya besar.

Belum lagi ditambah kemungkinan uang tunai yang tercecer atau bahkan hilang karena jumlahnya terlalu banyak. Jadi ribet, bukan?

5. Tingkat Keamanan yang Cukup Tinggi

Menenteng uang tunai dalam jumlah banyak tidak hanya membuat uang Anda tercecer atau hilang, tapi juga membuat jadi target kejahatan. Anda harus ekstra hati-hati saat bepergian agar uang tidak dirampok oleh orang yang ada di sekitar.  

Namun, hal di atas tidak akan terjadi kalau Anda membawa kartu kredit bepergian. Transaksi Anda terbilang cukup aman, terutama dalam jumlah besar.

Jika terdapat transaksi yang tidak sesuai, Anda bisa meminta pihak bank untuk memeriksa riwayat transaksi sebelum Anda membayar tagihan bulanan


6. Limit Bisa Dinaikkan Kapan Saja

Kartu Kredit
Ilustrasi Kartu Kredit (iStockphoto)

Apabila limit kartu kredit dirasa kurang, Anda bisa meminta bank untuk menaikkan limitnya. Cukup dengan mendatangi kantor bank penerbit dan membuat pengajuan, maka permintaan akan segera diproses selama kurang lebih 3 hari kerja. 

Total limit yang bisa dinaikkan pun sangat bervariasi, tergantung total penghasilan dan kondisi finansial Anda saat ini.

Bandingkan dengan uang tunai yang limitnya tidak bisa dinaikkan, kecuali kalau Anda menambah jumlah uang yang ada sekarang. 

Ada Kelebihan, Ada Juga Kekurangan. Gunakan Kartu Kredit dengan Bijak

Kartu kredit tidak hanya memiliki kelebihan, tapi juga kekurangan yang erat kaitannya dengan kesehatan finansial.

Oleh karena itu, pertimbangkan plus-minus kartu kredit terlebih dahulu sebelum Anda benar-benar menggunakannya untuk bertransaksi.

Jadi, gunakan kartu kredit dengan bijak agar mendapatkan manfaat maksimal.

Leave a Reply