5 Ide Bisnis Sampingan yang Bermula dari Hobi

BISNIS

https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 25 320 2134270 5-ide-bisnis-sampingan-yang-bermula-dari-hobi-E68gWvRQYr.jpgMenulis (Shutterstock)

Memiliki bisnis sampingan bisa jadi income tambahan. Jika ingin punya bisnis sampingan, mulailah dari hobi.

Tidak hanya hobi dan aktivitas untuk memanfaatkan waktu di sela kesibukan pekerjaan, tetapi hal itu bisa juga menghasilkan uang. Ini bisa dilakukan sebagai ‘Plan B’ jika gaji tidak lagi mencukupi kebutuhan.

Melansir Wealthy Gorilla, Jakarta, Minggu (1/12/2019), berikut ini beberapa hobi yang bisa menjadi bisnis sampingan.

1. Blogging atau Menulis

Menulis

Jika kamu menikmati menulis dan memiliki kemampuan untuk mengubah frasa, cobalah untuk menulis dalam blog. Sebab di seluruh dunia, pemilik bisnis dan manajer situs web sedang mencari blogger yang dapat menghasilkan konten yang berkualitas dan menarik.

Tulislah apapun yang kamu sukai, dan yakinlah bahwa di suatu tempat seseorang bersedia membayar untuk pekerjaanmu. Lihatlah salah satu dari banyak situs freelancer terkemuka di luar sana, dan cari hal yang kamu minati ke dalam kotak pencarian.

Butuh beberapa saat untuk membangun portofolio blog atau membangun pembaca, tetapi begitu kamu memilikinya, sedikit demi sedikit nominal uang akan mengalir ke kantongmu. Beberapa layanan penulis esai sedang mencari bakat-bakat kreatif dengan jadwal fleksibel siap membayarmu untuk beberapa pekerjaan.

2. Musik Live

Jika kamu seorang pemain atau musisi, periksa café atau tempat hiburan di sekitarmu. Cari tahu berapa mereka membayar untuk pertunjukan. Kamu mungkin dibayar flat rate atau persentase dari penjualan tiket tergantung pada tempat.

Tak hanya itu, banyak ‘konser’ membutuhkan banyak aksi pemanasan dan band yang tidak dikenal untuk mengisi kekosongan pada lineup. Tidak sulit untuk mendapatkan ruang di panggung.

Jika kamu ingin terlibat dalam adegan musik live tetapi tidak memiliki bakat untuk memainkan instrumen atau tampil, kamu dapat bekerja di sisi lain industri dan mengatur konser dan acara untuk band favorit. Ini sering kali lebih menguntungkan daripada memainkan musik itu sendiri, selain itu kamu bisa melihat banyak konser musik live secara gratis.

3. Buat Suatu Kerajinan

Tidak ada yang mengalahkan sensasi menjadi kreatif, kecuali mungkin ada orang yang membayar untuk kreativitasmu. Apapun keahlianmu, akan selalu ada orang di luar sana yang bersedia membayar untuk usaha yang kamu lakukan.

Lihat dan cari tahu apakah ada pasar kerajinan atau serupa di daerahmu yang mungkin dapat menjual kreasimu. Selain itu, temukan situs web kerajinan terkemuka di mana kamu dapat membuat profil dan memamerkan hasil kerajinanmu.

4. Fotografi

Dunia penuh dengan foto sebab internet menuntut foto baru setiap menit setiap hari. Jika kamu bisa dan tidak keberatan menjual karya artistik Anda secara online, ada kemungkinan besar kamu dapat mengubah hobi favorit ini menjadi bisnis kecil yang menguntungkan.

Fotografi

Kamu mungkin akan kagum dengan berapa banyak uang yang dapat dihasilkan oleh beberapa fotografer dengan menjual foto mereka kepada semua orang. Mulai dari blogger hingga situs berita, pengelola web, pengiklan, dan jutaan lainnya di antaranya.

5. Investasi Saham

Jika kamu seorang mahasiswa dengan minat tertentu pada angka dan siap untuk bertransaksi, mungkin berinvestasi saham dan bermain di pasar saham adalah ide yang bagus. Meskipun ini bisa sangat menguntungkan, tentu saja ada beberapa risiko lain yang terlibat.

Jadi yang terbaik adalah memulai dari yang kecil saat kamu mempelajari seluk beluknya. Ada banyak sekali situs web saran di luar sana yang mengajarkan kamu bagaimana cara untuk masuk ke investasi saham.

Ini bisa menjadi hobi yang bermanfaat dan mendidik yang akan menunjukkan banyak tentang dunia keuangan dan bisnis. Pastikan kamu bermain aman dan tidak terbawa suasana.

Leave a Reply