3 Orang Terkaya RI Meninggal Dunia Sepanjang 2019 Bagaimana Nasib Bisnisnya

HOT NEWS LIFESTYLE
3 Orang Terkaya RI Meninggal Dunia Sepanjang 2019, Bagaimana Nasib Bisnisnya?

Chairman & Founder Ciputra Group, Ir Ciputra.

Sepanjang tahun 2019, ada tiga orang terkaya di Indonesia yang meninggal dunia. Mereka yaitu Eka Tjipta Widjaja (98), Ciputra (88), dan Achmad Hamami (90).

Pendiri Grup Sinarmas, Eka Tjipta Widjaja menghembuskan nafas terakhirnya pada awal tahun ini. Saat itu, Eka meninggalkan kerajaan bisnis yang besar mulai dari sektor agrobisnis hingga properti.

Selain bisnis, Eka meninggalkan keluarganya, termasuk dua orang istri Trini Dewi Lasuki dan Mellie Pirieh Widjaja. Sebagian besar bisnis Sinarmas saat ini dipegang oleh anak-anak Eka dari istri pertama.

Sinamas saat ini dipegang oleh empat anaknya. Anak sulungnya, Teguh Ganda Wijaya (77) saat ini memegang kendali Asia Pulp & Paper (APP). Indra Widjaja (67) menjadi bos Sinar Mas Multiartha. Kemudian Muktar Widjaja (65) menjadi CEO Sinarmas Land, dan Franky O Widjaja menduduki Chairman Golden Agri-Resources (GAR).

Kendati demikian, tak semua anak Eka terlibat dalam bisnis keluarga. Anak keduanya, Oei Hong Leong (71) mendirikan Chip Lia Investment, Frankel Widjaja (63) juga mengelola Bund Center Investment, dan Sukmawati Widjaja (69) menjadi Chairwoman Top Global. Dua perusahaan pertama bergerak di bidang investasi sementara yang terakhir properti.

Selain anaknya, generasi ketiga Eka alias cucu-cucunya juga kini ikut terlibat dalam bisnis yang ditinggalkan kakeknya. Jesslyne Widjaja, anak Franky misalnya menduduki posisi direktur GAR. Atau, Fuganto Widjaja anak dari Indra menjabat sebagai CEO Golden Energy Mines.

Forbes mengategorikan mereka semua sebagai keluarga Widjaja. Keluarga tajir ini menduduki posisi kedua orang terkaya di Indonesia dengan harta sekitar Rp106 triliun.

Pada bulan lalu, Indonesia juga kembali kehilangan salah satu miliarder, yaitu Ciputra. Pria yang akrab disapa Pak Ci tersebut meninggalkan kekayaan sekitar Rp27 triliun.

Sama seperti Eka, Ciputra juga meninggalkan bisnis keluarga dengan cukup solid untuk diteruskan anak dan cucunya. Anak sulungnya, Rina Ciputra Sastrawinata (64) saat ini menjadi Komisaris PT Ciputra Development Tbk.

Anak-anak lain juga meneruskan bisnis sang ayah. Cakra Ciputra misalnya, menduduki posisi Dirut Ciputra Development. Candra Ciputra juga menduduki posisi direktur di perusahaan properti tersebut. Begitu juga Junita CIputra. Selain di induk, mereka juga duduk di berbagai posisi anak-anak usaha Ciputra Group.

Menantu Ciputra juga ikut dalam bisnis. Suami Rina, Budiarsa Sastrawinata menduduki posisi Ciputra Development. Selain itu, dia juga tercatat sebagai Direktur Utama PT Ciputra Residences yang mengelola proyek-proyek penting seperti Ciputra Raya Cikupa dan Citra Maja Raya.

Cucu-cucu Ciputra juga terlibat. Nararya Ciputra Sastrawinata, anak dari Rina Dan Budiarsa juga ikut menggarap proyek Ciputra di China. Mereka semua kini menjadi keluarga besar Ciputra dan menduduki posisi orang terkaya ke-25 di Indonesia.

Sementara itu, Achmad Hamami yang meninggal dunia pekan lalu juga meninggalkan Trakindo Group kepada anak dan cucunya. Bisnisnya tersebar mulai dari distributor alat berat Caterpillar hingga restoran burger Carl’s Jr.

Anak ketiganya, Muki Hamami sudah meneruskan jejak Achmad Hamami sejak 1999 ayahnya kehilangan penglihatan akibat glukoma. Dia menduduki posisi-posisi strategis di Trakindo Group.

Sementara anak laki-lakinya yang lain Bani memegang kendali Trakindo Utama dan anak perempuannya Mia memimpin MahaDasha yang bergerak di bidang ritel, mal, dan hotel.

Keluarga Hamami masuk daftar orang terkaya di Indonesia di posisi 46. Kekayaannya sekitar Rp9,2 triliun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *