3 Cara Efektif Mengatasi Jerawat dengan Buah Pepaya

HOT NEWS KESEHATAN

Jerawat merupakan timbunan komedo yang mengeras. Biasanya disebabkan ketika pori-pori tersumbat oleh minyak berlebih, kotoran, dan debu. Kondisi tersebut akhirnya menjadi tempat berkembang biak bagi bakteri yang menyebabkan jerawat.

Bukan hanya di wajah, jerawat bisa muncul di area leher, dada, dan punggung. Selain itu, jerawat juga bisa muncul karena ketidakseimbangan hormon dan kebersihan yang buruk, misalnya malas membersihkan make-up sebelum tidur.

Untuk meredakan jerawat, kamu bisa mencoba cara alami dengan menggunakan pepaya. Seperti yang kita tahu, pepaya kaya kandungan vitamin dan sangat baik untuk kulit.

Buah pepaya

Sifat anti-inflamasi pepaya membantu mengobati jerawat dengan mengurangi kemerahan dan peradangan. Pepaya juga bisa membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan meremajakan kulit. Berikut tiga cara memanfaatkan buah pepaya untuk mengatasi jerawat.

1. Pepaya + Madu

Selain dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat, madu juga membantu menjaga kelembaban kulit. Kupas setengah bagian pepaya dan potong kecil-kecil. Masukkan pepaya ke dalam blender dan tambahkan dua sendok makan madu, kemudian blender hingga halus seperti pasta. Oleskan pada seluruh wajah atau pada area tubuh yang berjerawat, diamkan atara 40-45 menit. Setelah itu angkat dan cuci wajah dengan air biasa. Lakukan ini setiap hari untuk mendapat hasil terbaik.

2. Pepaya + Cuka

Sari Apel Cuka sari apel membantu menyeimbangkan tingkat pH kulit dan dengan demikian bisa membantu mengobati peradangan pada kulit. Hancurkan pepaya yang sudah matang. Tambahkan air dan cuka sari apel dengan jumlah yang sama dan campur semua bahan hingga menjadi pasta halus.

Ambil handuk lembut dan celupkan ke dalam air hangat. Peras air yang berlebih dan letakkan handuk di wajah selama beberapa menit. Oleskan pasta pepaya dan cuka sari apel di bagian atas handuk secara merata dan biarkan sampai mengering. Kemudian cuci wajah menggunakan air normal dan keringkan.

3. Pepaya + Jeruk

Jeruk bermanfaat sebagai zat alami yang membantu mengendalikan kelebihan minyak yang diproduksi kulit. Masukkan dua sendok pepaya yang sudah dilumatkan ke dalam blender dan tambahkan satu sendok makan perasan air jeruk, blender hingga menyatu. Kemudian tambahkan lagi perasan air jeruk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *