12 Tanda Kemungkinan Penyakit Jantung

KESEHATAN

1.Sleep Apnea: Tanda Kemungkinan Penyakit Jantung

Ketika dengkuran Anda disertai periode henti pernapasan, otak Anda tidak mendapatkan oksigen yang cukup. Tubuh akan mengirim sinyal ke pembuluh darah dan jantung Anda untuk bekerja lebih keras agar aliran darah tetap berjalan. Hal ini meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, irama jantung abnormal, stroke, dan gagal jantung. Namun untungnya, sleep apnea dapat diobati.

2.Ruam Berwarna Kuning-kemerahan pada Kulit: Tanda Kemungkinan Penyakit Jantung

Kadar trigliserida yang sangat tinggi dapat membuat kulit Anda pecah di sekitar buku-buku jari tangan dan kaki, serta di bagian bokong. Lemak berlebihan di dalam darah berperan dalam pengerasan pembuluh darah arteri, dan kadar yang tinggi seringkali berkaitan dengan kondisi lain yang juga membuat Anda berisiko terkena penyakit jantung dan stroke.

3.Kekuatan Genggam yang Buruk: Tanda Kemungkinan Penyakit Jantung

Kekuatan tangan Anda mungkin memberi tahu Anda sesuatu tentang kekuatan jantung Anda. Penelitian menunjukkan kemampuan untuk menggenggam sesuatu dengan baik memiliki arti risiko penyakit jantung yang lebih rendah. Jika sulit bagi Anda untuk menggenggam suatu objek, kemungkinan lebih tinggi bahwa Anda memiliki masalah pada jantung. Namun meningkatkan kekuatan genggaman Anda sendiri tidakberarti membuat jantung Anda lebih sehat.

4.Bintik Gelap di Bawah Kuku: Tanda Kemungkinan Penyakit Jantung

Jika Anda tidak memiliki riwayat luka atau trauma pada area jari tangan atau kaki Anda, titik-titik kecil darah yang terperangkap di bawah kuku Anda dapat mengarah kepada adanya infeksi pada selaput jantung atau katup Anda, yang disebut endokarditis. Bercak darah ini juga dapat ditemui ketika Anda menderita diabetes. Penderita dengan kondisi tersebut dua hingga empat kali lebih mungkin memiliki risiko penyakit jantung dan stroke.

5.Pusing: Tanda Kemungkinan Penyakit Jantung

Pusing seringkali merupakan akibat langsung dari jantung Anda yang tidak memompa darah cukup ke otak Anda. Pusing juga dapat menjadi gejala irama jantung abnormal, yang disebut aritmia. Gagal jantung, yang berarti melemahnya otot jantung, juga bisa membuat Anda menjadi tidak stabil. Pusing adalah salah satu dari banyak gejala serangan jantung yang tidak banyak diketahui.

6.Masalah Seksual: Tanda Kemungkinan Penyakit Jantung

Beberapa masalah di tempat tidur bisa berarti Anda memiliki penyakit jantung dan risiko lebih besar untuk serangan jantung atau stroke. Pria dengan disfungsi ereksi mungkin memiliki masalah sirkulasi yang berkaitan dengan tekanan darah tinggi atau penyempitan pembuluh darah. Masalah aliran darah ini juga dapat mengurangi libido wanita dan kemampuan untuk menikmati seks.

7.Perubahan Warna Kulit: Tanda Kemungkinan Penyakit Jantung

Jari tangan dan kaki yang berwarna biru dapat berasal dari sirkulasi darah dengan oksigenasi yang buruk. Hal ini seringkali berkaitan dengan cacat jantung bawaan atau pembuluh darah yang tersumbat. Pola berwarna ungu berenda dan berbintik-bintik muncul ketika plak kolesterol yang terbentuk pecah dan kemudian tersangkut di pembuluh darah kecil. Pada penderita endokarditis, Anda mungkin mendapatkan bercak darah tepat di bawah kulit di bagian dalam tangan dan telapak kaki.

8.Gusi Berdarah: Tanda Kemungkinan Penyakit Jantung

Para ahli tidak sepenuhnya memahami hubungan antara penyakit gusi dan penyakit jantung. Namun penelitian menunjukkan bahwa gusi yang berdarah, bengkak, atau nyeri dapat menyebabkan masalah bagi jantung Anda. Salah satu teori mengatakan bakteri dari gusi dapat masuk ke aliran darah dan memicu peradangan di jantung. Memiliki penyakit gusi, yang dapat menyebabkan kehilangan gigi, juga dapat meningkatkan peluang Anda terkena stroke.

9.Lesi Kulit Gelap dan Beludru: Tanda Kemungkinan Penyakit Jantung

Anda mungkin menemukan bintik-bintik tebal ini, yang disebut acanthosis nigricans, di lipatan kulit seperti leher, ketiak, dan selangkangan ketika tubuh Anda kesulitan menggunakan hormon insulin. Jika Anda tidak dalam pengobatan resistensi insulin, sindrom metabolik, atau diabetes tipe 2, temui dokter Anda untuk membantu mengendalikan gula darah dan melindungi jantung Anda.

10.Sulit Bernapas: Tanda Kemungkinan Penyakit Jantung

Sesak napas dapat merupakan gejala gagal jantung, irama jantung yang tidak normal, atau serangan jantung. Beri tahu dokter Anda jika Anda kesulitan bernapas setelah melakukan hal-hal yang dulu mudah bagi Anda, atau jika sulit bernapas saat berbaring.

11.Kaki Bengkak: Tanda Kemungkinan Penyakit Jantung

Kaki bengkak dapat terjadi ketika Anda berdiri atau duduk dalam waktu yang lama. Hal ini juga umum terjadi selama kehamilan. Pada penderita gagal jantung, sirkulasi yang buruk menyebabkan penumpukan cairan pada tungkai. Pembengkakan juga dapat disebabkan oleh gumpalan yang menghalangi kembalinya aliran darah dari anggota tubuh bagian bawah ke jantung Anda. Hubungi dokter Anda segera jika pembengkakan muncul tiba-tiba.

12.Rasa Lelah: Tanda Kemungkinan Penyakit Jantung

Rasa lelah tidak selalu disebabkan oleh kurangnya waktu tidur. Gagal jantung dapat membuat Anda lelah dan kehabisan tenaga karena otot jantung tidak lagi memompa cukup baik untuk memenuhi kebutuhan tubuh Anda. Waspadai gejala-gejala lain seperti batuk dan juga bengkak pada tungkai, karena rasa lelah dapat menjadi tanda peringatan dari berbagai kondisi termasuk anemia, kanker, atau bahkan depresi.

Leave a Reply