12 Orang Kaya Dunia yang Tak Wariskan Harta ke Anak

Uncategorized
Koki terkenal Gordon Ramsay (Foto: Instagram @gordongram)
Koki terkenal Gordon Ramsay (Foto: Instagram @gordongram)

Banyak tokoh bisnis terkemuka, miliarder, dan selebritas percaya uang tidak boleh diberikan kepada anak-anak mereka.

Laurene Powell Jobs mengatakan kepada The New York Times bahwa dia tidak ingin memberikan hartanya yang mencapai USD 24 miliar yang merupakan warisan dari almarhum suaminya Steve Jobs kepada anak-anak mereka.

“Saya tidak tertarik pada bangunan kekayaan dari warisan, dan anak-anak saya tahu itu,” kata Laurene Powell Jobs kepada The Times. “Jika aku hidup cukup lama, itu berakhir denganku.” tambah dia. 

Business Insider telah menyusun daftar 12 miliarder dan jutawan terkemuka yang beberapa diantaranya adalah tokoh bisnis terbesar di dunia yang menyatakan tidak akan menyerahkan kekayaan kepada anak-anak mereka.

Berikut 12 miliarder dan jutawan terkenal yang tak mau meninggalkan kekayaan mereka untuk anak-anak mereka seperti dikutip dari Business Insider, Senin (2/3/2020):

12. Nigella Lawson (Koki selebriti Inggris)

Kekayaan bersih USD 15 juta (Rp 213 miliar)

Sumber kekayaan: industri makanan

Nigella Lawson adalah seorang penulis makanan, tokoh TV, dan jurnalis. Lawson adalah salah satu pelopor di balik revolusi “food porn” abad ke-21 dengan buku-bukunya termasuk“Feast,” “Nigella Express,” and “How to Be a Domestic Goddess.”. Dari bisnisnya, Lawson memiliki harta USD 15 juta.

Lawson memiliki dua anak dewasa dari pernikahan pertamanya dan satu putri tiri dari pernikahan keduanya ke periklanan mogul Charles Saatchi, yang berakhir pada 2013.

“Saya bertekad bahwa anak-anak saya seharusnya tidak memiliki keamanan finansial,” kata Lawson kepada majalah Inggris My Weekly pada 2008.

11. Gordon Ramsay (Koki selebriti Inggris) 

Kekayaan bersih USD 63 juta (Rp 895 miliar)

Sumber kekayaan: Restoran, industri televisi

Pemilik dan operator 40 restoran di seluruh dunia dengan 16 bintang Michelin, Gordon Ramsay adalah salah satu nama terbesar di industri restoran Inggris. Koki selebritas yang terkenal memiliki kehadiran TV yang kuat, menjadi pembawa acara seperti “MasterChef USA,” “MasterChef Junior” dan “Hell’s Kitchen.”

Ayah lima anak itu tidak berniat meninggalkan kekayaannya kepada anak-anaknya. Bahkan ia sendiri masih duduk di pesawat kelas ekonomi. “Ini pasti tidak akan turun ke mereka,” kata Ramsay kepada The Telegraph di 2017.

“Itu bukan cara yang kejam dan tidak merusak mereka. Satu-satunya hal yang saya setujui dengan Tana adalah mereka mendapatkan deposit 25 persen di flat, tetapi tidak seluruh flat. “

10. Ashton Kutcher (aktor dan produser)

Kekayaan bersih USD 200 juta (Rp 2,8 triliun)

Sumber kekayaan: Film, modal ventura

Pada episode podcast Dax Shepard “Armchair Expert,” Kutcher mengatakan bahwa tidak menciptakan dana perwalian untuk dua anaknya. Dia juga mengatakan akan mendengar ide bisnis mereka tetapi tidak akan memberi mereka perlakuan khusus dari perusahaan modal ventura yang dimilikinya, A-Grade Investments.

“Anak-anak saya menjalani kehidupan yang sangat istimewa, dan mereka bahkan tidak mengetahuinya,” kata Kutcher.


9. Sting (penyanyi)

Sting
Sting

Kekayaan bersih USD 300 juta (Rp 4,2 triliun)

Sumber kekayaan: Musik

Ayah enam anak ini, yang terkenal sebagai vokalis band rock The Police, mengatakan kepada Daily Mail pada 2014 bahwa anak-anaknya tidak akan mendapat warisan satu sen pun. Perkiraan Forbes pada 2014, albun dan tur Sting membuatnya mendapatkan harta USD 300 juta (Rp 4,2 triliun).

“Saya memberi tahu mereka bahwa tidak akan ada banyak uang yang tersisa karena [istri saya dan saya] menghabiskannya,” kata Sting kepada Daily Mail.

“Kami memiliki banyak komitmen. Apa yang masuk kita habiskan, dan tidak banyak yang tersisa. Mereka harus bekerja. Semua anak saya tahu itu dan mereka jarang meminta apa pun, yang sangat saya hormati dan hargai,”

8. Sir Elton John (Penyanyi) 

Kekayaan bersih USD 450 juta (Rp 5,3 triiun)

Sumber kekayaan: Musik

Dengan karier di bidang musik yang meliputi empat dekade, tur pensiun Sir Elton John diperkirakan akan menghasilkan lebih USD 400 juta atau Rp 5,6 triliun. John dan suaminya David Furnish memiliki dua putra, tetapi penyanyi itu tidak berniat memanjakan mereka dengan kekayaannya yang besar.

“Anak-anak lelaki menjalani kehidupan yang paling luar biasa, mereka bukan anak-anak normal, dan saya tidak berpura-pura seperti itu,” kata John kepada Daily Mirror pada 2016.

“Tetapi Anda harus memiliki semacam kesamaan, rasa hormat terhadap uang, hormat untuk bekerja,”

7. Andrew Lloyd Webber (Komposer)

Kekayaan bersih: USD 1,07 miliar (Rp 15 triliun) 

Sumber kekayaan: Teater

Komposer dan ayah lima anak yang terkenal itu mengatakan kepada Daily Mirror pada 2008 bahwa ia tidak berencana untuk menyerahkan kekayaannya yang besar kepada anak-anaknya. “Saya tidak berpihak pada anak-anak yang tiba-tiba menemukan banyak uang karena mereka tidak ada insentif untuk bekerja,” katanya.

Webber adalah komposer teater musikal di balik acara pemenang penghargaan yang telah lama berjalan seperti “The Phantom of the Opera,” “Cats,” dan “Joseph and the Technicolor Dreamcoat. Komposer dengan tujuh Tonys, tiga Grammy dan Academy Award.

Sebagai gantinya, Webber mengatakan kepada Daily Mirror bahwa ia ingin menginvestasikan kekayaannya ke proyek-proyek musik setelah kematiannya, meskipun ia tidak memiliki rencana terbatas untuk saat ini. 


6. George Lucas (Pencipta Star Wars)

George Lucas Kritik Star Wars 7 dan Sebut Disney `Germo`
George Lucas sudah menonton Star Wars: The Force Awakens. Dan ia tak suka.

Kekayaan bersih: USD 6,4 miliar (Rp 91 triliun)

Sumber kekayaan: Film

Lucas memiliki harga sekitar USD 6,4 miliar setelah menjual franchise Star Wars dan perusahaan produksinya “Lucasfilm” kepada Walt Disney Company pada 2012. Ayah empat anak ini memiliki satu putri adopsi dari pernikahan pertamanya, dua anak adopsi lebih lanjut, dan putri keempat dengan istri kedua Mellody Hobson, lahir pada Agustus 2013.

Namun, seorang juru bicara untuk Lucas mengatakan kepada Hollywood Reporter bahwa sebagian besar dana yang dihasilkan dari kesepakatan akan digunakan untuk proyek-proyek filantropi pendidikan. Lucas mendirikan Yayasan Pendidikan George Lucas, juga dikenal sebagai Edutopia, yang bertujuan untuk meneliti dan meningkatkan praktik pendidikan yang digunakan di sekolah untuk memastikan bahwa anak-anak mendapatkan yang paling absolut dari pendidikan mereka.

5. Laurene Powell Jobs (istri Steve Jobs) 

Kekayaan bersih USD 24 miliar (Rp 341 triliun)

Sumber kekayaan: Warisan, investasi di Apple dan The Walt Disney Company

“Tidaklah tepat bagi individu untuk mengumpulkan kekayaan dalam jumlah besar yang setara dengan jutaan dan jutaan orang lainnya,” kata Jobs kepada The New York Times, Jumat. “Tidak ada yang adil tentang itu.”

Jobs mewarisi kekayaan miliaran dolar dari almarhum suaminya, salah seorang pendiri Apple Steve Jobs, Business Insider melaporkan. Miliarder berusia 56 tahun ini hadir di dunia investasi dan filantropis penuh waktu. Dia adalah pendiri College Track, sebuah organisasi nirlaba yang membantu mempersiapkan siswa berpenghasilan rendah untuk pendidikan tinggi, dan “organisasi perubahan sosial”, Emerson Collective.

4. Michael Bloomberg (media) 

Kekayaan bersih USD 54 miliar (Rp 768 triliun) 

Sumber kekayaan: Media keuangan

Selain mencalonkan diri sebagai presiden, Bloomberg juga merupakan pendiri dan CEO perusahaan perangkat lunak, data, dan media Bloomberg L.P dan orang terkaya keempat belas di dunia, Emmie Martin dan Katie Warren dari Business Insider Business sebelumnya melaporkan.

Mantan Walikota New York City secara terbuka mengumumkan bahwa dia berharap untuk memberikan seluruh kekayaannya sebelum dia meninggal – yang sebagian besar akan disumbangkan untuk inisiatif filantropisnya, Bloomberg Philanthropies.

Dua anak perempuan Bloomberg, Georgina dan Emma, ​​keduanya bekerja untuk tujuan filantropi sendiri, Business Insider melaporkan.

[Bintang] Mark Zuckerberg
Tawa Mark Zuckerberg sebelum dirundung masalah pencurian data pengguna Facebook. (AFP/JUSTIN SILLIVAN)

3. Mark Zuckerberg (Pendiri Facebook)

Kekayaan bersih USD 72 miliar (Rp 1.023 triliun) 

Sumber kekayaan: Facebook

Setelah menyambut putri pertamanya, Max, ke dunia bersama istri Priscilla Chan pada Desember 2015, Zuckerberg mempublikasikan kelahiran anak itu dengan memposting pengumuman di Facebook. Dalam posting tersebut, Zuckerberg menyatakan bahwa ia dan istrinya akan menyumbangkan 99 persen dari warisan Max untuk amal. 

Unggahan yang ditujukan kepada Max, mengatakan: “Kami ingin Anda tumbuh di dunia yang lebih baik daripada dunia kita hari ini” tulis dia.

“kami akan melakukan bagian kami untuk mewujudkan hal ini, tidak hanya karena kami mencintai Anda, tetapi juga karena kami memiliki moral tanggung jawab untuk semua anak di generasi berikutnya.”  

2. Warren Buffett

Kekayaan bersih USD 88,8 miliar (Rp 1.262 triliun) 

Sumber kekayaan: Berkshire Hathaway

Buffett menjadikan namanya sebagai investor dan menjabat sebagai CEO dan ketua Berkshire Hathaway, yang memiliki atau memiliki saham di puluhan perusahaan termasuk Kraft Heinz, American Express, Duracell, dan bahkan Apple.  Buffett dinobatkan sebagai “salah satu investor paling sukses sepanjang masa” oleh Forbes.

Buffett adalah seorang filantropis yang tajam dan berencana untuk menjaminkan 100 persen dari kekayaannya yang besar untuk berbagai badan amal ketika meninggal, tanpa meninggalkan apa pun bagi anak-anaknya.

Alih-alih menyerahkan masing-masing dari ketiga anaknya uang langsung ke saku mereka, Buffett malah berjanji untuk memberikan sekitar USD 2,1 miliar atau Rp 29 triliun saham Berkshire Hathaway kepada masing-masing badan amal anak-anaknya sebagai hadiah untuk keberhasilan yayasan.

Mayoritas kekayaannya akan jatuh ke Yayasan Bill dan Melinda Gates, dengan persentase juga diberikan kepada Susan Thompson Buffett Foundation yang didirikan oleh sang taipan dengan istri pertamanya.

1. Bill Gates

Kekayaan bersih USD 113 miliar (Rp 1.606 triliun) 

Sumber kekayaan: Microsoft

Seperti banyak miliarder terkaya di dunia, pendiri Microsoft Bill Gates adalah seorang dermawan yang tajam dan berencana untuk meneruskan sebagian besar kekayaannya sebesar USD 113 miliar atau Rp 1.606 triliun untuk amal.

Gates dan istrinya Melinda memiliki yayasan amal swasta terbesar di dunia – The Bill & Melinda Gates Foundation – yang berfungsi untuk membantu semua orang menjalani kehidupan yang sehat dan produktif.

Tiga anak Gates telah mewarisi gen filantropi ayah mereka, dan dilaporkan senang tidak mewarisi kekayaan ayah mereka. Dalam AMA Reddit, raja Microsoft mengatakan anak-anaknya akan mewarisi USD 10 juta (Rp 142 miliar) masing-masing – setara dengan kurang dari 1 persen dari kekayaannya. 

Leave a Reply